rumah tradisional

3 Cara Atasi Keramik Retak

Categories: Tags: , , , , , , , ,

3 Cara Atasi Keramik Retak

Bangun rumah – Masalah rumah tidak pernah ada habisnya. Merawat struktur pondasi bangunan rumah ternyata memerlukan sedikit usaha yang teliti. Masing – masing struktur bangunan memiliki karakteristik yang berbeda, begitu juga dengan bagaimana cara merawatnya. Satu bagian struktur bangunan rumah yang kerap mengalami kerusakan adalah lantai. Bahan keramik yang biasa digunakan pada lantai selain memiliki berbagai keunggulan seperti mudah dibersihkan, kokoh, dan lebih tahan lama, ternyata juga bisa mengalami keretakan.

Keretakan pada keramik lantai disebabkan karena permukaan keramik yang tidak rata sedang material keramik sangat keras. Sehingga pada saat terkena tekanan di bagian yang berongga, akan mucul kerusakan hingga terbelah.

Lantai yang sudah retak akan mengganggu Anda. Tidak hanya merusak estetika, tetapi juga bisa melukai. Lantai yang terbelah akan menyisakan bagian sisi keramik yang tajam, cukup tajam untuk menggores kaki Anda hingga terluka.

Untuk itu, Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan sebaiknya Anda harus segera memperbaikinya. Biasanya, dalam perbaikan lantai keramik, dianjurkan untuk menggunakan jasa tukang bangunan yang ahli dan profesional.

Tiga Cara Memperbaiki Keramik Lantai

1.Cat keramik yang retak

Mengecat keramik retak adalah cara mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Hanya saja, cara ini bisa dilakukan pada keramik yang polos, bukan bertekstur atau berpola. Metode ini memang tidak bisa mengembalikan retaknya keramik, tetapi agar tidak terlihat oleh mata secara jauh.

Ini hanya bisa diterapkan pada bagian retakan yang halus dan tidak menonjol.

Hal yang harus Anda perhatikan pada saat ingin mengecat antara lain:

  • Pilih warna cat yang sesuai dengan warna keramik. Jika Anda ragu-ragu atau bingung memilih warna yang tepat, Anda bisa bertanya langsung kepada penjual cat ubin terdekat untuk diberikan rekomendasi.
  •  Oleskan cat pada celah keramik menggunakan kapas. Tunggu hingga kering beberapa detik hingga kering.
  • Seka ubin dengan kain lembab, yang bertujuan membuat keramik mengkilap.

2. Menambahkan cairan glasir

Sama dengan cara pertama, menambahkan cairan glasir ini tidak memperbaiki keretakan pada keramik. Tetapi bertujuan untuk mengisi celah lantai dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Sebelum menggunakan cairan glasir, sebaiknya Anda melakukan hal-hal berikut:

  •  Bersihkan lantai secara menyeluruh dengan cara menyapu dan mengelap lantai. Terutama pada celah keramik lantai. Mengelap lebih dari sekali juga dianjurkan agar kotoran yang tersisa tidak menempel secara permanen pada glasir.
  • Pilihlah warna cairan glasir yang tidak berwarna.
  • Tunggu lantai dan celah kering sebelum mengoleskannya dengan cairan glasir.
  •  Oleskan cairan glasir menggunakan kuas kecil dan fokuskan pada bagian keramik yang retak.
  •  Buka jendela rumah Anda agar terjadi sirkulasi udara yang mempercepat glasir mengering.

3. Ganti keramik dengan yang baru

Apabila keramik memiliki kodisi keretakan yang cukup parah, sebaiknya cara terbaik adalah mengganti keramik yang retak tadi dengan keramik baru.

Akan tetapi, Anda harus mencari keramik yang sama baik ukuran, warna keramik, bentuk, dan material. Dalam hal ini memang diperlukan sedikit tenaga ekstra untuk berkeliling tempat penjual untuk mencari keramik yang tepat.

Setelah Anda menemukan lantai keramik pengganti, berikut tips yang harus Anda lakukan untuk mengganti keramik yang retak tadi.

