kontraktor jogja

Tips Membersihkan Plafon Rumah

Categories: Tags: , , , , , , , , , , ,

Sering kali bagian langit-langit atau plafon rumah, menjadi salah satu bagian yang terlewati saat aktivitas membersihkan rumah. Padahal plafon rumah termasuk elemen rumah yang mudah kotor atau terkena noda. Bukan hanya debu, namun juga sarang laba-laba atau kotoran hewan lainnya juga sering kali menempel pada langit-langit. Agar tampak selalu bersih, bagaimana cara jitu membersihkan plafon rumah?

Kenali Jenis Plafon Yang Digunakan

Sebelum mulai membersihkan plafon di rumah, ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu jenis atau material yang digunakan pada plafon tersebut. Hal ini mengingat beberapa jenis material atau bahan plafon membutuhkan perawatan yang berbeda. Sehingga ada baiknya jika mengenal terlebih dahulu material plafon tersebut untuk menghindari kesalahan dalam membersihkan plafon, yang justru akan membuatnya mudah rusak.

Bersihkan Kotoran Yang Ringan Terlebih Dahulu

Mungkin dalam kotoran-kotoran yang menempel di plafon rumah, ada jenis kotoran yang ringan dan mudah dibersihan dan sebaliknya, ada kotoran atau noda yang mungkin akan susah dibersihkan. Kamu bisa mulai membersihkannya dari kotoran yang ringan dan mudah dibersihkan, seperti debu dan sarang laba-laba terlebih dahulu sebelum kemudian mulai membersihkan kotoran atau noda yang membandel. Kamu bisa menggunakan sapu bergagang panjang khusus plafon untuk membersihkannya.

Gunakan Alat Pembersih Tambahan

Beberapa kotoran pada plafon ada yang susah dibersihkan, seperti jamur atau kotoran hewan. Pada kotoran seperti ini yang tak cukup dibersihkan menggunakan sapu bergagang panjang biasa, kamu bisa coba membersihkannya menggunakan kape scrap dan amplas. Pastikan untuk tidak terlalu kasar saat menggosoknya agar tidak meninggalkan goresan.

Lapisi Ulang Dengan Cat

Jika membersihkan kotoran atau noda tersebut menggunakan kape scrap atau amplas belum cukup menghilangkan noda, mungkin cara lainnya adalah dengan mengecat ulang plafon tersebut. Jika memang dibutuhkan cat ulang, pastikan untuk menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu ya.

Jangan lupa, membersihkan setiap sudut plafon rumah secara rutin juga termasuk dalam cara jitu membersihkan plafon yang tak boleh dilewatkan.

Hunian Bergaya Kontemporer dengan Warna Hangat

Categories: Tags: , , , , , , , , ,

Tentu semua pemilik rumah ingin rumahnya dapat di tempati dengan nyaman dan memiliki tampilan yang indah. Tidak hanya itu saja rumah juga bisa di desain sesuai keinginan anda dengan cara yang bervariasi tergantung kemampuan anda. Untuk kali ini saya akan membahas tentang inspirasi hunian bergaya kontemporer untuk anda yang ingin memiliki rumah dengan gaya yang berbeda.

Desain rumah di atas tampak dari depan terlihat seperti rumah tradisional modern yang sangat kentara. Aksen modern tampak pada bentuk rumah yang simetris dan sedikit minimalis dengan jendela dan kusen yang simetris pula. Aksen tradisional sangat terlihat pada lantai kayu dan batu bata ekspos yang terdapat pada eksterior rumah hingga masuk ke dalam interior rumah.

Seperti judul pada artikel kali ini inspirasi hunian bergaya kontemporer dengan warna hangat yang mana terlihat dari warna kayu yang menjadi alas lantai rumah tersebut. Bahwa rumah yang tadinya terlihat biasa saja akan terasa lebih indah dan unik dengan hanya meletakan lantai kayu sebagai pengganti lantai ubin.

