Tips Membangun Rumah di Tanah yang Miring

 

arsitekjogja – Memiliki sebuah tanah miring ternyata tidak terlalu disukai banyak orang. Mengapa demikian? karena dengan konsidi tanah yang tidak rata, anda akan mengeluarkan uang lebih demi mendapatkann sebuah konstruksi yang baik serta hunian yang nyaman.

 

Namun untuk sebagian orang lainnya, kondisi ini justru menarik dan menantang. Mengapa demikian? karena hunian yang ada di tanah miring terkesan lebih unik dan dapat menjadi pembeda dengan berbagai jenis-jenis rumah tinggal lainnya. Terlebih membeli sebuah tanah dengan kontur miring biasanya bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah.

Keuntungan lain  yang dimiliki lahan miring adalah :

  • Harga lahan jauh lebih murah dengan lahan yang tanahnya sudah rata atau diratakan sebelumnya. Sangat cocok untuk Anda untuk membangun rumah dengan dana minim.
  • Dari segi estetika dan keindahan, tampilan rumah Anda akan jauh lebih unik dan menarik.
  • Rumah yang dibangun diatas tanah miring dapat menjadi cerminan jiwa muda dan selera seni yang tinggi dari pemilik rumah tersebut.
  • Dengan membangun rumah di tanah miring, maka harga jual rumah akan jauh lebih tinggi karena keunikan yang ditawarkan.

Membangun rumah di tanah miring akan berbeda dengan proses membangun rumah sedergana di tanah landai.

Ada beberapa tips dan langkah yang perlu dilakukan, diantaranya adalah :

1. Perhatikan kualitas tanah

Sebelum melakukan proses pembangunan, pertama-tama Anda perlu memastikan terlebih dahulu apakah kondisi tanah dalam keadaan aman dan layak. Dalam beberapa kasus, kondisi tanah dapat ditemukan dalam keadaan tekstur yang lembek serta tidak stabil. Hal ini dapat memicu terjadinya longsor dan pergerakan tanah. Terlebih jika di daerah bagian atas lahan Anda terdapat dataran tinggi yang memiliki potensi banjir.

Untuk membangun hunian idealnya Anda harus memilih tekstur tanah yang padat dan liat agar bangunan dapat berdiri kokoh. Anda perlu memeriksa daerah sekitar lahan. Apakah kondisi tanahnya rata, berundak-undak atau seperti membentuk jurang-jurang. Galilah informasi dari lingkungan sekitar tentang kondisi tanah di daerah tersebut. Apakah terdapat keretakan, pernah terjadi longsor dan sebagainya. Jika kondisi tanah dinyatakan layak, maka Anda baru dapat memulai proses perencanaan.

2. Tentukan tingkat kemiringan

Pada saat proses perencanaan desain bangunan, Anda perlu menentukan berapa tingkat kemiringan lahan yang Anda miliki. Tentukan kemana arah kemiringan lahan tersebut, apakah ke samping? Apakah ke depan? Dan sebagainya. Jangan lupa perhatikan ketinggian dari kemiringan lahan itu sendiri. Dimana posisi ketinggian jalanan dan bangunan-bangunan yang ada di sekitarnya. Dalam mendesain, akan lebih baik jika konstruksi bagian depan rumah dibuat lebih rendah dibandingkan dengan bagian belakangnya. Dari segi strukturlah, metode ini akan menghasilkan konstruksi yang lebih kokoh.

3. Membuat desain rumah

Ketika semua poin diatas telah rampung, Anda baru dapat menentukan gambar desain rumah yang tepat. Tentukan arah rumah Anda, apakah ke barat, timur dan sebagainya.  Selain itu tentukan pula berapa panjang rumah dan lebarnya. Dimana posisi pintu utama, carport, taman dan sebagainya. Tentukan pula konsep apa yang akan diangkat dalam rumah tersebut. Apakah nantinya anda akan membuat desain rumah minimalis, desain rumah eropa modern, model rumah scandinavian dan lain-lain.

Membangun rumah di tanah miring juga lebih direkomendasikan untuk menggunakan struktur bertingkat. Sebab struktur bertingkat dapat membantu Anda menghemat dana dari pengerukan. Jika pun masih ada, bagian yang diratakan hanya sebagian kecil saja. Rumah di tanah miring ini akan memiliki banyak letak seni, mulai dari ketinggian lantai yang berbeda-beda, pemanfaatan ruang-ruang kosong dibawah tangga dan sebagainya. Dari dalam rumah pun, pemandangan yang disajikan akan lebih indah dan menarik untuk di lihat karena menghasilkan pengalaman yang berbeda-beda.

4. Tahap Pembangunan

Fondasi yang Kuat

Tahap pembangunan di mulai dari proses pembuatan pondasi. Pondasi memiliki peran penting dalam ketahanan rumah, terlebih jika membangun rumah di tahan miring. Untuk itu, memilih jenis pondasi yang tepat adalah solusinya. Dalam membuatnya, Anda dapat meminta bantuan jasa kontraktor yang sudah berpengalaman dan terpercaya.

Membangun rumah di tanah miring memang membutuhkan perhatian yang khusus serta perencanaan yang terinci. Selain mendesain untuk mencegah rumah kemalingan, rumah di tanah miring lebih rentan mengalami longsor. Namun dengan perencanaan yang baik dan melibatkan banyak tenaga ahli dan professional, bukan tidak mungkin menciptakan sebuah rumah idaman di tanah yang miring.

Demikianlah beberapa tips dan langkah yang dapat Anda lakukan untuk membangun rumah di tanah miring. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624