garansi bangun

Mengoptimalkan Pencahayaan Pada Hunian

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Mengoptimalkan Pencahayaan Pada Hunian

Sebuah hunian tentu tidak akan lengkap tanpa desain tata pencahayaan yang tepat. Fungsi dari sebuah tata pencahayaan adalah selain untuk membantu penglihatan kita pada saat beraktivitas di rumah pada saat malam hari, tata pencahayaan juga bisa berfungsi untuk menciptakan suatu kesan, ambiance atau suasana tertentu sesuai dengan keinginan kalian.

Nah, Rooang akan berikan sedikit tips dan triknya, untuk membuat tata pencahayaan yang optimal pada hunian!

Tentukan dulu denahnya

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat tata pencahayaan yang baik dan optimal adalah membuat dulu denahnya! Denah yang dimaksud adalah denah tata pencahayaan (lighting floor plan). Denah ini sangat penting, sobat! Karena di dalam gambar rencana denah tata pencahayaan, sobat Rooang bisa menentukan suasana atau ambiance apa yang ingin ditampilkan di setiap ruangan (ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi, dapur), bagian atau spot mana saja yang ingin ditonjolkan pada setiap ruangan, dan tentunya dengan mempertimbangkan konsep interior, pemilihan material furnitur serta pemilihan warna dinding.

Pilihlah jenis lampu yang tepat

Langkah berikutnya yang harus dilakukan oleh sobat Rooang adalah memilih jenis lampu yang tepat! Jangan main asal membeli sobat, hanya karena model lampu tersebut sedang tren! Karena bisa jadi sobat Rooang malah melakukan hal yang sia-sia. Jenis lampu yang dipilih haruslah diiringi pertimbangan tentang beberapa hal berikut ini:

  • besarnya watt
  • ambiance apa yang ingin diciptakan (jenis lampu hangat yang berwarna kuning atau jenis lampu dingin yang berwarna biru atau putih)
  • pilih lampu hemat energi
  • lampu akan menjadi vocal point atau sebagai pelengkap fungsional

Pastikan lampu berfungsi optimal

Pastikan tata pencahayaan yang sudah sobat Rooang rencanakan berfungsi dengan optimal! Misalnya pada area dapur yang membutuhkan tata pencahayaan yang optimal pada kitchen stove maka sobat harus meletakkan lampu di sana agar bermanfaat dan dapat sobat Rooang gunakan secara optimal.

Sedangkan untuk lampu pada ruang membaca, sobat Rooang harus menggunakan lampu yang berjenis ceiling downlight lamp atau lampu dinding yang memancarkan sinarnya ke arah bawah agar memudahkan untuk membaca.

Tentukan spot favorit untuk menjadi vocal point

Setiap hunian atau rumah pasti ada sebuah ruangan atau spot yang menjadi vocal pointVocal point pun bisa dilihat dari berbagai aspek. Lampu atau tata pencahayaan juga bisa sobat Rooang jadikan vocal point pada hunian, lho!

Biasanya jenis lampu yang dijadikan sebagai vocal point di sebuah ruangan adalah jenis lampu yang memiliki desain unik dan nyentrik seperti yang tersebut pada gambar!

Yuk Buat Pengharum Kamar Kos Sendiri, Murah Dan Mudah

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Yuk Buat Pengharum Kamar Kos Sendiri, Murah Dan Mudah

Siapa yang disini termasuk anak kos bagaimana bau kos kamu? apakah bau atau wangi tapi biasanya, kamar kost itu biasanya identik dengan bau keringat, makanan, dan bebauan lainnya yang bikin makin sumpek, padahal kamu ingin istirahat atau menyelesaikan pekerjaan yang tertunda? Pengharum ruangan mungkin akan menyelamatkanmu, tapi sayangnya pengharum ruangan yang kamu beli di toko-toko mengandung bahan kimia berbahaya, lho!

Jadi lebih baik kamu bikin sendiri pengharum ruangan yang harumnya nggak kalah dari produk toko, tapi aman buat kamu hirup sepuasnya.

