kamar tidur

Mencerdaskan Otak di Kamar Tidur? Yuk Simak Artikel Ini

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Mencerdaskan Otak di Kamar Tidur? Yuk Simak Artikel Ini

Kamar tidur? Menurutmu apa arti kamar tidur buat kamu? Mungkin yang palig umum dipikirkan adalah kamar tidur hanya tempat merebahkan diri saja. Padahal kamar tidur cuma bukan menginstirahatkan agar badan dapat fit, sebenarnya yang paling penting adalah mengistirahatakan badan agar dapat berkarya lebih baik di esok hari.

Nyatanya nggak sulit kok untuk mengubah kamarmu menjadi ruangan yang memicumu menjadi pribadi yang lebih rajin dan bersemangat. Ada banyak caranya kok dan pastinya bisa diwujudkan dengan budget yang terjangkau, untuk ukuran anak kos sekalipun. Berikut ini 8 cara sederhana untuk menyulap kamarmu menjadi ruangan yang bakal bikin kamu tambah semangat menyambut hari!

1. Biar sepulang beraktivitas kamu merasa tersambut, hiasi pojok kamar dengan pewangi alami biar wangi menyebar dan mood positif terpancar

Taruh potpourri di sudut kamar kosanmu.

Taruh potpourri di sudut kamar kosanmu.

Kamu tentu nggak mau ‘kan kalau begitu buka pintu kamar langsung disambut dengan bau yang nggak sedap? Karenanya sempatkan dirimu untuk menaruh pewangi alami di sudut ruangan, seperti potpourri (dari bunga, buah, dan dedaunan kering) misalnya. Pun, kalau kamu lebih suka yang praktis, bisa menaruh pewangi kemasan di sudut ruang. Tinggal kamu pilih aja wewangian yang kamu suka, green tea, melati, lavender, atau orange yang menyegarkan. Jika kamarmu harum, maka mood positif pun bakal terpancar.

2. Sisakan ruang untuk menyimpan rak buku dan majalah. Supaya waktu luang diisi dengan membaca

Atau kamu bisa pilih rak buku mini seperti ini yang nggak makan tempat.

Atau kamu bisa pilih rak buku mini seperti ini yang nggak makan tempat.

Buat kamu yang hobi baca buku, tata rapi tumpukan bukumu dalam rak kayu. Sementara kamu yang nggak punya hobi baca, bisa menyelipkan majalah fashion atau travel dalam rak. Menyelipkan rak buku dalam kamar kos, tak akan memakan tempat kok. Kamu bisa pilih rak buku kayu yang tingginya sekitar 60 cm.

3. Jangan biarkan dinding kosan kosong melompong, hiasi dengan segudang rencana dan target kerja. Dengan begitu kamu nggak bisa leha-leha

Pajang mimpi-mimpimu di dinding kamar kosmu.

Pajang mimpi-mimpimu di dinding kamar kosmu.

Tujuannya bukan untuk mengotori dinding kamar, tapi memungkinkanmu untuk jadi pribadi yang lebih produktif dan kreatif. Kamu bisa mengisi dinding kosanmu dengan sticky note berisi agenda atau mimpi-mimpimu di masa depan. Biar kamu tambah bersemangat, hiasi dinding kamar kosmu dengan wall sticker unyu. Jadi, ketika memandang dinding kosmu penuh dengan agenda dan mimpi, kamu pun jadi terpacu untuk belajar dan bekerja dengan lebih baik lagi.

P.S: menggantung kartu pos dengan tali unyu di dinding kamar juga bisa boleh banget. Biar mimpimu untuk ke luar negeri segera kamu wujudukan.

4. Buat kamu para cewek yang hobi make up, tata rapih alat make up yang mulai berantakan. Siapa tahu kamu terinspirasi untuk bikin blog kecantikan

Kalau rapi gini kan lebih enak dilihat.

Kalau rapi gini kan lebih enak dilihat.

Sebagian kamu kadang suka menaruh alat make up sekenanya. Jadilah alat make up berantakan di atas meja. Kadang hanya sekadar membeli namun belum sempat terpakai. Padahal, kalau kamu jeli dalam memanfaatkan peluang, kamu berpotensi untuk berkarya dengan alat-alat make up tersebut. Misalnya saja dengan memanfaatkan alat make up-mu yang menumpuk di atas meja dengan membikin blog kecantikan.

