Tips Menata Ruangan Kantor Agar Nyaman

Ruangan Kantor – Bisnis baru, kantor baru! Sama halnya dengan keluarga yang baru berpindah ke rumah baru, pemilik usaha juga akan mengalami kebahagiaan yang sama saat akan memasuki ruangan kantor baru mereka. Tidak jarang, banyak yang akan langsung menggunakan jasa desain profesional untuk menata ruang kantor mereka. Kenyamanan kantor juga akan berdampak pada pekerjaan anda. Semakin nyaman kantor anda semakin anda betah untuk terus bekerja dalam kantor tersebut.

 

Tips Menata Ruangan Kantor

 

1. Tinggalkan Ciri Kaku Korporat

ruangan kantor kasual

Bisnis baru di era milenial bisa memberikan kamu kesempatan untuk menonjolkan ciri khas diri sebagai pemilik usaha yang kreatif. Lupakan meja kerja yang berat dan kaku, warna-warna ala kayu yang konvensional, hingga pajangan profesional yang sudah sering terlihat di perkantoran manapun.

Sebaliknya, munculkan jati diri kamu sebagai pemilik usaha baru sesuai dengan batasan dan norma tertentu. Pilih furnitur bergaya kasual jika memungkinkan atau susun ruangan kantor dengan konsep terbuka yang lenggang.

 

2. Manfaatkan Ruangan Kantor Secara Optimal

ruangan kantor kubikel

Bisnis baru mungkin identik dengan aktivitas kantor yang belum begitu padat. Tetapi bukan berarti kamu boleh  mendesain ruangan kantor tanpa strategi yang tepat. Ruang kantor adalah salah satu biaya atau pengeluaran terbesar perusahaan, jadi mengoptimalkan desain yang tepat sejak dini adalah taktik yang jitu untuk ruangan kantor yang bisa digunakan hingga lama.

Cara terbaik dalam mengoptimalkan ruangan kantor usaha barumu adalah dengan menciptakan ruang kerja yang fungsional, misalnya kubikel atau meja kantor yang tersusun secara efisien. Pisahkan juga ruangan kantor khusus untuk kegiatan dokumen misalnya mesin fotokopi dan alat-alat kantor.

 

3. Maksimalkan Fungsi Storage

Seiring waktu berjalan, ruangan kantor dari usaha barumu akan mulai dipenuhi dengan tumpukan dokumen, kertas dan arsip yang sangat mengganggu. Selain harus menumbuhkan etos kerja yang rapi seperti rajin merapikan dokumen setiap hari atau mencoba tips kantor yang paperless, optimalkan juga penataan storage yang tepat.

sekat ruangan kantor

Jika kamu memprediksi pertumbuhan dokumen yang pesat di ruangan kantor barumu, coba untuk mencari alternatif seperti  menyediakan ruangan arsip dengan sekat ruangan khusus dibandingkan dengan  membeli  lemari arsip secara terpisah. Prinsipnya, fokus pada tata cara dokumentasi dan sistem arsip sejak dini, ruangan kantor tetap aman dan rapi bebas dari tumpukan kertas tak berguna.

 

4. Dekorasi Yang Memicu Produktivitas

ruangan kantor dekorasi

Percaya atau tidak, dekorasi ruangan kantor yang tepat akan bisa memicu tingkat produktivitas usaha barumu loh. Selain dekorasi dinding berupa poster kanvas dengan kata-kata motivasi di ruangan kantormu, perhatikan juga elemen ruangan kantor berikut ini yang vital untuk produktivitas sehari-hari.

Penerangan kantor yang baik bukan saja penting untuk memastikan kesehatan mata tetapi juga supaya menghindari karyawan yang mengeluh kelelahan, sakit kepala, hingga depresi.

Selain itu, suhu ruangan kantor sangat menentukan mood kerja dan juga produktivitas karyawan. Usahakan untuk menghadirkan ruangan kantor dengan suhu yang tidak terlalu dingin dan cenderung mendekati suhu kamar normal untuk tingkat produktivitas tinggi.

ruangan kantor dekorasi motivasi

Menyediakan aromaterapi di ruangan dengan wangi tertentu juga bisa dicoba. Walaupun tidak mutlak, ada beberapa tips aromaterapi yang berkaitan dengan produktivitas, misalnya bau pinus untuk meningkatkan kewaspadaan, kayu manis untuk mempertajam fokus hingga lavender untuk menghindari stres saat bekerja. Pastikan sistem saluran udara dan ventilasi kantor baru sudah memadai dan sempurna.

 

5. Buat Ruangan Senyaman Mungkin

ruangan kantor nyaman

Pemilik bisnis baru pasti akan banyak berkonsentrasi pada ruangan baru di kantor. Jadi tidak ada salahnya menciptakan ruangan kantor baru dengan tambahan karpet yang lembut, dekorasi dinding yang atraktif, hingga tirai jendela yang lembut. Peletakan tanaman juga bisa menjadi sarana pelepas stres saat kamu lelah bekerja seharian di ruangan kantor barumu.