1. Biasa kamu kenal sebagai salah satu lalapan, kemangi ternyata punya wangi yang luar biasa ketika dicampur dengan lemon

campuran lemon & kemangi

Sebelum membuatnya, sediakan botol semprot (dengan ukuran sesuai kebutuhan), penyaring teh, dan corong dulu ya, guys! Gini nih caranya…

Bahan:

3/4 cangkir air matang

1/2 cangkir air mentah

4 sdm kemangi kering

1 sdm alkohol

5 tetes minyak lemon esensial

Cara membuat:

1. Didihkan 1/2 cangkir air dalam panci kecil, masukkan kemangi kering dan diamkan selama beberapa menit.

2. Masukkan campuran air dan kemangi ke dari panci sebelumnya menggunakan corong dan penyaring ke dalam botol semprot.

3. Tambahkan air matang, alkohol dan minyak esensial. Kocok hingga merata, lalu semprotkan!

Bye-bye deh sama bau apek dan asem di kamar kost-mu!

2. Kekuatan baking soda untuk menghilangkan bau tidak sedap memang nggak ada duanya, tinggal tambahin minyak esensial (minyak astiri) aja

baking soda & minyak esensial

Baking soda sudah lama dikenal bisa menghilangkan bau lemari es, ternyata bisa menghilangkan bau tidak sedap lainnya di ruanganmu juga. Wah, gimana cara buatnya, ya?

Bahan:

1/2 cangkir baking soda

8-12 tetes minyak esensial (bau sesuai selera)

Toples bekas selai, kertas memo dan jarum

Cara membuat:

1. Tuangkan baking soda ke dalam toples selai, lalu teteskan minyak esensial.

2. Tutup toples dengan kertas memo yang sudah ditusuki jarum agar baunya bisa keluar. Kamu bisa juga menggunakan bahan penutup seperti pada gambar kalau ada.

Cari baking soda nggak susah, kok. Di supermarket atau toko roti juga ada.

3. Harumnya bunga-bungaan pun bisa kamu gunakan sebagai pengharum ruangan, apalagi jika dikeringkan

bunga-bungaan kering

bunga-bungaan kering

Di luar negeri, bunga-bunga kering ini dikenal dengan nama potpourri. Bagaimana cara membuatnya?

  • Cukup gantung bunga kesukaanmu beserta dengan tangkainya selama beberapa minggu sampai kering
  • Setelah itu masukkan ke dalam wadah dan teteskan minyak esensial, tutup wadah hingga beberapa minggu agar minyak terserap
  • Saat kamu ingin menggunakannya, tinggal buka wadahnya aja.

4. Wanginya parfum akan semakin kuat saat dicampur dengan bau alami kayu, nggak percaya? Cobain aja!

Scented Wood Blocks

Cara bikinnya super gampang!

  • Yang pertama tentu kamu harus punya potongan balok-balok kayu kecil seperti ini
  • Oleskan, semprotkan, atau bahkan rendam balok-balok ini dalam parfum
  • Kalaupun direndam nggak perlu banyak-banyak parfumnya
  • Kamu bisa meletakannya di botol lalu kocok agar parfum merata
  • Lalu, cium deh! Baunya lebih wangi dan bisa menjangkau seluruh ruang

5. Yang paling terkenal nih, lilin kulit jeruk yang baunya bikin kamu betah nggak pengen ke luar kamar lagi!

Orange Peel Candles
orange peel candle

Siapa sih yang menyangkal harum dan segarnya jeruk? Meski hanya dibutuhkan kulitnya, pengharum ruangan alami ini diyakini mampu membuat seluruh ruanganmu jadi wangi, sekaligus segar berhari-hari.

  • Potong jeruk menjadi setengah dengan pisau, hati-hati jangan sampai merusak jeruknya
  • Ambil jeruk menggunakan sendok atau garpu, jangan sampai lapisan putih di kulit jeruk ikut terangkat
  • Tuangkan minyak zaitun atau minyak sayur biasa
  • Biarkan selama 45 menit dan nyalakan api menggunakan pemantik api.

6. Perpaduan lilin dan kayu manis membuat bau ruanganmu serasa di spa-spa bintang lima

cinnamon candle

cinnamon candle

Kalau kamu pernah pergi ke spa atau tempat pijat kelas bintang lima, bau-bau harum rempah pasti sering kamu cium bukan? Nah, sekarang kamu bisa membuatnya sendiri, lho!

