Tips Menata Dapur Mungil agar Tampak Rapi dan Berfungsi Baik

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –  Ibu rumah tangga mana yang tidak ingin punya dapur sederhana dan rapi? Pentingnya sebuah dapur sederhana dan rapi memang tidak hanya ditentukan oleh besar kecilnya saja loh, tetapi juga dari kemampuan kamu untuk tetap mempertahankan dapur sederhana dan rapi setiap saat. Umumnya pemilik rumah sering melakukan pembersihan total atau besar-besaran untuk area dapur, terutama pada hari-hari spesial seperti tahun baru atau momen khusus lainnya. Pembersihan total ini umumnya dilakukan sekitar satu atau kedua kali setiap tahun di mana setiap sudut dan laci ruangan dapur akan dibongkar dan dibersihkan secara menyeluruh. Berikut ini tips menata dapur mungil agar tampak rapi dan berfungsi baik.

Tips Menata Dapur

tips menata dapur kecil

Penataan yang kurang tepat di dapur kecil membuat dapur terasa berantakan, sesak, dan nggak enak dipandang. Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar dalam mendekorasi dapur kecil agar berfungsi dengan baik dan tetap tampak cantik.

Yuk, simak 7 tips menata dapur kecil berikut!

1. Menggunakan rak vertikal

rak vertikal dapur

Tips menata dapur kecil yang pertama adalah menggunakan rak atau ambalan vertikal. Tak hanya untuk menghemat ruang, rak vertikal yang cenderung minimalis juga akan memberi visual bahwa ruangan nggak terlalu sempit.

Agar lebih hemat tempat, nih, kamu bisa memanfaatkan area kosong di atas kabinet atau sink. Pasanglah rak vertikal atau ambalan di atasnya untuk menyimpan peralatan masak, bumbu dapur, maupun persediaan makanan kering.

rak vertikal dapur kecil

Jika tak ingin terlihat terlalu ‘padat’ kamu juga bisa pilih rak yang lebih tertutup. Namun, jika kamu lebih suka rak ambalan minimalis yang terbuka, jangan lupa untuk menata peralatannya dengan rapi agar tetap terlihat manis, ya!

BACA JUGA  7 Tren Desain Interior 2021 untuk Rumah Impian

2. Manfaatkan pintu dapur

tips dekorasi dapur kecil

Apakah dapurmu memiliki pintu? Jika iya, manfaaatkanlah area pintu sebagai tempat penyimpanan dapur agar hemat tempat.

Kamu bisa pilih kantung penyimpanan gantung atau memasang rak di balik pintu. Namun, ingatlah jangan terlalu banyak menyimpan barang di balik pintu agar nggak sulit untuk mengakses dapur.

3. Maksimalkan ruang bawah sink

tips menata dapur kecil

Sering kali kita mengabaikan space kosong di bagian bawah sink dapur. Alhasil, area tersebut dibiarkan kosong bahkan mungkin jarang dibersihkan. Padahal, kita bisa memanfaatkannya sebagai tempat penyimpanan, lho!

Kamu bisa menambahkan storage di bawah sink untuk menyimpan peralatan kebersihan dapur, seperti sponge cuci piring, sabun cuci piring, lap dapur, sikat, dan lainnya.

Dengan begini, nggak perlu lagi menaruh berbagai alat pembersih di meja sink yang hanya akan membuat area semakin sempit. Tampak lebih rapi dan bersih juga, bukan?

4. Perbanyak laci

tips dekorasi dapur kecil

Laci menjadi salah satu furnitur yang wajib kamu manfaatkan saat memiliki dapur kecil. Nggak hanya sekadar untuk mengelompokkan peralatan, laci juga mengoptimalkan kerapian karena modelnya yang tertutup sehingga barang-barang tampak “tersembunyi”

Bagi yang nggak punya ruang lebih untuk meletakkan rak piring atau gelas, kamu bisa memanfaatkan laci-laci ini! Selain tampak rapi, piring, gelas, dan barang pecah belah lainnya juga tersimpan lebih aman.

5. Meja tersembunyi

meja tersembunyi - tips menata dapur mini

Tips menata dapur kecil yang satu ini juga patut kamu coba! Jika tak memiliki space meja yang cukup untuk memasak, kamu bisa gunakan meja tersembunyi di kitchen set-mu.

tips dekorasi dapur mungil

Meja tersembunyi ini sangat fleksibel karena bisa kamu masukkan jika tak digunakan dan bisa ditarik keluar saat diperlukan. Letakkanlah meja tersembunyi di area kosong di bawah kabinet dapur.

BACA JUGA  Rumah Konsep Desain Jepang? Part 1

Kamu bisa membuat custom si meja tersembunyi ini dan sesuaikan dengan ukuran space di bawah kabinetmu. Tapi, kini juga sudah banyak, kok, meja geser beroda atau meja lipat yang bisa kamu manfaatkan untuk dapur.

6. Pasang sekat tambahan di dalam laci, rak, atau kabinet

tips menata dapur kecil 2

Sudah memanfaatkan rak dan laci dengan optimal, tapi isinya malah jadi berantakan nggak karuan? Tenang, kamu bisa siasati dengan pasang sekat di dalam laci, rak, atau kabinet.

Fungsi rak tambahan ini nggak hanya membuat lebih rapi, tapi juga memberikan ruang penyimpanan lebih banyak. Dengan begini, ruangan pun jadi lebih hemat dan nggak lagi berantakan, deh!

7. Sortir peralatan masak

tips menata dapur kecil

Tips menata dapur kecil yang terakhir adalah menyortir peralatan masakmu alias memilah dan memilih barang. Coba cek, deh, pasti di antara tumpukan peralatan masak ada beberapa yang jarang kamu pakai atau bahkan terlupakan, bukan?

Hal inilah yang membuat dapur kecil menjadi tambah sempit. Lebih baik, nih, pilih dan singkirkanlah barang-barang yang sudah nggak terpakai lagi.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624