Warna Cat Yang Membikin Happy

Cat Happy – Dalam mendesain rumah, pertimbangan fungsi ,preferensi model serta warna cat ruangan sepenuhnya adalah wewenang pemilik rumah. Terkadang hal ini menimbulkan kebingungan saat harus menentukan konsep setiap ruangan yang ada. Kamu perlu tahu, setiap ruangan dalam rumah memiliki fungsinya masing-masing. Hal ini mempengaruhi warna apa yang sebaiknya digunakan untuk mengecat ruangan tersebut. Warna cat ruang tamu sebagai tempat menyambut tamu tentu berbeda dengan warna cat untuk kamar mandi. Begitu pula warna cat ruang tamu untuk ruang kerja dengan warna cat untuk kamar tidur. Ada sebuah teori mengenai pengaruh warna terhadap psikologis atau kejiwaan seseorang yang melihatnya.

 

1. Warna Cat Ruang Tamu

Ruangan pertama yang akan kita bahas adalah ruang tamu. Sebagai tempat untuk menyambut tamu, ruangan ini merupakan ruangan pertama yang akan dinilai oleh orang lain ketika berkunjung ke rumah kita. Untuk memberikan suasana ramah dan menyambut, warna cat ruang tamu sebaiknya dipoles dengan warna-warna hangat seperti kuning, oranye, merah, coklat, dan gradasi-gradasinya.

Hati-hati dengan warna merah! Jangan berlebihan menggunakan warna merah sebab jika terlalu tinggi intensitasnya akan melelahkan mata. Apalagi untuk warna cat ruang tamu, merah bisa jadi sangat riskan. Kamu juga bisa memilih tone warna merah tua seperti maroon dan burgundy. Selain warna hangat, penggunaan warna cat ruang tamu yang sejuk seperti hijau dan biru masih dapat digunakan di sini. Warna cat ruang tamu lembut dapat menentramkan pikiran dan menyejukkan mata.

Warna Cat Ruang Tamu

 

Jangan lupa pilih lampu dengan warna yang yang tepat dan sesuai dengan warna cat ruang tamu kamu. Kalau kamu merasa warna cat ruang tamu tidak ada yang cocok atau kamu tidak menyukai bau cat, kamu bisa mengganti warna cat ruang tamu kamu dengan wallpaper dinding dekoratif.

 

 2. Warna Cat Ruang Keluarga

Selain warna cat ruang tamu, hal yang sama juga berlaku untuk ruang keluarga. Pilihan warna cerah untuk ruang keluarga, layaknya warna cat ruang tamu, akan memberikan kesan hangat, akrab, dan intim saat berkumpul dengan keluarga. Penggunaan warna putih yang berlebihan akan memberikan kesan dingin, kaku, dan berjarak. Selain itu warna abu-abu akan memberikan kesan membosankan.

Takarlah penggunaan kedua warna ini agar jangan berlebihan. Gunakan warna putih dan abu-abu dalam bentuk ornamen atau motif cat dinding saja. Di Indonesia, orang sering menyamakan warna cat ruang tamu dan ruang keluarga.

Warna Cat Ruang Keluarga

 

3. Warna Cat Ruang Makan dan Dapur

Untuk cat ruang makan dan dapur, kamu dapat memilih warna merah dan oranye. Berbeda dengan warna cat ruang tamu, kamu bisa memilih warna yang sedikit berani. Kedua warna ini dapat membantu merangsang nafsu makan, sehingga cocok diaplikasikan pada ruang makan dan dapur. Kamu juga dapat menggunakan paduan warna-warna tersebut dengan warna putih agar ruangan terlihat ringkas dan rapi.

Warna Cat Ruang Makan dan Dapur

 

4. Warna Cat Ruang Kerja dan Belajar

Warna yang cocok digunakan untuk ruang kerja dan ruang belajar adalah warna-warna yang dapat meningkatkan mood dan semangat menyelesaikan tugas-tugas. Padankan warna oranye dan biru untuk menghasilkan kejutan kombinasi warna komplementer di ruanganmu.

Selain itu, warna kuning dan oranye juga mampu membantu meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan daya ingat sehingga cocok dipoleskan di ruang kerja atau ruang belajar. Namun, jangan digunakan berlebihan karena justru akan membuatmu susah berkonsentrasi. Kombinasikan dengan warna-warna yang dapat menyejukkan dan menenangkan.

Warna Cat Ruang Kerja dan Belajar

 

5. Warna Cat Kamar Mandi

Kamar mandi paling cocok menggunakan warna hijau, biru, serta warna-warna turunannya seperti toska, teal, dan sebagainya. Warna-warna turunan hijau dan biru memberikan nuansa sejuk dan tenang. Selain itu, warna-warna seperti itu akan menambah kesegaran ruangan yang akan memengaruhi perasaan setelah mandi.

Warna-warna ini juga biasa disandingkan dengan warna putih untuk memberikan kesan bersih, luas, ringan, dan modern. Jika kamar mandi rumah kamu bergaya tradisional atau kembali ke alam, warna hijau ini akan semakin cocok. Tinggal kombinasikan dengan aksen warna abu-abu bebatuan atau warna coklat kayu. Dasar pemilihan warna ini kurang lebih sama dengan pemilihan warna cat ruang tamu

Warna Cat Kamar Mandi