  • Siapkan lilin berukuran besar
  • Potong kayu manis sesuai dengan tinggi lilin menggunakan gunting bunga
  • Tempelkan kayu manis pada lilin menggunakan lem tembak atau susun dan ikat seperti pada gambar
  • Nyalakan lilin dan rasakan sensasi keharuman luar biasa!

Tips Mengatasi Pojok Dapur Yang Sempit

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tips Mengatasi Pojok Dapur Yang Sempit

Bagaimana dengan dapur anda? Sempit? Tanggapan Anda Bagaimana? Dapur yang sempit biasanya menjadi permasalahan yang cukup serius yang suka menghabiskan waktu di area dapur. Sebab untuk orang yang sangat suka memasak, area dapur seolah menjadi area yang paling penting di dalam rumah selain kamar tidur. Sehingga akan sangat mengganggu sekali, jika area dapur tersebut tidak didesain dengan maksimal, apalagi jika ukuran dapur tersebut sempit. Nah untuk mengatasi hal tersebut,  tips dan trik bagaimana cara mengatasi sudut atau pojok dapur yang berukuran sempit, berikut ini :

Pintu rak tersembunyi

Cara mengatasi pojok dapur yang sempit pada hunian bisa dengan cara membuat pintu rak tersembunyi dibalik dinding atau lemari.

Dengan mendesain pintu rak tersembunyi yang juga, didesain menyerupai lemari penyimpanan dengan sekat-sekat maka area dapur yang sempit bisa langsung teratasi. Dan permasalahan pojok dapur yang kerap digunakan untuk menyembunyikan barang-barang sisa atau tidak terpakai, kini tidak akan ada lagi.

Tambahkan rak berjalan

Kalau pojok dapur yang sempit tidak memungkinkan untuk dibuat menjadi sebuah lemari dinding tersembunyi, maka tambahkan saja rak berjalan.

Dengan adanya rak berjalan ini, tidak akan ada lagi membuat sobat Rooang kesusahan untuk mengatur pojok area dapur sebab, rak berjalan ini bisa diletakkan dimana saja. Dan rak berjalan juga praktis dan sangat memudahkan sobat Rooang, sebab bisa langsung sobat tarik ke area sobat Rooang membutuhkan!

Maksimalkan penyimpanan bagian atas

Jika memang ukuran dapur yang sobat Rooang miliki sempit dan terbatas, maka jangan lagi memkasa untuk membuat tempat penyimpanan di bagian bawah! Pindahkan dan manfaatkan bagian atas area dapur untuk mengatasi terbatasnya ruang gerak sobat dalam beraktivitas di dapur.

Gunakan kulkas dengan baik

Karena sebuah kulkas adalah salah satu perangkat dapur yang penting jadi tidak mungkin jika kulkas dihilangkan dari dalam dapur. Justru yang harus sobat Rooang lakukan adalah menggunakan kulkas yang tersedia dengan baik dan maksimal! Caranya adalah dengan memanfaatkan area samping kiri, kanan dan bagian atas kulkas untuk menyimpan benda-benda peralatan dapur lainnya.

Dekorasi Rumah Dengan Karpet

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Dekorasi Rumah Dengan Karpet

Apa yang ada pikirkan jika mendengar kata karpet sebagai penutup lantai? tetapi karpet juga dapat memberikan perlindungan terhadap jatuhnya benda-benda keras ke atas lantai kayu (parquet), keramik, atau marmer. Karpet juga dapat menjadi penghias ruangan yang cantik di ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, atau tempat bersantai lainnya di rumah. Warna, motif, dan bahannya dapat menjadi focal point dalam ruangan. Penggunaan karpet tentunya dapat menambah kenyamanan kaki saat sedang berjalan atau beraktivitas. Sebuah ruangan juga dapat terlihat lebih istimewa dan berbeda dengan tampilan ruang lainnya.

1. Polypropylene

Untuk Anda yang memiliki budget terbatas, karpet ini bisa Anda jadikan pilihan. Karpet ini terbuat dari bahan sintetis dengan tekstur yang halus. Karpet ini juga dapat dibersihkan dengan air. Sayangnya, benang dari karpet ini mudah lepas, warna mudah pudar, dan lebih tipis dibandingkan karpet lainnya.