Pada rumah gabungan antara modern tradisional bahwa suasana modern di sukai banyak orang karena model minimalisnya namun ada sebagian orang yang tidak terlalu suka dengan desain polosan saja. Karena seperti yang kita ketahui bahwa modern minimalis memiliki warna yang mayoritas putih atau grayscale alias hitam putih. Untuk menciptakan sedikit warna agar tidak membosankan anda bisa memberikan kursi kayu berwarna hijau dan oranye di ruang tamu anda agar suasana warna hangat langsung timbul begitu anda memasuki rumah anda.

Itu lah beberapa informasi yang bisa memberikan anda inspirasi hunian bergaya kontemporer yang mungkin bisa membantu anda memilih tema yang pas untuk desain rumah anda. Intinya adalah anda bisa memilih perabotan yang terbuat dari kayu atau lantai dari kayu pula karena kayu adalah elemen alam yang dapat membawakan warna hangat di rumah anda.

Dekorasi Pintu Kamar Yang Unik Bikin Temanmu Tidak Segan Mengetuknya

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Dekorasi Pintu Kamar Yang Unik Bikin Temanmu Tidak Segan Mengetuknya

Pintu di rumah pastinya memudahkan kamu dala keluar masuk rumah, dan pintu merupakan suatu karakter dari rumah tersebut maupun identitas pemiliknya. Gak jarang orang menilai isi rumah atau kamar dari pintunya terlebih dulu. Sebab itu, sebenarnya penampilan pintu layak diperhatikan sedemikian rupa.

Nah, agar rumah ata kamar kosan terkesan lebih menyenangkan, buat saja hiasan pintu yang indah. Tak perlu jasa interior designer kok, bahkan kamu juga bisa mendekornya sendiri dengan barang-barang yang tak terlalu mahal. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut ini 9 tutorialnya.

1. Hanya menggunakan plester hitam yang ditempelkan secara berpola, pintu kamarmu bisa terlihat lebih seru.

Dekorasi pintu dengan plester biar lebih bagus

Memdekorasi pintu itu gak harus memanggil jasa interior designer kok. Bahkan hanya mengandalkan plester hitam, pintu kamar bisa terkesan lebih seru. Pertama-tama, kamu buat dulu pola gambar pada daun pintu sesukamu secara horisontal. Misalnya, kotak-kotak, anak tangga, ata segitiga yang berjajar seperti pada contoh di atas. Lalu tempelkan plester hitam sesuai pola. Tapi pastikan pintu kamarmu sudah kamu cat dengan warna putih ya agar lebih kontras. Nah, mudah ‘kan? Sekarang kamarmu bisa terlihat lebih seru lagi.

2. Daripada payungmu nganggur, manfaatkan saja jadi penghias pintu rumah dengan menambahkan bunga agar terlihat lebih indah.

Dekorasi pintu rumah dengan bunga dan payung

Musim penghujan yang sudah hampir berlalu bikin kamu tak butuh payung. Selain itu, terlalu sering berkendara motor juga bikin kamu lupa membawanya. Nah daripada nganggur, manfaatkan saja payungmu sebagai penghias pintu rumah. Cukup pasang pintu di daun pintu, lalu gantung payungmu di sana dengan posisi agak terbuka. Agar lebih rapi kamu ikat dengan pita pada bagian 1/3 ujungnya. Setelah itu, masukkan beberapa tangkai bunga asli atau palsu sebagai pemanisnya. Dengan hiasan seperti ini, siapa sih yang enggan mampir?

3. Selain ikut menyelamatkan lingkungan, hiasan pintu dari koran bekas juga bisa menciptakan kesan yang berbeda.

Manfaatkan koran untuk hiasan pintu rumah

Koran bekas adalah sampah yang hampir dimiliki setiap rumah. Daripada tergeletak begitu saja dan malah bikin rumah berantakan, kreasikan saja jadi hiasan. Cara membuatnya mudah kok, Pertama-tama buatlah kerangka lingkaran dengan serabut kayu, atau kamu sudah bisa membelinya yang sudah siap pakai.

Lalu kamu gunting kertas koran dengan lebar 10-20 cm dan jangan lupa gunting 3/4 bagian lebar kertas agar membentuk rumbai-rumbai. Setelah itu, lilitkan pada kerangka serat kayu menggunakan lem yang kuat. Agar terlihat lebih indah, kamu bisa tambahkan beberapa hiasan seperti patung burung atau lonceng rumah. Lalu gantung di daun pintu rumah menggunakan tali rotan yang kuat. Nah, mudah ‘kan? Pintu rumahmu pasti jadi tampak berbeda dari yang lainnya.