5. Biar kamu tetap bisa dapet hiburan yang bermanfaat, jangan lupa selipkan peralatan merajut (buat cewek) dan rubik (cowok) di atas meja belajar

Biar mengisi waktu luang dengan merajut.

Biar mengisi waktu luang dengan merajut.

Kamu bisa menyulap kamar kosmu jadi ruangan yang memicu untuk jadi pribadi yang kreatif. Caranya adalah dengan menyelipkan permainan yang mengasah otak seperti rubik atau alat seperangkat alat untuk merajut. Nggak salah nih merajut? Yup, merajut nggak hanya melatih kesabaran, tapi juga mampu melatih kreativitas. Biar waktu luangmu di kosan nggak sekadar ajang leha-leha, baiknya diisi dengan kegiatan yang produktif, seperti merajut atau game yang mengasah otak – rubik tadi.

6. Nggak cuma wawasan dan skill yang ditambah, aktifitas fisik juga sama pentingnya. Selipkan mini barbel di sudut kamar biar kamu rajin olahraga

Biar kamu bisa berolahraga di kamar kosan.

Biar kamu bisa berolahraga di kamar kosan.

Kamu bisa beli barbel kecil ukuran 1 atau 3 kg dan kamu taruh di kosan. Harganya nggak mahal kok, rentangnya dari mulai Rp 20 ribuan (plastik) hingga Rp 100 ribuan. Biar di pagi hari saat akan ke kantor atau kampus, kamu bisa menyempatkan diri untuk olahraga ringan dulu sebelumnya. Sebab dengan rajin berolahraga, tubuh yang sehat pun didapat. Kalau tubuhmu sehat, maka produktivitasmu pun akan meningkat.

7. Perhatikan susunan baju dalam lemari, jangan sampai berantakan nggak karuan. Pastikan gantung dengan rapi baju yang bakal dipakai untuk Senin pagi. Ini bakal bikin kamu tambah semangat beraktivitas

Gantung baju yang bakal dipakai untuk Senin besok.

Coba deh bayangin kalau saat Senin pagi kamu buka lemari bermaksud untuk mengenakan pakaian, ternyata pakaian dalam lemarimu berantakan. Dapat dipastikan mood-mu bakal turun dan mendadak bête. Nah, biar nggak kejadian, baiknya sedari Minggu sore kamu pastikan kalau isi lemarimu tertata rapi. Selain itu, gantunglah pakaian yang bakal kamu kenakan pada Senin pagi di paku yang menancap pada dinding kosan. Supaya saat akan berangkat kerja atau kuliah, segalanya udah siap dan kamu pun makin semangat mengawali hari.

8. Pastikan juga kamar kosmu nyaman untuk beribadah, menjalin hubungan baik dengan Tuhan melancarkan jalanmu menuju kesuksesan

Nah, kalau kayak gini 'kan nyaman untuk berdoa dan beribadah.

Nah, kalau kayak gini ‘kan nyaman untuk berdoa dan beribadah.

Ini juga nggak kalah pentingnya, kebersihan kamar kosan harus tetap terjaga demi kenyamanan dalam beristirahat dan beribadah. Sebab jika kamar kosmu bersih dan nyaman, beribadah pun jadi tambah rajin dan khusyuk. Kalau ibadahmu baik, maka hubunganmu dengan Tuhan semakin dekat sehingga jalanmu menuju kesuksesan pun bakal dilancarkan.

Memilih Warna Cat Kamar Tidur Anak

Categories: Tags: , , , ,

Mengekspresikan kepribadian dan imajinasi anak-anak biasanya melalui kamar tidurnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, kadang-kadang yang dibutuhkan adalah warna yang tepat untuk dinding kamar tidur mereka dan sedikit sentuhan kreativitas.

Seorang ahli desain, DeAnna Radaj, pemilik dari “Bante Design” di Charlotte, North Carolina, memberikan beberapa tips pada anda mengenai beberapa pilihan warna cat kamar tidur anak anda.