Karpet nilon (Sumber: www.archiexpo.com)

2. Nilon

Karpet ini sangat mudah dalam perawatan dan mudah diganti per bagian bila ada kerusakan. Karpet ini banyak digunakan di perkantoran karena biayanya yang murah. Apabila berpindah lokasi, karpet ini juga mudah dipindahkan. Karpet ini terbuat dari plastik sehingga mudah dicuci dengan air.

Karpet sisal (Sumber: www.inspirasiku.net)

3. Sisal

Karpet ini tidak bisa dicuci dengan air karena memiliki struktur yang kasar dan mudah mengembang, untuk membersihkannya cukup menggunakan penyedot debu. Karpet ini biasanya digunakan untuk melapisi seluruh lantai dalam satu ruangan atau tangga rumah supaya tidak licin.

Karpet viscose (Sumber: www.aliexpress.com)

4. Viskose

Bahan karpet ini adalah bahan buatan yang menyerupai sutra atau sutra sintesis. Jika Anda memiliki budget terbatas, tetapi tetap ingin karpet lantai dengan bahan yang halus dan warna yang cantik, Anda bisa memilih karpet ini.

Karpet sutra (Sumber: jualkarpetkarakter.wordpress.com)

Karpet sutra dapat membuat rumah menjadi lebih mewah dan nyaman. Kehalusannya yang tinggi dan keindahan warna yang dimilikinya mampu memberikan kenyamanan pada rumah.

Karpet wol (Sumber: griyaria.com)

6. Wol

Ketebalannya menjadikan karpet berbahan wol lebih awet dan tahan lama. Lakukan perawatan karpet wol dengan menggunakan vacuum cleaner atau jasa cuci dry clean.

Karpet kulit (Sumber: www.aliexpress.com)

7. Kulit

Bahan organik yang satu ini memang memiliki kualitas dan manfaat yang tidak diragukan lagi. Teksturnya yang lembut dan rasa kehangatan yang diberikan menjadikan karpet ini banyak digunakan. Hati-hati dalam penempatan karpet lantai kulit, jauhkan dari tempat yang mudah terkena noda karena kotoran mudah menempel di karpet lantai kulit dan karpet lantai kulit cukup sulit dibersihkan.

Karpet (Sumber: edisusilo.com)
  • Dapat memberikan kenyamanan dan kehangatan pada ruangan
  • Mengurangi efek benturan saat terjatuh sehingga cocok digunakan untuk Anda yang memiliki bayi atau anak kecil di rumah
  • Bersifat sebagai peredam suara sehingga mengurangi tingkat kebisingan

Kekurangan Karpet

  • Harus sering dibersihkan karena menjadi tempat bersarang debu
  • Cara membersihkan perlu dengan peralatan khusus, seperti jasa pembersih karpet atau dengan alat penyedot debu
Penggunaan karpet di kamar tidur (Sumber: www.the2001carpethouse.com)

Tahapan Pemasangan Karpet

  1. Periksa apakah lantai sudah rata. Lantai yang tidak rata bisa menyebabkan permukaan karpet kurang rata.
  2. Perhatikan pola pemasangan karpet. Penyesuain pola pabrikan karpet dan denah ruangan perlu diperhatikan terlebih dahulu.
  3. Perhatikan kebersihan lantai. Kebersihan lantai erat kaitannya dengan lengket atau tidaknya lem yang akan digunakan. Sapu dan pel terlebih dahulu lantai yang akan dipasangi karpet.
  4. Persiapan pemasangan. Untuk pemakaian karpet rol, under layer perlu dipasang terlebih dahulu.
  5. Pemasangan karpet. Karpet dipasang sesuai pola yang telah ditentukan dan diaplikasikan di lapangan.
  6. Periksa pemasangan dan pembersihan lantai. Periksa kerapihan pemasangan karpet terutama pada perbatasan karpet dan list, kemungkinan gelembung, serta sambungan dengan heatbond tape.

Jika telah selesai dengan sempurna, lakukan finishing dengan vacuum cleaner.