4. Kamu bosan dengan pintu kamar yang polos? Hiasi saja dengan kain perca yang warna-warni.

Kamu merasa bosan dengan pintu kamar yang hanya polos begitu saja? Dekorasi saja dengan gantungan pintu warna-warni dari kain perca. Caranya membuatnya juga gampang. Kamu gunting kain perca warna-warni yang kamu punya secara memanjang berukuran 3 cm x 30 cm. Lalu ikat pada tali rotan. Setelah itu, pasang pada daun pintu dengan 2 biji paku. Simsalabim, pintu polosmu bisa berubah jadi warna-warni tanpa perlu mengecatnya lag.i

.

5. Suasana asri tak akan lari, kalau kamu menghiasai pintu rumah dengan bunga-bunga asli.

Hiasan pintu yang cantik dan unik

Bunga di taman atau bunga yang kamu dapatkan dari pacar seringkali dibiarkan kering begitu saja tanpa dimanfaatkan. Padahal kamu bisa menggunakannya untuk membuat rumahmu makin tampak indah. Misalnya dengan memanfaatkannya jadi hiasan pintu. Pilihlah bunga-bunga yang bertangkai panjang dan kecil, lalu tempatkan pada keranjang rotan yang di paku di daun pintu. Tak lupa tambahkan pita sebagai pemanis. Simple  ‘kan? Dengan dekorasi seperti ini, rumahmu pasti jadi lebih menarik.

6. Rumah dengan nuansa alam bisa tercipta hanya dengan memasang tanaman di seluruh tepian pintu depan.

Dekorasi pintu rumah yang indah

Kamu gak telaten bikin taman tapi ingin bikin kesan ecogreen? Tenang, kamu bisa menciptakannya dengan dekorasi pintu rumah dari hiasan daun. Beli saja dedauan palsu yang bentuknya memanjang. Setelah itu rangkai dalam kawat dengan tali atau lem yang kuat. Lalu pasang di tepian daun pintu rumah depan. Nah, tanpa repot-repot bikin tanam, suasana hutan bisa kamu ciptakan dengan hiasan yang mudah dibuat.

7.  Siapa sih yang enggan menilik rumahmu saat kamu memasang selang air dan  bunga palsu sebagai hiasan pintu?

Dekorasi pintu yang indah dari selang

Selan air gak hanya bisa dipakai untuk menyiram tanaman atau mencuci mobil, sekarang kamu bisa memanfaatkan ini agar rumahmu makin unik. Misalnya dengan memasangnya jadi hiasan pintu rumah. Caranya, pertama-tama kamu pilih selang yang berwarna cerah sekitar 2 meter. Lalu gulung dan ikat dengan rafia. Lalu tambahkan bunga-bunga palsu dan sarung tangan warna-warni sebagai hiasan. Jangan lupa kamu ikat dengan pita agar lebih manis ya. Dengan hiasan seperti ini, siapa sih yang menolak untuk mampir ke rumahmu sekarang?

8. Wallpaper sticker tak melulu kudu dipasang di tembok kamar, dipajang di daun pintu justru tak kalah menawan

Dekorasi pintu rumah yang indah dari sticker

Wallpaper sticker adalah bahan yang pas dan praktis untuk bikin rumahmu jadi indah. Tak melulu kudu dipasang di tembok kamar, sekarang sudah saatnya kamu buat jadi hiasan pintu saja. Pilih pola gambar eye catching, “bicara” dan tak terlalu lebar. Nah, tanpa banyak usaha, pintu kamarmu sudah bisa terlihat menarik dari yang lain.