Beberapa Pilihan Warna Cat Kamar Tidur Anak

Hijau

Tambahkan sentuhan alam untuk kamar tidur anak anda dengan warna hijau. Menurut Radaj, warna hijau dinilai cocok untuk diterapkan di kamar tidur anak anda karena bisa bersinergi dengan warna lainnya. Menggunakan warna hijau sebagai warna primer atau sekunder dalam bagian warna kamar tidur anak adalah langkah yang brilian, dan akan membantu anak untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Putih

Putih memberikan nuansa cerah, bisa membantu membuat ruangan tampak lebih luas dan sangat bagus untuk diterapkan dalam kamar tidur yang tidak terlalu besar. Namun demikian anda harus berhati-hati jika ingin mensinergikan warna putih dengan skema warna rumah anda secara keseluruhan. Radaj menyarankan untuk menggunakan putih sebagai warna sekunder atau warna aksen saja.

Biru

Lewat sudah anggapan yang mengatakan bahwa warna biru hanya untuk laki-laki. Dewasa ini, anda dapat menggunakan warna biru sebagai warna primer, sekunder, atau sebagai warna aksen baik untuk kamar tidur anak laki-laki maupun perempuan. Radaj suka menggunakan warna biru untuk menyoroti area belajar atau kamar tidur dengan karpet berwarna biru. Sebagai alternatif, alih-alih mengecat dinding dengan warna biru secara keseluruhan, ia lebih menyarankan untuk menggunakan warna biru hanya sebagai warna pencerah saja.

Cokelat atau Tan

Sebagai bagian dari corak bumi, warna cokelat atau tan dapat digunakan dalam setiap ruangan. Namun warna ini akan sempurna bila diterapkan sebagai warna aksen atau sekunder di kamar tidur anak anda. Untuk menghindari warna yang monoton, Radaj menyarankan untuk mensinergikan warna cokelat ataupun tan dengan warna-warna cerah lainnya seperti hijau, putih, atau merah muda.

Ungu

Warna ungu juga merupakan warna yang ideal untuk diterapkan sebagai warna cat kamar tidur anak anda. Radaj sendiri secara pribadi sangat suka memasangkan warna ungu dengan warna hijau, menurutnya dua warna ini menggambarkan kelimpahan dan pertumbuhan sehingga cocok buat anak-anak yang memang sedang dalam masa pertumbuhan.

Merah muda (Pink)

Sama seperti halnya warna biru yang sudah tidak identik lagi dengan anak laki-laki, warna merah muda pun juga demikian, tidak lagi identik dengan anak perempuan. Warna cerah ini memberikan perasaan yang menyenangkan dan dapat diterapkan sebagai warna dasar atau primer untuk kamar tidur anak anda. Bisa juga diterapkan sebagai warna sekunder atau aksen untuk memberikan sentuhan kecerahan. “Saya suka warna ini bersinergi dengan warna hijau, putih, dan cokelat untuk diterapkan sebagai warna cat kamar tidur anak”, ujar Radaj.

Pirus (turquoise)

Warna pirus atau biru kehijauan memberikan perasaan tenang dan damai, sehingga cocok untuk diterapkan di kamar tidur anak. “Cobalah warna pirus sebagai satu-satunya warna untuk diterapkan di kamar tidur anak, atau anda juga bisa menggabungkannya dengan warna merah muda, cokelat, biru, atau putih”, ujar Radaj. “Warna ini juga merupakan warna yang baik untuk digunakan sebagai warna transisi sebagaimana anak anda yang semakin tumbuh dewasa”, imbuhnya.

Abu-abu

Jika menurut anda warna putih terlalu terang untuk diterapkan di kamar anak, sebagai alternatifnya anda bisa memilih warna abu-abu. Menurut Radaj, Warna ini cocok untuk diterapkan sebagai warna sekunder. Warna abu-abu akan bersinergi dan menyatu dengan perabotan-perabotan yang ada di rumah anda.

Magenta

Warna magenta adalah warna yang cerah dan kuat. Sangat sempurna bila diterapkan sebagai warna aksen maupun sekunder. Radaj mengatakan bahwa warna ini bisa dipasangkan dengan warna lainnya seperti biru, hijau, ungu, atau bahkan cokelat. “Warna ini terlihat indah untuk diterapkan sebagai warna cat kamar tidur anak”, ujarnya.

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline
WhatsApp chat