jasa arsitek jogja

Takaran Yang Pas Untuk Cat Dinding

Tips Mengecat – Warna cat rumah yang tidak pas atau tidak sesuai dengan ekspetasi membuat pemilik rumah sering bertanya – tanya mengapa bisa terjadi. Permasalahan sering timbul karena takaran air pada cat dinding anda kurang tepat. Sering kita mengeluh saat membeli cat dengan kualitas paling baik ternyata setelah diaplikasikan pada dinding rumah cat mengalami kondisi memudar atau tidak sesuai kualitasnya. Agar terhindar dari masalah tersebut sebaiknya anda tahu cara menentukan takaran air untuk cat dinding dengan tepat.
Kondisi yang sering kita alami adalah saat cat terlalu kental kita asik mencampur air ke dalam kaleng cat tanpa tahu takaran yang benar. Hasilnya sering cat terlalu encer dan warnanya agak berkurang. Ketika kita menyewa jasa pengecatan sering juga dijumpai orang tersebut menambahkan air terlalu banyak dengan alasan pengecatan akan lebih mudah dan cepat dilakukan, bahkan sering mereka tidak memiliki pengetahuan bagaimana cara menentukan takaran air untuk cat dinding dengan tepat.

Takaran Cat Dinding Yang Pas

Pada beberapa merk cat, mereka sudah memiliki takaran sendiri yang ditulis pada bagian petunjuk pemakaian. Seperti Dulu merekomendasikan takaran air pada cat untuk lapisan pertama adalah sebanyak 20% sedangkan untuk lapisan kedua cukup menggunakan air sebanyak 10% dari jumlah cat. Takaran tersebut bisa dipakai untuk standar takaran air untuk cat dinding anda. Pastikan anda membaca petunjuk takaran air yang pas, setiap merk cat kadang tidak selalu sama.

Faktor Lain Penghambat Kualitas Pengecatan

Disamping takaran air, masih ada faktor lain yang harus diperhatikan agar cat yang anda gunakan bekerja maksimal. Kondisi dinding adalah yang paling utama diperhatikan. Jika dinding anda masih menempel cat lama sebaiknya anda pastikan cat tersebut masih melekat kuat dan tidak lembab kemudian bersihkan dengan air bertekanan atau dengan detergen agar bebas dari debu dan minyak. Jika cat lama sudah mengapur sebaiknya anda melakukan pegupasan dengan cara menggosok dengan amplas permukaan yang mengapur tersebut kemudian semprot dengan air bertekanan dan beri detergen. Sebelum pengecatan ada baiknya anda menggunakan lapisan sealler dan alkali killer supaya cat yang akan anda gunakan benar-benar melekat sempurna. Jika dinding siap dicat, gunakan cat dengan takaran air yang sesuai dengan petunjuk pengecatan pada kaleng cat. Dengan penjelasan diatas diharapkan anda lebih tahu bagaimana cara menentukan takaran air untuk cat dinding.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624