9. Kamu ingin dekorasi yang anti mainstream? Pasangi saja tissu gulung atau kain kasa agar pintumu serasa sedang dibebat lukanya 😉

Dekorasi pintu rumah yang indah berperban

Kamu suka hal-hal yang anti mainstream? Tanpa perlu bingung-bingung mencari inspirasi, kamu bisa mendekorasi pintu dengan tissu gulung atau kain kasa. Tempelkan dengan lem atau selotip. Lalu buatlah pola yang agak berantakan. Setelah itu, tempelkan karton hitam sebagai mata palsu. Dengan hiasan ini, pintumu pasti bakal menarik. Semua orang pasti menyangka pintu sedang sakit karena diperban seperti ini. Menarik ‘kan?

Mendekorasi rumah agar terlihat itu gak susah kok, salah satunya dengan menghiasai pintu rumah agar tampak menarik. Nah, tanpa harus menyewa tenaga profesional, 9 tips dan trik menghiasai pintu ini bisa kamu ikuti.

Ingin Menghilangkan Debu Dari Rumah? Berikut Caranya

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Ingin Menghilangkan Debu Dari Rumah? Berikut Caranya

Debu berasal dari udara yang membawa kotoran sedikit demi sedikit. Tiga hari saja Ibu tidak membersihkan rumah, debu lagi debu lagi, debu akan menempel di mana-mana. Malah kotoran ini kerap muncul di bagian-bagian rumah yang ticlak terjangkau. Sebut saja di
atas lemari, di bawah tempat tidur, hingga di suclut-suclut rumah. Agar debu di rumah berkurang, ikutilah cara berikut ini:

1. Hindari pemakaian kasur dan bantal dari kapuk. Di sinilah “istana” debu-debu itu. Coba Anda pukul kasur kapuk, pasti debu akan berterbangan. Bayangkan jika debu itu hinggap lama di rumah Anda.

2 Gunakan perabot rumah yang terbuat dari kayu atau plastik. Selain mudah dibersihkan, bahan kayu dan plastik juga tidak membuat debu-debu menempel.

3. Hilangkan debu dengan lap basah, agar tidak berterbangan dan cepat bersih. Sebaiknya hindari penggunaan sapu.

4. Bersihkan karpet seminggu sekali dengan penyedot debu dan mencucinya di tempat khusus (laundry). Jika sudah bersih dan tidak dipakai, alangkah baiknya karpet digulung dan dibungkus plastik rapat-rapat agar debu tidak menempel.

5. Minimalisasi pemasangan lukisan, gambar, dan foto yang dibingkai pigura di dinding. Debu akan menempel di tempat-tempat kecil seperti ini sementara kita sering lupa membersihkannya secara teratur.

6. Sebelurn ruangan dibersihkan, jangan menyalakan kipas angin. Karena debu akan beterbangan ke tempat lain.

7. Jangan memajang buku-buku di luar. Masukkan ke dalam lemari dan simpan rapat-rapat.
Sama seperti lukisan dan pigura, buku juga jarang dibersihkan.

8. Tanam rumput dan tanaman kecil lainnya di halaman rumah. Dengan begitu debu jalanan bisa tertahan dan tidak masuk ke dalam rumah.

9. Tutuplah pintu pada siang hari. Tanpa disadari, saat itulah debu kerap masuk, terlebih ketika matahari begitu terik.

10. Jangan menaruh barang di atas lemari. Tempat ini sering dimanfaatkan untuk menyimpan benda-benda yang jarang terpakai. Karena jarang dipakai itulah, barang jadi dihinggapi debu. Itu yang mengakibatkan bagian atas lemari sering menjadi sarang debu.

Ingin Mempunyai Kamar Yang Tidak Membosankan Ada Dekorasi Dinding Kamar Yang Mudah

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Ingin Mempunyai Kamar Yang Tidak Membosankan Ada Dekorasi Dinding Kamar Yang Mudah

Mempunya kamar yang polos apa tidak bosan? pasti bosan karena hanya itu-itu saja biasanya si bikin kita tidak betah dikamar. Belajar pun rasanya nggak semangat lagi karena jenuh dengan suasana yang itu-itu aja. Daripada dibiarkan polos dan membosankan, coba kamu hias tembokmu dengan berbagai benda yang menarik.

Kamu nggak perlu menyewa interior desainer atau membeli furnitur mahal yang artistik. Tapi kamu bisa coba membuatnya sendiri bahkan dengan budget yang tak seberapa. Yuk, kita intip gimana caranya membuat desain tembok kamar yang keren.