  •  Keluarkan keramik yang lama dan retak dengan cara memecahnya menggunakan palu hingga menjadi potongan-potongan kecil. Sebelum dipecah, ada baiknya Anda menggunakan handuk untuk melapisis keramik agar potongan-potongan kecil tadi tidak terpental.
  •  Kikis semua perekat bawah lantai yang sudah dipindahkan menggunakan pisau dumpul untuk membersihkan dari perekat dan serpihan dari bawah keramik. Pastikan bawah lantai keramik Anda datar dan bersih.
  •  Gunakan perekat lantai dan simpan keramik pada posisi yang tepat. Setelah itu buatlah celah lantai menggunakan sedikit semen atau gipsum. Karena celah begitu sempit, Anda bisa menggunakan kapas atau pisau kecil.
  •  Tunggu hingga kering, dan gunakan sedikit cairan glasir. agar terlihat mengkilap.

Dalam Membersihkan Rumah Mungkin Anda Punya Kesalahan Membersihkanya Berikut Kesalahan Yang Sering Dilakukan

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Dalam Membersihkan Rumah Mungkin Anda Punya Kesalahan Membersihkanya Berikut Kesalahan Yang Sering Dilakukan

Punya rumah yang bersih dan rapi pasti idaman semua orang. Maka dari itu kita perlu merawat rumah kita.

Tips dan trik harian untuk melakukan hampir semua hal yang ada hubungannya dengan perawatan rumah Anda, mulai dari mengecat pintu rumah hingga memperluas penyimpanan di dalam kamar mandi. Membersihkan rumah juga merupakan salah satu topik favorit untuk ditulis di Homify, namun seperti juga hal lainnya dalam hidup ini, kesalahan sangatlah mudah terjadi, yang berarti bayangan ruang interior yang memang Anda harapkan kemungkinan besar tidak akan terjadi.Apa yang masih salah Anda lakukan? Beberapa hal bisa terjadi tidak sesuai dengan harapan ketika kita tengah membersihkan rumah kita – mari lihat yang mana saja yang pernah kita lakukan (yang terpenting) serta cara mencegahnya:

Kesalahan 1: Tidak membersihkan spons

 Dapur by Gracious Luxury Interiors

Ingatlah bahwa semua permukaan yang disentuh oleh spons pembersih yang digunakan. Cobalah memperhatikan apa saja permukaan yang sudah disentuh oleh spons bersih sejak seminggu sebelumnya. Kemudian ingat lagi kapan terakhir Anda membersihkan spons tersebut – nah sudah mengerti di mana masalah kebersihannya?Jika tidak secara rutin dibersihkan, spons akan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, menjadi bau, dan menyebarkan kuman ke seluruh penjuru rumah Anda. Anda tentu tidak mau seperti itu bukan? Untungnya, spons merupakan hal yang sangat mudah dibersihkan: cukup dengan memasukkannya di dalam baskom air tempat Anda mencuci, masukkan air dan spons ke dalam microwave atau dengan merebus spons di dalam air. Lakukan tips ini setidaknya sekali dalam seminggu atau ingatlah untuk mengganti spons Anda secara reguler.

Kesalahan 2: Menyemprot langsung ke permukaan furnitur

 Living room by Movelvivo Interiores

Kebanyakan dari kita memang tidak mengetahui mengapa hal ini termasuk hal yang tidak sebaiknya dilakukan, karena itu, artikel ini dibuat untuk membantu Anda mengubah kebiasaan tersebut. Mulai sekarang, cukup semprot pembersih dalam jumlah sedikit saja ke kain berbahan mikro fiber, kemudian bersihkan permukaan apa saja hingga bersih, dan gunakan kain kering untuk menghapus bekas dan sisa cairan yang masih menempel. Lakukan hal ini untuk semua permukaan, namun terutama pada furnitur berbahan stainless steel, kaca dan kayu. Dengan cara ini, kita akan menggunakan pembersih dalam jumlah lebih sedikit, menjaga permukaan tetap bersih dan menghemat waktu serta pengeluaran dalam jangka panjang.

 Rumah by Casas inHAUS

Kesalahan 3: Segera menyimpan kembali sikat toilet

modern Bathroom by Salgar

Jika Anda dilahirkan kembali menjadi sebuah sikat toilet, maka Anda akan paham mengapa apa yang Anda lakukan pada sikat toilet termasuk sesuatu yang jahat, mengingat sikat toilet memiliki tugas yang paling menjijikkan yang pernah ada. Jika Anda berpikir demikian, maka Anda tentu sanggup berusaha merawat sikat toilet yang banyak berjasa ini: dengan mencuci dan membilasnya dalam air toilet yang bersih setelah menggunakannya, dan biarkan mengering sebelum dimasukkan ke tempatnya kembali.