Penggunaan karpet di ruang tamu (Sumber: www.behac.com)

Mengenai Harga Karpet

Harga karpet yang ada di pasaran sangat bervariasi, tergantung dari toko, ukuran, bahan, jenis karpet, dan lain-lain. Mungkin Anda dapat membanding-bandingkan harga karpet pilihan Anda di beberapa toko sebelum membeli karena satu jenis karpet yang sama harganya dapat berbeda-beda di berbagai toko. Sebaiknya Anda langsung datang ke tempat penjual karpet untuk melihat sendiri bahan dari karpet yang ingin Anda beli agar tidak menyesal nantinya.

Sentuhan Rumah Baru Anda Yang Dapat Dicoba

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

 

Sentuhan Rumah Baru Anda Yang Dapat Dicoba

Senang sekali rasanya memiliki rumah baru meskipun tidak selalu mudah dalam meninggalkan rumah lama karena suasananya. Namun, selalu ada solusi positif untuk persoalan itu. Anda selalu dapat mengkesplorasi hunian baru agar rasa betah bisa kembali tercipta. Jangan ragu untuk membebaskan diri dalam mengekspresikan tips di bawah ini sesuai selera Anda.

1. Cat Pintu Depan

Melakukan perubahan warna pada pintu depan rumah merupakan usaha yang tidak begitu rumit, tetapi memiliki efek yang cukup besar dalam membentuk suasana. Anda dapat mengecat pintu dengan warna yang sama dengan pintu rumah lama atas nama nostalgia.

Melakukan perubahan warna pada pintu depan rumah merupakan usaha yang tidak begitu rumit, tetapi memiliki efek yang cukup besar dalam membentuk suasana. Anda dapat mengecat pintu dengan warna yang sama dengan pintu rumah lama atas nama nostalgia.

2. Gantungkan Foto-Foto Keluarga

Untuk menumbuhkan kesan homey di rumah baru, tidak ada cara yang paling ampuh dan personal selain menggantungkan berbagai foto keluarga. Jika Anda enggan memaku dan membuat lubang dinding, Anda dapat menggunakan selotip khusus bingkai foto atau picture-hanging strips.

Untuk menumbuhkan kesan homey di rumah baru, tidak ada cara yang paling ampuh dan personal selain menggantungkan berbagai foto keluarga. Jika Anda enggan memaku dan membuat lubang dinding, Anda dapat menggunakan selotip khusus bingkai foto atau picture-hanging strips.

3. Wallpaper di Wastafel

3. Wallpaper di Wastafel

Jika Anda memiliki wastafel di rumah, area itu bisa dieksplorasi agar suasans menjadi hidup, dengan menempelkan wallpaper yang sesuai dengan selera Anda. Jika Anda berniat memasang di kamar mandi juga, usahakan agar wallpaper dipasang di daerah yang paling sedikit terkena air dan bahannya anti lembab

Jika Anda memiliki wastafel di rumah, area itu bisa dieksplorasi agar suasans menjadi hidup, dengan menempelkan wallpaper yang sesuai dengan selera Anda. Jika Anda berniat memasang di kamar mandi juga, usahakan agar wallpaper dipasang di daerah yang paling sedikit terkena air dan bahannya anti lembab

4. Karpet Berbulu Halus

Karpet berbulu halus selalu menjadi pilihan tepat untuk kenyamanan tingkat tinggi apalagi di Indonesia yang terbiasa telanjang kaki di dalam rumah. Jika Anda khawatir karpet tersebut kotor, pasanglah di tempat yang jauh dari pintu masuk atau yang sering menjadi tempat lalu-lalang.

Karpet berbulu halus selalu menjadi pilihan tepat untuk kenyamanan tingkat tinggi apalagi di Indonesia yang terbiasa telanjang kaki di dalam rumah. Jika Anda khawatir karpet tersebut kotor, pasanglah di tempat yang jauh dari pintu masuk atau yang sering menjadi tempat lalu-lalang.

5. Gantungkan Karya Seni Ukuran Besar

Tempatkan karya seni berukuran besar di tempat-tempat yang menjadi pusat kegiatan rumah seperti ruang keluarga. Skala ukuran yang besar tersebut dapat memberikan suasana tersendiri pada rumah. Anda tidak harus menggunakan karya seni yang harganya selangit, cukup sesuatu yang sesuai dengan selera Anda.

