Tips Merawat Lantai Berdasarkan Materialnya

7 Fakta dan Keuntungan Memakai Lantai Keramik Granit

Jasa Arsitek JogjaKesalahan dalam perawatan lantai rumah tidak hanya akan merusak tampilan dari material lantai tersebut, namun bisa menimbulkan kerusakan yang mengharuskanmu untuk mengganti material atau menjalankan renovasi rumah secara kecil-kecilan. Tak ingin hal ini terjadi padamu, bukan? Pahami lebih dalam mengenai karakter material untuk lantai dan simak tips merawat lantai berdasarkan materialnya berikut ini!

 

 

 

1. Lantai Keramik

12 Desain Lantai Unik untuk Mendekorasi Rumah Idamanmu

Dari segi perawatan, lantai keramik tidak membutuhkan cara khusus cukup dengan di pel setiap hari untuk tetap menjaga kebersihannya. Pastikan menyikat bagian tersebut sebulan sekali atau beberapa bulan sekali agar lantai keramik tetap terjaga kebersihannya.

2. Lantai Parket Kayu

Kenali Plus Minus Lantai Parket Supaya Nggak Menyesal!

Penggunaan lantai parket kayu pada hunian mampu memberikan kesan homey dan nyaman. Namun, tahukah Anda ternyata material ini tidak tahan terhadap genangan air yang menyebankan mudah ditumbuhi jamur. Karena itu saat mengepel lantai parket kayu, pastikan Anda menggunakan kain pel yang tidak terlalu basah dan lembap.
Selain itu, material parket kayu mudah tergores serta rentan terhadap permukaan tajam. Agar terhindar dari goresan, sebaiknya tambahkan karet pelindung tambahan di bagian bawah furnitur.

3. Lantai Vinyl

6 Keunggulan Lantai Vinyl, Jenis, dan Kekurangannya | Rumah.com

Lantai vinyl memiliki daya tahan lebih terhadap air dibandingkan material parket kayu. Namun, Anda juga perlu menjauhkan lantai vinyl dari genangan air. Karena dapat merusak lem perekat yang digunakan lembaran vinyl ke lantai.  Selain itu, lantai vinyl juga memiliki karakter serupa dengan parket yaitu rentan terhadap permukaan tajam.

4. Lantai Batu Marmer/ Granit

Lantai batu marmer atau granit hampir serupa dengan keramik namun memiliki cara pemasangan dan perawatan yang berbeda. Jika memilih material yang satu ini untuk menunjukkan kesan mewah pada hunian, Anda perlu memberikan perawatan ekstra.

BACA JUGA  Lindungi Kendaraan dengan 6 Inspirasi Desain Garasi Mobil

Pastikan lantai rumah batu alam ini bebas dari genangan air. Anda juga perlu memberikan coating tambahan pada batu marmer dan granit sebagai perlindungan tambahan pada lantai. Lakukan coating ulang secara berkala bila perlu.

Itulah beberapa tips merawat lantai sesuai dengan materialnya. Memang rumit, tapi perawatan lantai ini tidak boleh disepelekan untuk menjaga lantai lebih tahan lama. Sehingga keindahan interior ruangan tetap terjaga.

Temukan tips interior lainnya di Arsitek Indo Kontraktor.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624