Kesalahan 4: Membersihkan terlalu cepat

 Ruang Keluarga by CC Construction

Terburu-buru membersihkan ruangan biasanya akan terlihat dari apakah ruangan terlihat bersih atau tidak, dan hal terakhir yang ingin Anda tampilkan di depan para tamu yang berkunjung adalah fakta bahwa Anda hanya menghabiskan waktu sedikit untuk membersihkan rumah Anda sendiri (ingat, membersihkan rumah berbeda dengan merapikan rumah).Habiskan waktu ketika membersihkan rumah Anda, dan kalaupun Anda memiliki waktu yang terbatas, fokuslah pada satu tugas kebersihan saja atau pada satu ruangan saja dan lakukan dengan maksimal daripada hanya setengah-setengah saja melakukannya.

Kesalahan 5: Tidak membaca instruksi baik-baik

 Bedroom by &New

Apakah Anda menggunakan peralatan dan pembersih sesuai dengan instruksi yang tertera? Apakah Anda yakin? Kerap kali, uang dan riset diinvestasikan untuk menciptakan produk pembersih sehingga tersedia pula instruksi, dan hanya dengan mengikutinya lah Anda akan mendapatkan hasil paling maksimal untuk kebersihan rumah Anda.

Kesalahan 6: Mencuci kaca jendela saat matahari terik

 Ruang Keluarga by Sigmar

Hal ini sangat masuk akal jika Anda memikirkannya. Matahari yang terik memanaskan permukaan benda secara cepat di hari yang panas, terutama jendela yang terbuat dari kaca. Akibatnya, jendela jadi bergaris-garis seperti tergores karena air dan sabun mengering sebelum Anda sempat mengeringkan dan membersihkan kaca jendela. Tunggulah sampai matahari tidak panas sehingga Anda tinggal menikmati kaca jendela yang sudah bersih di bawah cahaya matahari.

Kesalahan 7: Membersihkan dari satu sisi ke sisi lainnya

 Ruang Keluarga by Lyssandro Silveira

Menggerakkan kain dari kiri ke kanan (dan kembali ke kiri lagi) berarti kita tengah memindahkan kotoran saja. Sangat tidak produktif, bukan? Gerakkan kain pembersih membentuk huruf S atau Z untuk mengangkat kotoran, sehingga permukaan pun menjadi lebih bersih.

Kesalahan 8: Beranggapan bahwa yang berlebihan adalah lebih baik

 Kitchen by Studio Ferriani

Hal yang baik dimiliki secara berlebihan hanyalah uang dan cokelat. Selain itu, bahkan penggunaan bahan pembersih secara berlebihan pun tidak seharusnya dilakukan karena tidak sesuai dengan instruksi yang sudah ditulis. Menggunakan produk pembersih dalam jumlah yang terlalu banyak hanya akan menambah pekerjaan bersih-bersih Anda, karena Anda harus membersihkan sisa pembersih yang terlalu banyak digunakan dan dapat merusak furnitur Anda.

Kesalahan serupa juga sering terjadi dalam membersihkan rumah. Cegah dengan tips kami yang satu ini.

Kesalahan 9: Tidak mengosongkan vacuum

 Walls & flooring by Sisal & Seagrass

Pernah menyadari adanya aroma yang aneh dan mengikuti Anda ketika menggunakan penyedot debu? Atau pernahkah Anda memperhatikan bahwa penyedot debu Anda sepertinya tidak maksimal membersihkan remah-remah yang ada di lantai? Hal ini dapat terjadi karena penyedot debu Anda yang masih penuh, sehingga perlu dikosongkan. Kantong atau wadah vakum yang penuh membuat tidak adanya aliran udara di dalam vakum, sehingga kotoran baru yang masuk ke penampungannya tidak punya tempat lagi. Karena itu, kosongkan kantong vakum sebelum digunakan dan lakukan pengecekan apakah kantong sudah dapat digunakan. Selalu kosongkan vakum setelah penggunaan agar kotoran tidak menumpuk.