Tempatkan karya seni berukuran besar di tempat-tempat yang menjadi pusat kegiatan rumah seperti ruang keluarga. Skala ukuran yang besar tersebut dapat memberikan suasana tersendiri pada rumah. Anda tidak harus menggunakan karya seni yang harganya selangit, cukup sesuatu yang sesuai dengan selera Anda.

6. Gantungan Kunci

Hal kecil yang berdampak besar adalah gantungan kunci. Selain membuat kunci-kunci lebih tersusun rapi, gantungan kunci juga dapat mencegah lupa atau kehilangan kunci. Desain gantungan kunci yang menarik juga dapat memberikan suasana nyaman tersendiri. Apa yang biasanya Anda lakukan untuk membuat hunian baru lebih nyaman?

Hal kecil yang berdampak besar adalah gantungan kunci. Selain membuat kunci-kunci lebih tersusun rapi, gantungan kunci juga dapat mencegah lupa atau kehilangan kunci. Desain gantungan kunci yang menarik juga dapat memberikan suasana nyaman tersendiri. Apa yang biasanya Anda lakukan untuk membuat hunian baru lebih nyaman?

Menentukan Pagar Yang Cocok Untuk Rumah Anda

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Menentukan Pagar Yang Cocok Untuk Rumah Anda

Jika rumah anda ingin memiliki pagar kita harus menentukan modelnya memang tidak mudah, baik dari segi modelnya ataupun bahan yang digunakan. Pasalnya memang ada banyak sekali model pagar yang banyak ditawarkan misalnya pagar besi minimalis, modern atau klasik selain itu ada juga yang terbuat dari kayu dan batu alam yang banyak diminati oleh banyak orang.

Namun sebaiknya berhati-hati dalam memilih karena jika salah dalam menentukan pilihan pagar, maka ini bisa berdampak buruk pada hasil yang bisa didapatkan nantinya. Agar bisa membantu anda dalam memilih dan menentukan pilihan pagar yang cocok untuk rumah anda, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan dan diaplikasikan untuk mendapatkan pilihan model pagar terbaik.

1. Lihat Keseluruhan Desain Bangunan Rumah

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menentukan model pagar yang bagus adalah dengan melihat secara keseluruhan desain dari bangunan rumah anda. Setiap model desain bangunan rumah akan menentukan jenis pagar yang akan dipilih nantinya. Disamping itu, ada beragam model juga yang bisa dipilih untuk satu jenis atau hanya untuk rumah tertentu saja.

Dengan demikian, kita juga bisa memilah mana kiranya model pagar rumah yang paling cocok untuk dipilih. Sebagai contoh jika model rumah minimalis modern maka pilihlah pagar yang sesuai, anda dapat memilih berbagai macam pagar minimalis terbaru. Namun, jika anda ingin memadukannya dengan model etnik maka pilihlah dengan pagar batu alam atau berbahan kayu sehingga memberikan kesan unik.

2. Perhatikan Warna Cat yang Akan Digunakan

Selain itu, anda juga sebaiknya memperhatikan dengan seksama warna cat yang akan digunakan atau sudah digunakan pada bangunan rumah anda. Pemilihan pagar memang harus disesuaikan baik dari segi desain dan warnanya dengan warna cat yang ada pada rumah anda. Pada umumnya, warna pagar yang dipilih adalah warna hitam karena ini merupakan warna netral yang masuk pada warna apa saja.

Namun jika anda ingin berinovasi, anda bisa coba memilih warna lain yang berbeda untuk mendapatkan sensasi yang berbeda pula. Selain warna perhatikan juga Kualitas cat karena kesalahan memilih akan memberikan dampak yang kurang bagus buat pagar rumah.

3. Temukan Banyak Referensi

Kemudian cara menentukan model pagar selanjutnya adalah dengan menemukan banyak referensi model-model pagar yang sesuai dengan desain atau model rumah anda. Hal ini bisa dilakukan dengan sangat mudah dengan mengakses banyak sumber, baik online maupun media cetak. Atau bahkan jika perlu anda bisa konsultasi dengan jasa pembuat pagar atau orang yang memang memiliki pengetahuan luas tentang desain dan model pagar rumah.

Dengan begitu, maka anda bisa menentukan mana saja yang kiranya cocok, lalu tentukan satu saja yang memang sesuai dengan keinginan.

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline