Tips Agar Ruangan Sempit Terlihat Lebih LuasTips Agar Ruangan Sempit Terlihat Lebih Luas

Rumah Minimalis – Bagi anda yang mempunyai rumah hunian yang kecil dan ingin menaruh barang apapun di dalam akan menjadi kendala. Maka dari itu berbagai macam cara juga yang dapat kita lakukan untuk mensiasati ruangan yang kecil supaya terlihat lebih luas. Simak tips berikut ini.

1. Pemilihan Warna

Warna pada ruangan sangat berperan penting. Ruang sempit dapat terasa lebih lega dan lapang jika diberi warna terang. Warna terang sangat ampuh membuat ruangan terasa lebih luas. Dengan mengaplikasikan warna terang efek pada dinding akan sangat berbeda dibandingkan mengganggu warna gelap yang memberi kesan sempit. Pada plafon rumah dapat dibedain warna yang lebih cerah dari warna dinding agar menciptakan ilusi ruang vertikal yang lebih tunggu,sehingga rumah terkesan luas.

2. Memasang Wallpaper

Trik visual ini membuat ruangan tampak lebih luas. Namun demikian kita juga harus pintar memiliki warna dan corak wallpaper. Sehingga selain memperindah ruangan juga memberikan kesan luas pada hunian Kita. Warna dasar cream,motif kecil, pola vertikal yang membuat ruangan tampak lebih tinggi adalah beberapa contoh pemilihan wallpaper untuk ruangan yang kecil.

3. Menggunakan Cermin

Ini adalah trik yang bisa menyulap ruangan mungil kamu menjadi ruangan yang terkesan luas. Pemasangan cermin pada dinding atau menggunakan cermin berukuran besar yang diletakkan di lantai sebagai assesories ruang, selain mempercantik dekor ruang juga memberikan kesan ruangan lebih luas dari yang sebenarnya.

4. Pola Pada Lantai

Pada Lantai bisa dengan menggunakan keramik berwarna terang dan berukuran besar dengan nat yang sangat kecil atau bisa dengan trik ilusi menggunakan karpet dengan motif pola berulang Yang kecil.

5. Adanya Aksen Pada Ruang

Sebagai contoh aksen dinding dengan teknik pewarnaan satu atau dua bidang dinding dengan warna yang berbeda dengan dinding lainnya. Tujuannya adalah untuk menciptakan separasi visual,yaitu titik penarik perhatian sehingga menghadirkan ilusi luas pada ruangan.

6. Meminimalkan Sekat Pada Ruang

Banyaknya sekat pada rumah membatasi ruang gerak yang sudah sempit. Dengan membuat ruangan yang nyaris tanpa sekat membuat rumah terlihat lapang. Sebisa mungkin tidak memisahkan satu ruangan dengan ruangan lain dengan penggunaan pintu. Kita dapat memisahkan fungsi ruang dengan peletakkan furnitur dan interior ruang seperti menggunakan pembatas berupa kayu, bambu, kaca, anyaman atau hiasan pot bunga.

7. Permainan Pola Dan Motif pada Interior Ruang

Pola Dan motif garis-garis memanjang pada ruangan dapat menimbulkan ilusi kesan luas pada ruangan yang sempit. Seperti pada karpet, tirai, pelapis meja ataupun hiasan dinding.

8. Menggunakan furnitur multifungsi

Dengan menggunakan furnitur multifungsi, kita dapat menghemat ruang karena ruangan tidak banyak terpakai dan tidak terasa sesak dengan banyaknya perabotan. Contohnya meja ruang tamu yang memiliki banyak laci untuk penyimpanan. Furnitur dipasang di dinding agar mengurangi peletakkan perabot rumah di lantai, sehingga rumah terkesan luas dan lega.

Sekian tips dari kami. Semoga bermanfaat ya 🙂

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624