Kesalahan 10: Menggunakan pembersih untuk membersihkan alat elektronik

 Multimedia room by Loewe Technologies GmbH

Ingin membakar furnitur Anda atau merusak peralatan elektronik dengan harga yang tidak murah di rumah Anda? Tinggal tambahkan produk pembersih langsung ke peralatan elektronik Anda tersebut. Bahan pembersih dan peralatan elektronik tidak bisa dijadikan satu. Jangan menyemprotkan segala sesuatunya ke atas permukaan apa saja, seperti yang sudah dijelaskan di awal. Untuk membersihkan peralatan elektronik, cukup dengan membasahi kain dengan air, lalu gunakan kemoceng sederhana untuk menghilangkan debu. Selamat bersih-bersih rumah!

Ingin Mempunyai Kamar Yang Tidak Membosankan Ada Dekorasi Dinding Kamar Yang Mudah

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Ingin Mempunyai Kamar Yang Tidak Membosankan Ada Dekorasi Dinding Kamar Yang Mudah

Mempunya kamar yang polos apa tidak bosan? pasti bosan karena hanya itu-itu saja biasanya si bikin kita tidak betah dikamar. Belajar pun rasanya nggak semangat lagi karena jenuh dengan suasana yang itu-itu aja. Daripada dibiarkan polos dan membosankan, coba kamu hias tembokmu dengan berbagai benda yang menarik.

Kamu nggak perlu menyewa interior desainer atau membeli furnitur mahal yang artistik. Tapi kamu bisa coba membuatnya sendiri bahkan dengan budget yang tak seberapa. Yuk, kita intip gimana caranya membuat desain tembok kamar yang keren.

1. Lakban hitam bisa jadi pilihan untuk mendekor tembok kamarmu jadi keren seketika

Desain sederhana yang menarik dan artistik

Punya tembok polos yang bikin kamu bingung mau diapain, kamu nggak perlu pasang wallpaper buat bikin desain simpel dan artistik, lho. Cukup pakai lakban hitam atau isolasi kertas yang berwarna atau apapun bahan yang kalian suka, untuk membuat desain tanda ‘+’ pada salah satu tembok di kamarmu.

Caranya dengan menempelkan dua strip lakban hitam yang sudah kamu gunting pada tembok dengan jarak yang bisa kamu sesuaikan dengan tembokmu. Agar rapi, bisa juga kamu tandai dengan pensil terlebih dahulu sebelumnya agar memudahkanmu pada proses saat menempelkan lakban.

2. Warna gold bisa banget bikin kamarmu jadi keren dan futuristik. Dengan bantuan kertas warna gold kamu bisa motif dekorasi yang menarik

Polkadot berwarna gold di kamarmu

Kamarmu bisa punya suasanya yang lebih fresh dengan sentuhan warna emas di salah satu sisi tembok. Kamu bisa menggunakan kertas tipis berwarna yang banyak tersedia di toko alat tulis. Bentuk setiap bagian kertas dengan menggambar bulatan-bulatan terlebih dahulu, bisa dengan diameter yang kamu inginkan, lalu mengguntingnya sesuai dengan bentuk yang sebelumnya kamu gambar. Jika kertasnya tipis, kamu bisa bagi dengan mengguntingnya jadi bagian-bagian kecil agar lebih mudah dalam menggunting bentuk yang sudah tergambar di kertas.

Bisa juga kamu buat dengan bentuk lain seperti segitiga, lalu tempelkan pada bagian tembok yang kamu inginkan. Hanya saja desain ini bisa membutuhkan kertas yang lebih banyak, sehingga untuk mengakalinya, pakai desain ini pada tembok dengan penampang yang nggak terlalu lebar dan cukup satu sisi saja.

Dekorasi warna emas berbentuk segitiga

3. Manfaatkan kertas tak terpakai dengan motif yang unik. Bentuk dan tempel dengan efek timbul yang bisa kamu buat sendiri dengan mudahHiasan timbul yang bisa bikin tembokmu jadi artistik

Kertas yang bekas makalah atau skripsi yang nggak terpakai, atau kertas partitur musik seperti diatas bisa kamu sulap menjadi dekorasi dinding yang bisa mempercantik dindingmu. Atau kamu bisa juga memakai kertas kado yang saat ini sudah banyak yang mempunyai motif yang bagus dan unik. Caranya yang pertama adalah dengan menggunting kertas bermotif itu menjadi pola yang kamu inginkan, contohnya bentuk hati seperti gambar diatas. Lalu untuk membuatnya timbul, kamu tempelkan kertas yang kamu potong memanjang lalu bentuk menjadi persegi seperti pada gambar. Pastikan semuanya kamu buat dengan bentuk yang sama agar jarak timbulnya jadi merata. Selipkan satu warna polos yang mencolok diantara motif yang ada untuk menambah kesan artistik pada desainmu.