1. Lakban hitam bisa jadi pilihan untuk mendekor tembok kamarmu jadi keren seketika

Desain sederhana yang menarik dan artistik

Punya tembok polos yang bikin kamu bingung mau diapain, kamu nggak perlu pasang wallpaper buat bikin desain simpel dan artistik, lho. Cukup pakai lakban hitam atau isolasi kertas yang berwarna atau apapun bahan yang kalian suka, untuk membuat desain tanda ‘+’ pada salah satu tembok di kamarmu.

Caranya dengan menempelkan dua strip lakban hitam yang sudah kamu gunting pada tembok dengan jarak yang bisa kamu sesuaikan dengan tembokmu. Agar rapi, bisa juga kamu tandai dengan pensil terlebih dahulu sebelumnya agar memudahkanmu pada proses saat menempelkan lakban.

2. Warna gold bisa banget bikin kamarmu jadi keren dan futuristik. Dengan bantuan kertas warna gold kamu bisa motif dekorasi yang menarik

Polkadot berwarna gold di kamarmu

Kamarmu bisa punya suasanya yang lebih fresh dengan sentuhan warna emas di salah satu sisi tembok. Kamu bisa menggunakan kertas tipis berwarna yang banyak tersedia di toko alat tulis. Bentuk setiap bagian kertas dengan menggambar bulatan-bulatan terlebih dahulu, bisa dengan diameter yang kamu inginkan, lalu mengguntingnya sesuai dengan bentuk yang sebelumnya kamu gambar. Jika kertasnya tipis, kamu bisa bagi dengan mengguntingnya jadi bagian-bagian kecil agar lebih mudah dalam menggunting bentuk yang sudah tergambar di kertas.

Bisa juga kamu buat dengan bentuk lain seperti segitiga, lalu tempelkan pada bagian tembok yang kamu inginkan. Hanya saja desain ini bisa membutuhkan kertas yang lebih banyak, sehingga untuk mengakalinya, pakai desain ini pada tembok dengan penampang yang nggak terlalu lebar dan cukup satu sisi saja.

Dekorasi warna emas berbentuk segitiga

3. Manfaatkan kertas tak terpakai dengan motif yang unik. Bentuk dan tempel dengan efek timbul yang bisa kamu buat sendiri dengan mudahHiasan timbul yang bisa bikin tembokmu jadi artistik

Kertas yang bekas makalah atau skripsi yang nggak terpakai, atau kertas partitur musik seperti diatas bisa kamu sulap menjadi dekorasi dinding yang bisa mempercantik dindingmu. Atau kamu bisa juga memakai kertas kado yang saat ini sudah banyak yang mempunyai motif yang bagus dan unik. Caranya yang pertama adalah dengan menggunting kertas bermotif itu menjadi pola yang kamu inginkan, contohnya bentuk hati seperti gambar diatas. Lalu untuk membuatnya timbul, kamu tempelkan kertas yang kamu potong memanjang lalu bentuk menjadi persegi seperti pada gambar. Pastikan semuanya kamu buat dengan bentuk yang sama agar jarak timbulnya jadi merata. Selipkan satu warna polos yang mencolok diantara motif yang ada untuk menambah kesan artistik pada desainmu.

4. Manfaatkan tembok kosongmu untuk memajang foto favorit dengan desain yang nggak biasa agar terlihat beda

Rangkaian foto untuk mempercantik tembokmu dengan berbagai memori indah

Lupakan menghias tembok dengan foto dalam pigura ya, guys. Coba deh kamu lakukan tips ini. Kamu bisa twist penempatan foto kamu dengan menempelkannya langsung di tembok pada bagian yang tidak biasa seperti pojokan ruangan. Variasikan besar kecil fotonya untuk membuat bentuk seperti pada gambar. Efek dari pojokan ruangan juga bisa membuat bentuk hatinya jadi terlihat nyata dengan belahan di tengahnya.

5. Kamu juga bisa memanfaatkan isolasi berwarna atau bermotif sebagai pengganti pigura

Isolasi untuk membuat pigura foto yang nggak biasa

Punya tembok kosong siatas meja belajarmu atau tempat tidurmu? Kamu hias dengan tips ini. Pasang foto favoritmu di tembok dengan menggunakan isolasi berwarna yang bisa kamu beli di toko alat tulis. Pilih lah isolasi dengan warna maupun motof yang kamu suka. Kamu bisa mengkreasikannya dengan membetuknya menjadi pengganti pigura yang bisa mempercantik pajangan fotomu.

6. Buat kupu-kupu beterbangan di tembok kamarmu. Ciptakan mereka dari kertas manila berwarna dan cetakan kupu-kupu yang sudah kamu buat sebelumnya

Kupu-kupu di tembok

Salah satu cara ini bisa bnaget kamu coba untuk mempercantik tembok kamarmu yang kosong. Isi saja dengan kupu-kupu yang beterbangan seperti gambar diatas. Jika kamu merasa nggak bisa gambar bentuk ini, kamu bisa membuat cetakannya terlebih dahulu di komputer lalu kamu print. Cetakan ini bisa kamu bikin dengan berbagai ukuran yang bervariasai. Setelahnya kamu bisa membuatnya menggunakan kertas manila yang berwarna sesuai dengan seleramu. Buat saja yang banyak lalu kamu tempelkan dengan double-tip di bagian tembok yang kamu inginkan.

7. Buat tembokmu jadi berbunga menggunakan karton bekas tisu toilet yang telah digunting-gunting

Jangan buru-buru membuang kertas karton bekas tisu toiletmu. Kamu juga bisa membuat dekorasi cantik dari kertas ini. Caranya dengan menggunting-guntingnya dengan ketebalan yang sama sampai sebanyak yang kamu inginkan. Lalu kamu satukan menjadi bentuk bunga yang masing-masingnya terdiri dari lima guntingan kertas karton. Kamu pun bisa mewarnainya dengan cat jika mau. Setelah dirasa kamu telah membuat dalam jumlah yang cukup untuk mendekorasi kamarmu, kamu pun bisa menyatukannya menjadi rangkaian yang kamu sukai. Bisa berbentuk rangkaian horizontak maupun vertikal. Atau kamu juga bisa menyebarnya di seluruh bagian salah satu tembok kamarmu.

Hari Valentine? Ada Dekorasi Yang Cocok Nih Saat Valentine

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Hari Valentine? Ada Dekorasi Yang Cocok Nih Saat Valentine

 

Dekorasi rumah ala valentine? Siapa si yang ngga tau valentine? Valentine merupakan moment yang spesial pada bulan ferbuari tepatnya tanggal 14,Valentine biasa juga disebut hari kasih sayang dan pada momen inilah ungkapan cinta sering diutarakan.

Tak hanya mengungkapkan cinta, hadiah pun disiapkan. Selain memberikan bunga atau coklat, ada hal lain yang bisa dijadikan sebagai hadiah, yaitu mendekorasi rumah bertemakan valentine!

Alat dan Bahan:

undefined
Bunga mawar berbeda warna

Gunting

Selotip bermotif atau selotip berwarna-warni

Langkah pengerjaan:

Langkah 1

Pilih dinding yang akan dihias dan bersihkan dari debu.

undefined

Langkah 2

Setelahnya, siapkan mawar dan gunting batang mawar dengan ketinggian yang berbeda. Ini dimaksudkan untuk memberikan harmoni pada dinding nantinya.

Langkah 3

Rekatkan mawar di dinding dengan selotip warna-warni. Susun secara vertikal hingga dinding tertutupi mawar. Yap, dinding penuh bunga untuk valentine pun siap! Ini bisa menjadi tempat romantis untuk makan malam bersama pasangan!

undefined

Jangan lupakan tip ini:

1.  Kalian bebas memilih bunga yang akan dijadikan sebagai dekorasi rumah. Baik bunga sungguhan maupun bunga artifisial.

2.  Jika memilih bunga sungguhan, harus semprot bunga dengan air agar selalu terlihat fresh.

3.  Jika membeli bunga sebelum digunakan untuk hari-H, ada baiknya bunga diletakkan di vas yang terisi air dingin.

4.  Pilih batang bunga yang lurus agar tak sulit dalam menyusunnya.

 

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline