Tips Dan Trik Mengecat Pintu

Tips Dan Trik Mengecat Pintu – Rumah yang berwarna akan membuat tampilan bangunan menjadi cantik dan tidak bosan untuk dilihat. Tidak hanya tembok saja yang bisa diberi cat, pintu pun juga bisa dicat dan bisa dijadikan sebagai focal point di suatu ruangan. Tentunya mengecat dapat dilakukan sendiri ataupun meminta bantuan dengan orang lain. Jika anda ingin mengecat sendiri, sebaiknya perhatikan beberapa tips mengecat pintu berikut ini.

  1. Bersihkan pintu

Dalam membersihkan pintu ini Anda perlu menghilangkan coating yang lama. Bisa menggunakan Bio Remover atau dengan diamplas bersih (gunakan amplas kasar no. 180). Pastikan permukaan kayu bersih, jika perlu kerok lapisan coating yang lama bisa menggunakan cutter tetapi harus hati-hati agar tidak merusak tekstur kayu.

  1. Tutupi bagian yang tidak akan dicat dengan lakban

Gunakan lakban kertas untuk menutupi knob pintu yang tidak ingin dicat dan pada engsel pintu. Hal ini dilakukan agar cat tidak menempel pada bagian yang tidak ingin dicat, cat akan sulit dibersihkan jika mengenai bagian pintu seperti knob.

  1. Ratakan permukaan kayu

Pintu yang rusak parah pasti memiliki banyak cacat tekstur. Gunakan wood filler untuk mengisi permukaan kayu yang rusak tersebut. Gunakan kain katun bersih dan putih untuk mengoleskan pada cacat tekstur sambil ditekan agar filler dapat mengisi dengan baik.

  1. Gunakan Kuas Untuk Mengecat

Tidak perlu repot dengan kompresor atau spet seperti pada industri furniture. Cukup gunakan kuas saja untuk mengecat. Jika perlu dapatkan produk warna plitur yang tidak meninggalkan brush mark seperti Biovarnish Wood Stain. Anda bisa menggunakan kuas kecil untuk bagian yang kecil seperti pada ketebalan pintu, dan kuas yang besar untuk bidang pintu yang lebar.

  1. Ulangi pengecatan

Untuk hasil warna yang menarik ulangi pengecatan bisa hingga 2 sampai 3 kali. Pemberian lapisan cat ini akan membuat tampilan pintu tidak terlalu tipis, lapisan coating yang tebal tentu akan memberikan perlindungan yang lebih baik.

  1. Aplikasikan Top Coat

Untuk perlindungan pintu yang lebih baik lagi gunakan top coat. Top coat akan menimbulkan lapisan film yang kuat untuk melindungi pintu dari perubahan cuaca dan juga jamur atau serangga. Aplikasi  top coat juga akan memberikan penampilan yang menarik dari tingkat glossnya.

Semoga artikel ini bermanfaat 🙂 Kunjungi juga website kami ya www.jasaarsitekjogja.com

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624