4. Manfaatkan tembok kosongmu untuk memajang foto favorit dengan desain yang nggak biasa agar terlihat beda

Rangkaian foto untuk mempercantik tembokmu dengan berbagai memori indah

Lupakan menghias tembok dengan foto dalam pigura ya, guys. Coba deh kamu lakukan tips ini. Kamu bisa twist penempatan foto kamu dengan menempelkannya langsung di tembok pada bagian yang tidak biasa seperti pojokan ruangan. Variasikan besar kecil fotonya untuk membuat bentuk seperti pada gambar. Efek dari pojokan ruangan juga bisa membuat bentuk hatinya jadi terlihat nyata dengan belahan di tengahnya.

5. Kamu juga bisa memanfaatkan isolasi berwarna atau bermotif sebagai pengganti pigura

Isolasi untuk membuat pigura foto yang nggak biasa

Punya tembok kosong siatas meja belajarmu atau tempat tidurmu? Kamu hias dengan tips ini. Pasang foto favoritmu di tembok dengan menggunakan isolasi berwarna yang bisa kamu beli di toko alat tulis. Pilih lah isolasi dengan warna maupun motof yang kamu suka. Kamu bisa mengkreasikannya dengan membetuknya menjadi pengganti pigura yang bisa mempercantik pajangan fotomu.

6. Buat kupu-kupu beterbangan di tembok kamarmu. Ciptakan mereka dari kertas manila berwarna dan cetakan kupu-kupu yang sudah kamu buat sebelumnya

Kupu-kupu di tembok

Salah satu cara ini bisa bnaget kamu coba untuk mempercantik tembok kamarmu yang kosong. Isi saja dengan kupu-kupu yang beterbangan seperti gambar diatas. Jika kamu merasa nggak bisa gambar bentuk ini, kamu bisa membuat cetakannya terlebih dahulu di komputer lalu kamu print. Cetakan ini bisa kamu bikin dengan berbagai ukuran yang bervariasai. Setelahnya kamu bisa membuatnya menggunakan kertas manila yang berwarna sesuai dengan seleramu. Buat saja yang banyak lalu kamu tempelkan dengan double-tip di bagian tembok yang kamu inginkan.

7. Buat tembokmu jadi berbunga menggunakan karton bekas tisu toilet yang telah digunting-gunting

Jangan buru-buru membuang kertas karton bekas tisu toiletmu. Kamu juga bisa membuat dekorasi cantik dari kertas ini. Caranya dengan menggunting-guntingnya dengan ketebalan yang sama sampai sebanyak yang kamu inginkan. Lalu kamu satukan menjadi bentuk bunga yang masing-masingnya terdiri dari lima guntingan kertas karton. Kamu pun bisa mewarnainya dengan cat jika mau. Setelah dirasa kamu telah membuat dalam jumlah yang cukup untuk mendekorasi kamarmu, kamu pun bisa menyatukannya menjadi rangkaian yang kamu sukai. Bisa berbentuk rangkaian horizontak maupun vertikal. Atau kamu juga bisa menyebarnya di seluruh bagian salah satu tembok kamarmu.

Ingin Kos Mu Nyaman Ikuti Tips Ini

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Ingin Kos Mu Nyaman Ikuti Tips Ini

Siapa ni yang hidupnya merantau jauh dari rumah. Entah itu merantau untuk melanjutkan studi atau melanjutkan karir. Berbagai macam cara berhemat untuk menyambung hidup, salah satunya dengan pemilihan tempat tinggal (baik berupa kos, kontrakan, atau menumpang di rumah sanak saudara) yang sesuai budget. Tetapi walau hidup serba “berkecukupan”, bukan berarti kita mengabaikan tempat tinggal sementara kita. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk memperindah kamar kos atau kontrakan kamu.

