Tipe Lampu Untuk Pencahayaan

Tipe Lampu Untuk Pencahayaan – Pencahayaan di dalam ruangan tentu saja membutuhkan desain serta konsep yang tepat untuk sebuah ruangan. Harus disesuaikan juga dengan desain ruangan yang akan dipasang lampu. Terdapat beberapa tipe untuk pencahayaan suatu lampu. Berikut ini beberapa tipe pencahayaan lampu.

 

 

 

Rumah Lampu Recessed

rumah lampu recessed tertanam di plafon

Variasi rumah lampu yang satu ini memiliki ciri tersembunyi dan hanya menampakkan sedikit fixture. Ditanam pada dinding atau plafon sebagai lampu downlight atau lantai sebagai uplight, variasi ini siap memberikan kesan rapi pada hunian karena tak menampakkan tonjolan lampu yang mengganggu pemandangan.

Bicara efek yang dihasilkannya, rumah lampu recessed kurang maksimal dalam menyebarkan cahaya sehingga kamu harus memasangnya dalam jumlah banyak agar dapat memberikan penerangan yang memadai pada ruangan.

Rumah Lampu Surface

rumah lampu surface dengan rangka kotak mengelilingi lampu

Kebalikan dari tampilan tertanam sebelumnya, rumah lampu surface tampak menonjol di permukaan. Biasanya, jenis ini dipakai jika tidak ada sisa ruang pada plafon atau dinding. Ia juga dipilih jika pemilik properti hunian ingin hasilkan sebaran cahaya yang lebih luas dan terarah.

Jika jenis recessed memerlukan instalasi yang cukup rumit karena mengharuskan adanya pembongkaran, rumah lampu surface bisa dipasang dengan sangat mudah tanpa memerlukan ahli khusus.

Rumah Lampu Track

rumah lampu track warna hitam pada gazebo kayu teras rumah

Rumah lampu track terbagi dalam dua bagian, yakni bagian head atau fitting lampu dan track atau jalur sebagai tempat instalasi listrik sehingga penempatan head bisa dipasang secara fleksibel mengikuti track tersebut. Terkait sebaran cahaya, desain ini dapat menyorot sebuah elemen secara spesifik sehingga lazim digunakan di toko retail maupun museum.

Dengan kelebihan pada sisi fleksibilitas pemasangan di berbagai tempat, namun banyak pula orang yang tidak menyukai rumah lampu track karena bentuknya yang sangat menonjol.

Rumah Lampu Pendant

rumah lampu pendant dengan kap lampu berbentuk kerucut gantung

Rumah lampu pendant dipasangkan dengan cara digantungkan pada langit-langit hunian. Cocok digunakan sebagai elemen dekorasi di hunian berkonsep modern minimalis, jenis ini juga dapat dipakai sebagai general lighting untuk ditempatkan di dapur, ruang makan atau di atas meja.

Rumah Lampu Chandelier

rumah lampu chandelier dari kaca dengan lampu gantung

Sama halnya dengan desain pendant sebelumnya, rumah lampu chandelier juga dipasangkan dengan cara digantung di langit-langit. Umumnya, ia memiliki desain yang sangat mewah dan elegan sehingga seringkali ditempatkan di ruang tamu atau di belakang pintu masuk hunian.

Rumah Lampu Concealed

rumah lampu tersembunyi pada dapur dan ruang makan modern

Selanjutnya adalah rumah lampu concealed yang menawarkan efek cahaya tersembunyi dari pandangan mata. Ia dipasang dengan cara disembunyikan di antara detail pada desain bangunan seperti dinding maupun tangga, menghasilkan efek cahaya yang sangat dramatis karena bisa memengaruhi mood di sebuah ruangan. Namun perlu diperhatikan, proses pemasangannya cukup sulit dan memerlukan ahli khusus untuk membantu proses instalasi.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624