Tips Mendesain Rumah Skandinavia Minimalis

interior rumah skandinavia

Jasa Arsitek JogjaDesain skandinavia memprioritaskan fungsionalitas tanpa menghilangkan keindahan dan keanggunannya.  Rumah skandinavia identik dengan kesederhanaan, warna putih, dan material yang alami. Hal tersebut membuat prinsip desain skandinavia cocok untuk diterapkan pada hunian di Indonesia. Pasalnya rumah akan terasa lebih sejuk dan bersih, meski lingkungan di sekitar kurang kondusif. Bagi anda yang sedang merenofasi atau membangun rumah. Yuk, simak tips mendesain rumah skandinavia minimalis berikut ini!

 

 

 

1. Manfaatkan Bahan Wol

ruang keluarga dengan rangkaian sofa dalam rumah skandinavia

Rumah Skandinavia ini identik dengan kain tekstil atau bahkan kain wol. Hal ini lantaran negara-negara Skandinavia terkenal dengan cuaca dingin. Untuk memenuhi kehangatan, maka mereka sering menggunakan interior berbahan woll atau bulu.

Namun berhubung Indonesia beriklim tropis, sepertinya interior dengan bahan wol cukup berlebihan ya kalau dipasang di jendela. Namun tenang saja, ada solusinya. Kamu bisa memanfaatkan kain-kain itu sebagai karpet, sarung bantal, penutup sofa, dan lainnya. Jadi interior rumahmu akan tetap ala-ala Skandinavia.

2. Warna Netral

ruang kerja di rumah Skandinavia dengan sofa dan meja kerja penuh poster

Hal yang harus kamu ingat adalah rumah scandinavian ini sangat simple dan biasanya mereka menggunakan warna netral, seperti hitam, putih, dan abu-abu. Hanya berkisar pada ketiga warna itu saja.

Kalau ada warna lain yang keluar dari 3 pakem tersebut, maka rumah tak bisa bilang bergaya Skandinavia lagi. Sebab tone-nya sudah berbeda karena telah dirusak oleh warna lain.

3. Dekorasi Simple

rumah skandinavia dengan ruang makan dan dapur dalam satu ruangan

Kalau kamu memang pengen punya rumah minimalis gaya Skandinavia, maka kamu harus tahu bahwa dekorasinya simple saja. Nggak perlu ada banyak pernak-pernik untuk memeriahkan suasana.

Cukup letakkan barang-barang yang memang berguna dan dibutuhkan. Jadi secara tidak langsung kamu akan menghemat pengeluaran dan telah membuat rumah menjadi minimalis.

BACA JUGA  Inspirasi Desain Kamar Tidur Simpel untuk Ruangan Sempit

4. Finishing Berupa Kayu atau Logam

Gaya Rumah Skandinavia yang Kekinian, Kenali 8 Karakteristiknya

Rumah skandinavia itu sederhana namun berkelas. Untuk menunjukkan kesan berkelas, biasanya mereka menggunakan kayu atau logam sebagai finishingnya.

Mulai dari lantai kayu, gagang lampu dari logam, dan lainnya. Mereka jarang banget finishing dengan bahan plastik. Bahkan jarang banget ada barang-barang interior rumah tangga yang berbahan plastik. Bahan plastik ini mengakibatkan norak karena terlalu berwarna.

5. Terang dan Lapang

rumah skandinavia dengan jendela besar

Rumah minimalis dengan gaya skandinavia ini identik dengan rumah yang terang dan lapang. Terang ini dikarenakan pencahayaan matahari bisa masuk dengan maksimal. Adapaun suasana yang lapang terbangun karena dekorasi yang simple dan furniture dengan warna netral.

Efek terang dan lapang di rumah skandinavia ini juga identik dengan tipe rumah minimalis. Maka tak mengherankan bila orang-orang dengan rumah minimalis akan mengacu pada desain rumah di skandinavia.

Kesimpulan

Memang cukup tricky bila kamu ingin membuat dan mendekorasi sendiri rumahmu supaya bisa bertema Skandinavia. Namun dari pada kerepotan mikir nggak jelas, coba saja cari jasa desain interior rumah.

Jadi, sekarang kamu nggak pusing lagi bila menghendaki rumah minimalis ala Skandinavia. Sebab kamu sudah tahu bagaimana tipsnya.

Yak, selamat memperjuangkan rumah idaman! Simak juga tips dan inspirasi menarik seputar desain rumah hanya di Arsitek Indo Kontraktor!

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624