1. Kebersihan

Kamar kos di Manado
Hal pertama adalah menjaga kebersihan. Rutin membersihkan sarang laba-laba, menyapu, membersihkan meja, atau menguras kamar mandi adalah hal yang wajib kita lakukan untuk menjaga kebersihan. Tetapi ada banyak hal kreatif untuk kita menjaga kebersihan. Misalkan, aku memakai kuas blush on untuk membersihkan kotoran di action figure kosan. Atau menggunakan tisu basah sebagai ganti mengepel agar kita tidak terlalu ribet menyimpan lap pel. Atau menggunakan kertas makan sebagai ganti piring, praktis tidak perlu cuci piring tinggal dibuang saja. Atau banyak ide-ide kreatif lain yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kebersihan.

2. Pencahayaan

Kamar kos di Manado

Usahakan memilih kosan yang cukup cahaya. Cukup cahaya membuat sirkulasi dalam kamar lebih baik. Dengan cahaya yang cukup diharapkan kondisi kamar tidak lembab yang berpengaruh terhadap kondisi kesehatan kita. Salah satu mengakalinya ialah dengan menggunakan lampu utama yang terang, sedangkan memakai lampu tidur yang lebih temaram saat beristirahat.

3. Penataan

Kamar kos di Manado

Barang yang banyak akan terlihat rapi saat kita tata dan kita golongkan sesuai kegunaannya. Adanya storage membuat barang yang kita miliki dapat tertata dan tersimpan dengan baik. Kita bisa membeli atau membuat sendiri storage untuk keperluan kita. Saat aku kos di Jakarta (sebelum kos di sini) aku gunakan batu bata dan kayu yang aku olesi cairan pengkilat dan aku susun untuk tempat buku.

4. Hias tembok

Kamar kos di Manado

Kebanyakan kos-kosan warna temboknya netral dan kita cenderung malas untuk mengecatnya. Bila memiliki modal yang cukup bisa menggunakan wallpaper, atau terpaksa mengecat dengan kerja ekstra memindahkan barang-barang. Sebenarnya ada salah satu cara kreatif untuk mengatasinya. Aku menggunakan hiasan dinding untuk menutupi kelemahan tembok sekaligus mempercantiknya. Untuk satu sisi aku menggunakan lukisan yang dibeli secara online, sedangkan untuk bingkainya meminta bantuan orang lain untuk membuatnya. Di satu sisi aku pasang hiasan berbau keagamaan untuk mengingatkan kita kepada sang pencipta.

5. Kelengkapan hidup

Kamar kos di Manado

Hidup di kosan ibarat punya rumah mini. Setiap kebutuhan sebaiknya tersedia. Hal pertama yang aku lakukan ialah mencari kulkas mini, untuk menyimpan makanan yang tidak habis (hehe). Kedua ialah aku mencari game console untuk mengisi dan menghabiskan waktu luang di kosan. Ketiga aku membeli sound system ukuran mini untuk mendengarkan musik. Keempat aku akan membeli kipas angin agar kamar aku tidak panas. Dan terakhir ialah membeli kompor untuk menghangatkan makanan di kulkas atau memanaskan air untuk membuat kopi atau pun mie. Sengaja aku tidak membeli penanak nasi karena beli nasi bungkus di tempat aku tinggal sangat banyak jumlahnya, bisa untuk dua kali makan.

6. Pajang hobi kamu

Kamar kos di Manado

Jangan ragu untuk memasang pajangan hobi kamu. Bila hobi koleksi action figure, pajang di kamar untuk pamer dan identitas kegemaran kamu. Bila hobi fotografi, pasang tripod sebagai salah satu pemanis kamar kamu.

7. Buat DIY (Do It Yourself)

Kamar kos di Manado

Karena ini tempat tinggal kamu, keluarkan ide-ide gilamu untuk mempercantik kamarmu. Salah satunya membuat DIY (Do It Yourself). Yang aku lakukan ialah membeli peta berbahan kertas, aku potong sesuai keinginan, dan aku bakar pinggirnya menggunakan korek api agar terkesan terbakar sehingga seolah-olah peta harta karun. Peta yang sudah terbakar, aku bingkai dan aku letakkan di tempat yang enak dipandang mata.

8. Tempel stiker penyemangat hidup

Kamar kos di Manado

Salah satu cara membangkitkan semangat ialah melihat kata-kata penyemangat hidup. Yang aku lakukan ialah memberi stiker berbentuk huruf dan menempelkan di dinding yang bisa aku lihat saat membuka mata. Pemilihan stiker dikarenakan harganya murah, praktis, dan banyak ragam pilihannya.

Menata Taman Di Lahan Sempit

Categories: Tags: , , , , , , , ,

Menata Taman Di Lahan Sempit

Ada Beberapa orang yag ingin memiliki rumah yang terdapat taman karena taman mempunyai daya tarik sendiri, mempercantik lingkungan dirumah , membuat penghuninya berasa lebih nyaman dan memberikan udara segar suasana yang asri dapat membantu memberikan stimulasi bagi pemiliknya agar tetap bugar dan tetap terjaga kesehatannya. Selain itu, taman juga bermanfaat untuk tempat berolahraga sesuai dengan desain yang dibuat. Pada kesempatan ini akan dibahas tentang taman depan rumah minimalis lahan sempit yang bisa dimanfaatkan dan ditata dengan rapi dan indah.

Taman adalah bagian yang terpenting saat kita membuat taman dengan ukuran yang minimalis. Memang hal ini tidak berpengaruh besar terhadap aktifitas kita sehari-hari, akan tetapi dengan sirkulasi udara yang sehat yang dibuat oleh taman ini dapat membantu kita tetap sehat dalam melakukan aktifitas. Selain itu juga memberikan kesejukan tersendiri untuk ruangan yang lain. Beberapa penempatan taman memang berbeda-beda, tetapi tujuan utama dibuatnya taman adalah untuk membantu pergantian sirkulasi udara yang masuk ke rumah kita sehingga kita nyaman saat tinggal dirumah. Beberapa penempatan taman yaitu berada di belakang rumah, di depan rumah, bahkan disamping rumah sesuai dengan keinginan si empunya atau karena alasan tertentu sehingga taman tersebut diletakkan ditempat tersebut.

Kesulitan yang dialami ketika membuat taman depan rumah minimalis lahan sempit.
Untuk kasus yang satu ini akan dibahas tentang kesulitan untuk taman depan rumah minimalis lahan sempit. Ada beberapa kesulitan yang dialami ketika kita membuat taman yang letaknya persis di depan rumah kita dengan ukuran rumah yang sangat minimalis. Untuk sebagian orang memang lebih memilih untuk membuat garasi mobil daripada membuat taman. Kenapa hal ini terjadi? Karena beberapa orang berpikiran bahwa taman tidaklah penting lagi saat ini Karena hal yang paling diutamakan oleh sebagian orang adalah keamanan kendaraan yang kita miliki. Kemudian juga karena keterbatasan lahan, mereka enggan untuk membuat taman yang dirasanya kurang bermanfaat bagi aktifitas mereka sehari-hari karena mereka tidak tahu tentang tata cara membuat taman dengan memanfaatkan lahan yang sempit. Berikut beberapa kesulitan yang dialami ketika membuat taman di depan rumah yaitu

1. Tanah tidak subur

Tanah adalah salah satu media yang sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Ada beberapa tanaman yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda sesuai dengan adaptasinya. Ada tanaman yang bisa hidup ditanah yang subur, ada juga tanaman yang hidup ditanah yang tandus. Ketika kita dihadapkan pada permasalahan ini, kita bisa menyiasastinya dengan mencampurkan media tanah yang tidak subur ini dengan media lain yang mana bisa menyuburkan tanah tersebut.

2. Tanah sudah diubin

Untuk tanah yang sudah berubin, kita tidak usah bingung bagaimana kita harus membuat taman depan rumah minimalis lahan sempit yang keadaan tanahnya sudah tertutupi dengan ubin. Hal ini bisa disiasati dengan media pot yang mana pot ini berisi tanah dan juga tanaman sehingga tanaman masih bisa tumbuh di sekitar rumah kita. Selain praktis dan mempermudah untuk dibersihkan, media pot ini juga dapat diubah susunannya sesuai keinginan pemilik ketika merasa bosan dengan susunan yang lama. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi pemiliknya ketika dihadapkan pada permasalahan seperti ini.

Kelebihan dari taman depan rumah minimalis lahan sempit

Kelebihan taman lahan sempit adalah kita dapat menata susunan tanaman tanpa bantuan tukang kebun. Selain itu juga biaya yang dikeluarkan untuk perawatan tanaman ini tidaklah mahal karena hanya terdapat beberapa tanaman yang mana bisa kita urus sendiri saat kita memiliki waktu luang. Waktu luang tersebut bisa kita gunakan untuk merawat tanaman yang ada di taman kita dan juga menyirami air. Taman ini memang tidak seluas taman yang lain, akan tetapi cukup untuk membantu proses sirkulasi udara di rumah kita. Taman depan rumah minimalis lahan sempit ini cukup membantu kita untuk sedikit menikmati keindahan bunga yang kita tanam di taman depan rumah kita.

Baca Juga Dekorasi Kamar Tidur Dengan Gaya Kekinian
Cara mensiasati taman depan rumah minimalis lahan sempit

1. Memilih media yang cocok

Jika kita hubungkan antara lahan sempit dengan media yang digunakan dengan berbagai kontur tanah yang ada, maka hal ini dapat disimpulkann bahwa taman lahan sempit memang berpengaruh pada media yang kita gunakan. Dengan media pot ataupun media yang digunakan pada vertical garden maka kita bisa lebih menghemat lahan yang kita gunakan untuk membuat taman. Seperti vertical garden yang memanfaatkan dinding atau pagar rumah untuk media tanamnya.

2. Memilih tanaman yang cocok

Kita harus tahu dan mengenal tanaman yang cocok untuk lahan taman minimalis kita karena hal tersebut sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Mana tanaman yang bisa hidup ditanah yang tandus maupun tanah yang subur. Kita bisa memilih salah satu diantara mereka yang memang cocok dengan lahan di depan rumah kita.

3. Mengatur jarak tanam

Jarak merupakan penentu utama bagi pertumbuhan tanaman pada taman depan rumah minimalis lahan sempit karena akan berpengaruh pada proses fotosintesis tumbuhan yang mana membutuhkan cahaya. Berikanlah jarak pada setiap tanaman yang menurut kamu cahaya tersebut bisa masuk pada tanaman sehingga proses fotosintesisnya tidak terganggu. Selain itu juga agar tanaman terlihat rapi dan tidak memberikan kesan yang sempit.

Berikut beberapa contoh taman

Hasil gambar untuk taman di lahan kecil

Hasil gambar untuk taman di lahan kecil

Hasil gambar untuk taman di lahan kecil

Gambar terkait

Hasil gambar untuk taman di lahan kecil

Hasil gambar untuk taman di lahan kecil

Rumah Bergaya Tradisional

Categories: Tags: , , , , , , , , , ,

Rumah Bergaya Tradisional

Dalam hidup rumah termasuk unsur pokok karena untuk tempat berlindung, berisirahat, dan lain-lain pasti dalam memilih rumah pun kita juga melihat apakah nyaman ditempati atau tidak model rumah beraneka ragam. Rumah tradisional memiliki kesan tersendiri biasanya yang rumah bermodel tradisonal penghuninya masih bersifat keadatan dan bisa juga karena rumah tradisional mempunyai daya tarik yang bagus.

Hasil gambar untuk rumah bermodel joglo

Rumah joglo Jawa terkenal memiliki ciri khas dengan atap yang berbentuk semi piramida. Kita bisa menggunakan atap ruah joglo untuk memberikan nuansa etnik pada bangunan rumah dengan melakukan sedikit penyesuaian seperti mengurangi kemiringan dan menyederhanakan bentuknya. Memakai atap yang seperti itu, dapat mengalirkan air hujan dengan baik sehingga merawatnya tidak seberapa sulit.

 

Memilih menggunakan atap rumah joglo tidak harus mengaplikasinya untuk seluruh atap karena akan nampak berlebihan dan menghilangkan kesan minimalis yang akan diterapkan. Untuk interior rumah minimalis Jawa tidak jauh berbeda dengan interior rumah minimalis modern. Contohnya dengan menggunakan furniture patio bergaya modern serta didominasi dengan kayu dengan warna alami kayu untuk member kesan etnik jawa dengan sentuhan minimalis.

Tampak depan rumah jawa dengan kolam renang

Hasil gambar untuk Tampak depan rumah jawa dengan kolam renang

Selain bahan kayu alami yang banyak digunakan untuk desain rumah etnik jawa, pemilihan kayu juga harus tepat. Biasanya rumah etnik jawa menggunakan kayu yang benar-benar sudah tua dan telah diberi perawatan. Konstruksi yang dihasilkan sangat terjamin pula kekokohannya.

 

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline
WhatsApp chat