Tips Memilih Gorden yang Elegan Untuk Rumah Minimalis

Arsitek Indo Kontraktor | Jasa Arsitek dan Kontraktor – Saat ini rumah minimalis sedang populer di kalangan warga perkotaan. Hal ini merupakan dampak dari tingginya harga tanah di perkotaan dan area yang terbatas untuk membangun rumah sehingga para arsitek dan pengusaha properti harus mencari akal agar tetap dapat membuat rumah yang mampu menjadi tempat berteduh bagi keluarga. Munculnya konsep rumah minimalis yang luasnya yang tidak terlalu besar, bukan berarti menurunkan nilai dan fungsinya sebagai tempat tinggal yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Rumah minimalis yang sederhana justru dianggap lebih simple dan gampang ditata karena tidak banyak ruang yang harus dirapihkan setiap harinya. Yuk simak Tips Memilih Gorden yang Elegan Untuk Rumah Minimalis.

 

Secara garis besar, terdapat 3 tingkatan material gorden berdasarkan tipis dan tebalnya. Ketiga tingkatan material tersebut adalah :

  1. Vitrase

Jenis material vitrase merupakan material gorden dengan tingkat transparansi yang paling tinggi. Jenis material ini termasuk material yang tembus pandang sehingga jika Anda memasangnya di jendela rumah, cahaya matahari akan tetap bisa menembus kedalam rumah. Selain itu, vitrase tidak dapat memberikan privasi yang cukup bagi Anda dan keluarga. Vitrase biasanya digunakan bersama dengan material dengan tingkat ketebalan lebih tinggi sebagai lapisan keduanya.

  1. Semi Blackout

Material semi blackout banyak digemari karena jenis materialnya yang memiliki tingkat ketebalan yang cukup dan masih memiliki tingkat transparansi yang rendah. Cahaya matahari tetap akan menembus jendela rumah Anda namun tidak akan menyilaukan gorden jenis vitrase. Anda juga akan mendapatkan cukup privasi dengan memasang produk dengan material semi blackout karena tidak terlalu tembus pandang jika dilihat dari luar jendela.

  1. Blackout
BACA JUGA  Desain Interior Dapur dan Ruang Kerja, Bikin WFH Lebih Nyaman

Material yang terakhir ini merupakan jenis material yang paling tebal dan tidak memiliki transparansi. Tingkat material blackout sangat cocok untuk dipasang pada jendela ruangan rumah Anda yang membutuhkan tingkat privasi tinggi seperti kamar tidur. Setelah mengenal ketiga tingkatan material, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal penting lainnya sebelum memutuskan untuk memilih dan memasang di setiap jendela yang ada di rumah Anda.

Tips Memilih Garden yang Elegan

Berikut adalah tips memilih gorden yang elegan bagi Anda yang memiliki rumah minimalis.

1. Lakukan Pengukuran Terhadap Jendela Rumah

Gorden 140×250 Cm Set 2 Pcs Chenille – Abu Abu

Pertama, Anda harus melakukan pengukuran terhadap jendela rumah Anda. Ukur dengan seksama panjang dan lebar dari setiap jendela yang terdapat pada ruangan-ruangan di rumah Anda. Kesalahan pengukuran dapat menyebabkan gorden yang Anda pasang terlalu kecil atau terlalu lebar sehingga mengurangi nilai estetika dari ruangan rumah Anda. Pastinya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

2. Memilih Model Gorden Yang Diinginkan

Tirai Virtase 280×250 Cm Raindrop – Putih

Selanjutnya adalah memilih model produk yang Anda inginkan. Setiap orang pasti memiliki selera dan keinginan masing-masing untuk mempercantik rumah impian mereka. Pemilihan model ini menjadi penting karena memiliki nilai estetika tersendiri. Terdapat tiga pilihan model gorden yaitu single panel yang mana hanya dapat kira tarik dari satu arah, panel pair dimana dapat kita tarik dari dua arah berlawanan, dan yang terakhir adalah model klasik yaitu window treatment set.

3. Sesuaikan Pilihan Warna dengan Konsep Ruangan

Roller Blind 150×160 Cm Night Sky

Hal ketiga adalah menyesuaikan pilihan warna dengan konsep ruangan yang kita usung. Warna gorden yang akan kita pasang untuk kamar anak biasanya akan berbeda dengan warna yang akan dkita pasang di ruang tamu. Pemilihan warna juga dipercaya dapat memengaruhi mood atau suasana hati dari orang yang tinggal di ruangan tersebut. Warna yang soft akan memberikan suasana tenang dan sejuk, sementara warna-warna cerah akan menimbulkan kesan ceria.

BACA JUGA  Cara Membangun Rumah 2 Lantai

4. Pilihan Pengait

Gorden Microfiber 140×250 Cm Set 2 Pcs Rose – Pink

Kemudian, pilihan pengait juga dapat memberikan kesan elegan bagi rumah minimalis Anda jika Anda memilih sistem pengait yang tepat dengan konsep ruangan Anda. Track, smoke ring, tab top dan ring adalah empat jenis sistem pengait yang dapat Anda pilih untuk menyempurnakan pemasangan gorden di rumah Anda.

5. Sesuaikan Budget dengan Pilihan Model Gorden

Roller Blind 150×160 Cm Stripe Pink Heart

Terakhir namun tidak kalah penting adalah menyesuaikan budget dengan pilihan model yang Anda inginkan. Membeli dengan model yang elegan tidak harus selalu mahal, sekarang banyak tempat yang menyediakan aneka model gorden yang cantik dan menawan dengan harga yang relatif terjangkau.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624