Ternyata Caranya Begini, Agar Spons Tidak Jadi Sarang Bakteri

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Beberapa orang memilih mandi dengan menggunakan spons mandi. Spons membantu kita membersihkan kotoran dan sel kulit mati dari tubuh. Alih-alih menjadikan tubuh lebih bersih dengan spons, kotoran dan sel kulit mati malah menumpuk di spons. Dengan begitu bakteri bisa saja tumbuh di dalamnya. Dikutip dari Times of India, sebuah studi pada 1994 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Microbiology menemukan bahwa spons dapat menularkan spesies bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan membuatnya berbahaya bagi orang dengan sistem kekebalan yang lebih lemah. Meski begitu jika kamu tetap ingin menggunakan spons saat mandi cobalah merawatnya dengan baik. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah spons menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Nah Ternyata Caranya Begini, Agar Spons Tidak Jadi Sarang Bakteri

Agar spons tidak jadi sarang bakteri.

Spons cuci piring yang selalu lembab membuat bakteri menjadi tumbuh subur pada spons tersebut. Sekedar membilas spons dengan air setelah mencuci piring selesai, tetap tidak cukup membuat spons
Anda bersih dari bakteri dan kuman. Karena bakteri dan kuman tersebut, pada akhirnya akan masuk ke dalam pori-pori spons yang sulit dijangkau.

Jika spons penuh dengan kuman dan bakteri, piring-piring dan berbagai peralatan makan yang kita gunakan, tentu akan tercemar oleh bakteri tersebut. Hal inilah yang nantinya bisa menyebabkan masalah kesehatan. Untuk itu, Agar spons tetap higinis, ada beberapa trik mencuci yang bisa dilakukan, diantaranya yaitu.

Rendam dalam larutan sabun

Garam, Pembersih Efektif Peralatan Rumah Tangga Halaman all - Kompas.comUntuk merendam ke dalam caiaran sabun ini, akan lebih baik bila Anda menggunakan air panas. Setelah didiamkan beberapa menit, keluarkan spons dan cuci dengan air bersih lalu keringkan.

BACA JUGA  Tips Merawat Tanaman Hias

Keringkan dan Pansakan

6 Jenis Spons Pembersih Dapur ini Kegunaannya Beda-beda. Jangan Dipakai  Cuci Piring SemuaBila Anda selesai mencuci, alangkah baiknya spons diperas hingga kering, kemudian letakkan di tempat yang kering pula, bila perlu spons tersebut dijemur. Akan lebih baik lagi bila Anda bisa memanaskan spons tersebut di dalam microwave. Panaskan dengan suhu maksimal selama satu hingga dua menit saja. Dengan begitu bakteri dan kuman akan mati, sehingga spons Anda akan jauh lebih aman digunakan untuk mencuci piring.

Gunakan cairan pemutih

Cairan pemutih ternyata juga efektif untuk menghilangkan kuman di dalam spons. Caranya Anda bisa menyampurkan 3/4 cup pemutih baju dengan 3,5 liter air. Kemudian rendam spons selama selama beberapa menit, kemudian angkat dan keringkan.

Ganti setiap 2-3 minggu sekali

Selain mencegah berkembangnya bakteri dan kuman, spons yang berusia lebih lama dari waktu tersebut akan cenderung lebih mudah rontok, berbau, dan lengket karena bekas minyak. Dengan spons yang lebih baru, pembersihan pun bisa dilakukan dengan maksimal dan peralatan makan akan lebih aman dari bakteri dan kuman.Alangkah baiknya Anda secara rutin mengganti spons cuci piring tiap tiga minggu sekali. Hal ini perlu dilakukan karena spons yang sudah lama dipakai, tidak menjamin terbebas dari kuman dan bakteri meski tiap hari dicuci menggunakan sabun.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624