Tips Desain Kamar Tidur Anak yang Digunakan Bersama agar Nyaman

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –  Ada tantangan tersendiri bagi setiap orang tua saat ingin menata atau  mempersiapkan kamar tidur anak. Kamar tidur anak adalah sebuah ruang yang sangat penting bagi perkembangan dan perubahan karakter anak dari masa ke masa. Oleh karena itu, orang tua harus memperhatikan banyak sekali hal-hal yang akan menentukan fungsi kamar tidur anak secara maksimal. Berikut ini tips desain kamar tidur anak yang digunakan bersama agar nyaman.

 

1. Prinsip Dasar Desain Kamar Tidur Anak

Kamar tidur anak akan terasa nyaman jika didesain sesuai seleranya. Memang selera anak, misalnya hobi dan warna kesukaan, bisa berubah seiring bertambah dewasanya mereka. Namun, sebagai orang tua, kita tentunya mengenal karakter anak dengan baik. Rencanakan dan rancang kamar tidur yang bisa mendukung aktivitas mereka sehari-hari. Bahkan, jika memungkinkan, desainnya bisa meningkatkan kreativitas, daya imajinasi, serta kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik anak. Wah, sepertinya terlalu muluk jika ada kamar tidur anak yang seperti itu. Tapi ternyata semua itu bisa terwujud dengan desain yang tepat.

Desain Kamar Tidur Anak

Secara fisik dan psikis, anak akan berkembang dengan cepat. Beda usia 1 atau 2 tahun saja, tinggi badan dan tingkat kedewasaan anak akan sangat berbeda. Sebisa mungkin, desainlah kamar tidur yang dapat mengikuti pertumbuhan dan perkembangan ini.

2. Desain Kamar Tidur yang Membangun Karakter Positif Sang Anak

Karakter kamar tidur anak bukan berarti menerapkan tema figure yang mereka suka. Bukan tentang kamar tidur anak perempuan harus berwarna pink dengan desain princess atau kartun Disney kesukaan. Bukan pula kamar tidur anak laki-laki yang bernuansa luar angkasa, robot, atau transportasi.

BACA JUGA  Macam Macam Amplas
Desain Kamar Tidur Anak

Karakter kamarnya harus disesuaikan dengan karakter anak. Tanyakan pada anak yang pendiam atau introvert, apa warna kesukaan mereka. Perhatikan kebiasaan mereka secara detail. Jika hobinya membaca, sediakan area baca dengan rak buku, bahkan jika memungkinkan sebuah window seat dengan pencahayaan dan view yang baik. Jika anak suka bergerak, berlari-lari keliling kamar, atau sangat senang aktivitas outbound saat berwisata, buatlah desain ranjang, kursi, bahkan meja belajar yang bisa dijadikan tempatnya berpetualang di dalam kamar.

Desain Kamar Tidur Anak

Sebagai pribadi yang masih terus berkembang mencari jati diri, tentu sebagai orang tua, kita bisa memberikan opsi-opsi karakter positif lewat desain kamar tidur yang baik. Jika khawatir terhadap si kutu buku yang pendiam, tapi kita juga tahu kebiasaan membacanya adalah hal yang positif, sediakan area untuk hobinya. Sediakan pula area lain yang bisa membuatnya tertarik untuk melakukan kegiatan lain dengan nyaman, tanpa merasa dipaksa untuk berubah.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

Laman: 1 2