Trik Memilih Arsitek Yang Tepat

Trik Memilih Arsitek Yang Tepat – Membangun rumah sesuai dengan impian harus dilakukan dengan tepat agar hasil yang di dapat juga maksimal. Konsep desain rumah yang diinginkan juga sangat penting, sehingga anda harus tepat ketika akan memilih jasa arsitek. Pada saat memilih arsitek rumah anda perhatikan hal berikut ini.

1.  Melihat portofolio arsitek rumah

Portfolio Arsitek Rumah

Untuk membangun rumah impian, kamu perlu menemukan arsitektur rumah yang sudah banyak pengalaman. Semakin banyak portofolio mereka, maka semakin banyak pengalaman yang didapatkan. Dari portofolio ini, kamu juga bisa menilai apakah gambar rancangan dan hasil rumahnya sesuai dan apakah gaya rancangannya sesuai dengan seleramu.

Jika kamu ingin membangun rumah bergaya rumah pedesaan, sebaiknya cari arsitek rumah yang memiliki banyak portofolio rumah bergaya rumah pedesaan karena sudah jelas mereka lebih menguasainya. Apabila sudah merasa cocok, segera hubungi arsitek rumah tersebut untuk berdiskusi.

2. Arsitek rumah harus memiliki brand dan kontak yang jelas

Saat Memilih Arsitek Rumah Impian, Jangan Lupa 6 Hal Ini!

Seorang arsitek rumah yang profesional pasti memiliki brand yang mendongkrak nilai jual jasanya, baik arsitek rumah freelance atau yang bekerja di bawah naungan badan usaha. Begitu juga kontak yang jelas agar mudah dihubungi dan dicari jika kamu membutuhkannya. Untuk mengetahuinya, mintalah kartu nama mereka dan pastikan kalau data yang tertera adalah benar. Kamu tidak mau kan kalau uangmu dibawa kabur dan tidak bisa dilacak karena lupa menanyakan kontaknya?

3. Cari tahu review dari klien arsitek rumah tersebut

Jika si arsitek rumah bisa berbohong mengenai kualitas kerjanya, maka para klien yang sudah pernah menggunakannya tidak akan berbohong. Itulah alasan mengapa kamu harus mencari tahu review dari klien sebelumnya. Hasil kerja saat merancang konstruksi bangunan yang bagus tentu akan membuahkan review yang bagus juga.

Kamu bisa mencari review dari arsitek rumah tersebut di internet atau minta rekomendasi dari sahabat serta keluarga.

4. Mengetahui kepribadian arsitek rumah

Saat Memilih Arsitek Rumah Impian, Jangan Lupa 6 Hal Ini!

Kamu tidak hanya berhubungan selama 1 atau 2 minggu saja dengan si arsitek rumah, tapi bisa berbulan-bulan. Untuk waktu yang panjang ini, kamu harus merasa nyaman juga dengan arsitek rumah tersebut agar lebih mudah menyampaikan pendapat dan keinginan dalam membangun rumah.

Salah satu cara mudah untuk mengetahuinya adalah dengan melihat akun media sosial mereka. Dari postingannya, kamu bisa lihat apakah ia seorang yang humoris, easy going, ramah, workaholic, perfeksionis, atau malah suka berfoya-foya.

5. Respon cepat dan tepat waktu

Saat Memilih Arsitek Rumah Impian, Jangan Lupa 6 Hal Ini!

Siapa sih yang tidak ingin rumah impian yang ditunggu-tunggu selesai dibangun tepat waktu dan bisa segera menghuninya? Oleh karena itu, kamu harus mencari arsitek rumah yang memiliki respon cepat dan tepat waktu. Pastikan mereka membalas pertanyaanmu dalam waktu yang tidak lebih dari seharian dan tidak mengulur-ulur waktu.

6. Menanyakan cara kerja, upah, dan SPK dari arsitek rumah

Saat Memilih Arsitek Rumah Impian, Jangan Lupa 6 Hal Ini!

Jika sudah yakin untuk menggunakan jasa arsitekur rumah tersebut, tanyakan cara kerja dan upah. Seperti berapa lama proses rancangan desain, berapa kali revisi yang diijinkan, hingga sistem pembayaran upahnya. Terakhir, jangan lupa untuk meminta SPK atau Surat Perjanjian Kerja tertulis yang ditandatangani oleh kamu sebagai klien, konsultan design interior, dan arsitek rumah itu sendiri. Dengan demikian, kamu bisa menuntut arsitek rumah jika lalai menunaikan kewajibannya.