architect malang

Mengoptimalkan Pencahayaan Pada Hunian

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Mengoptimalkan Pencahayaan Pada Hunian

Sebuah hunian tentu tidak akan lengkap tanpa desain tata pencahayaan yang tepat. Fungsi dari sebuah tata pencahayaan adalah selain untuk membantu penglihatan kita pada saat beraktivitas di rumah pada saat malam hari, tata pencahayaan juga bisa berfungsi untuk menciptakan suatu kesan, ambiance atau suasana tertentu sesuai dengan keinginan kalian.

Nah, Rooang akan berikan sedikit tips dan triknya, untuk membuat tata pencahayaan yang optimal pada hunian!

Tentukan dulu denahnya

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat tata pencahayaan yang baik dan optimal adalah membuat dulu denahnya! Denah yang dimaksud adalah denah tata pencahayaan (lighting floor plan). Denah ini sangat penting, sobat! Karena di dalam gambar rencana denah tata pencahayaan, sobat Rooang bisa menentukan suasana atau ambiance apa yang ingin ditampilkan di setiap ruangan (ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi, dapur), bagian atau spot mana saja yang ingin ditonjolkan pada setiap ruangan, dan tentunya dengan mempertimbangkan konsep interior, pemilihan material furnitur serta pemilihan warna dinding.

Pilihlah jenis lampu yang tepat

Langkah berikutnya yang harus dilakukan oleh sobat Rooang adalah memilih jenis lampu yang tepat! Jangan main asal membeli sobat, hanya karena model lampu tersebut sedang tren! Karena bisa jadi sobat Rooang malah melakukan hal yang sia-sia. Jenis lampu yang dipilih haruslah diiringi pertimbangan tentang beberapa hal berikut ini:

  • besarnya watt
  • ambiance apa yang ingin diciptakan (jenis lampu hangat yang berwarna kuning atau jenis lampu dingin yang berwarna biru atau putih)
  • pilih lampu hemat energi
  • lampu akan menjadi vocal point atau sebagai pelengkap fungsional

Pastikan lampu berfungsi optimal

Pastikan tata pencahayaan yang sudah sobat Rooang rencanakan berfungsi dengan optimal! Misalnya pada area dapur yang membutuhkan tata pencahayaan yang optimal pada kitchen stove maka sobat harus meletakkan lampu di sana agar bermanfaat dan dapat sobat Rooang gunakan secara optimal.

Sedangkan untuk lampu pada ruang membaca, sobat Rooang harus menggunakan lampu yang berjenis ceiling downlight lamp atau lampu dinding yang memancarkan sinarnya ke arah bawah agar memudahkan untuk membaca.

Tentukan spot favorit untuk menjadi vocal point

Setiap hunian atau rumah pasti ada sebuah ruangan atau spot yang menjadi vocal pointVocal point pun bisa dilihat dari berbagai aspek. Lampu atau tata pencahayaan juga bisa sobat Rooang jadikan vocal point pada hunian, lho!

Biasanya jenis lampu yang dijadikan sebagai vocal point di sebuah ruangan adalah jenis lampu yang memiliki desain unik dan nyentrik seperti yang tersebut pada gambar!

Yuk Buat Pengharum Kamar Kos Sendiri, Murah Dan Mudah

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Yuk Buat Pengharum Kamar Kos Sendiri, Murah Dan Mudah

Siapa yang disini termasuk anak kos bagaimana bau kos kamu? apakah bau atau wangi tapi biasanya, kamar kost itu biasanya identik dengan bau keringat, makanan, dan bebauan lainnya yang bikin makin sumpek, padahal kamu ingin istirahat atau menyelesaikan pekerjaan yang tertunda? Pengharum ruangan mungkin akan menyelamatkanmu, tapi sayangnya pengharum ruangan yang kamu beli di toko-toko mengandung bahan kimia berbahaya, lho!

Jadi lebih baik kamu bikin sendiri pengharum ruangan yang harumnya nggak kalah dari produk toko, tapi aman buat kamu hirup sepuasnya.

1. Biasa kamu kenal sebagai salah satu lalapan, kemangi ternyata punya wangi yang luar biasa ketika dicampur dengan lemon

campuran lemon & kemangi

Sebelum membuatnya, sediakan botol semprot (dengan ukuran sesuai kebutuhan), penyaring teh, dan corong dulu ya, guys! Gini nih caranya…

Bahan:

3/4 cangkir air matang

1/2 cangkir air mentah

4 sdm kemangi kering

1 sdm alkohol

5 tetes minyak lemon esensial

Cara membuat:

1. Didihkan 1/2 cangkir air dalam panci kecil, masukkan kemangi kering dan diamkan selama beberapa menit.

2. Masukkan campuran air dan kemangi ke dari panci sebelumnya menggunakan corong dan penyaring ke dalam botol semprot.

3. Tambahkan air matang, alkohol dan minyak esensial. Kocok hingga merata, lalu semprotkan!

Bye-bye deh sama bau apek dan asem di kamar kost-mu!

2. Kekuatan baking soda untuk menghilangkan bau tidak sedap memang nggak ada duanya, tinggal tambahin minyak esensial (minyak astiri) aja

baking soda & minyak esensial

Baking soda sudah lama dikenal bisa menghilangkan bau lemari es, ternyata bisa menghilangkan bau tidak sedap lainnya di ruanganmu juga. Wah, gimana cara buatnya, ya?

Bahan:

1/2 cangkir baking soda

8-12 tetes minyak esensial (bau sesuai selera)

Toples bekas selai, kertas memo dan jarum

Cara membuat:

1. Tuangkan baking soda ke dalam toples selai, lalu teteskan minyak esensial.

2. Tutup toples dengan kertas memo yang sudah ditusuki jarum agar baunya bisa keluar. Kamu bisa juga menggunakan bahan penutup seperti pada gambar kalau ada.

Cari baking soda nggak susah, kok. Di supermarket atau toko roti juga ada.

3. Harumnya bunga-bungaan pun bisa kamu gunakan sebagai pengharum ruangan, apalagi jika dikeringkan

bunga-bungaan kering

bunga-bungaan kering

Di luar negeri, bunga-bunga kering ini dikenal dengan nama potpourri. Bagaimana cara membuatnya?

  • Cukup gantung bunga kesukaanmu beserta dengan tangkainya selama beberapa minggu sampai kering
  • Setelah itu masukkan ke dalam wadah dan teteskan minyak esensial, tutup wadah hingga beberapa minggu agar minyak terserap
  • Saat kamu ingin menggunakannya, tinggal buka wadahnya aja.

4. Wanginya parfum akan semakin kuat saat dicampur dengan bau alami kayu, nggak percaya? Cobain aja!

Scented Wood Blocks

Cara bikinnya super gampang!

  • Yang pertama tentu kamu harus punya potongan balok-balok kayu kecil seperti ini
  • Oleskan, semprotkan, atau bahkan rendam balok-balok ini dalam parfum
  • Kalaupun direndam nggak perlu banyak-banyak parfumnya
  • Kamu bisa meletakannya di botol lalu kocok agar parfum merata
  • Lalu, cium deh! Baunya lebih wangi dan bisa menjangkau seluruh ruang

5. Yang paling terkenal nih, lilin kulit jeruk yang baunya bikin kamu betah nggak pengen ke luar kamar lagi!

Orange Peel Candles
orange peel candle

Siapa sih yang menyangkal harum dan segarnya jeruk? Meski hanya dibutuhkan kulitnya, pengharum ruangan alami ini diyakini mampu membuat seluruh ruanganmu jadi wangi, sekaligus segar berhari-hari.

  • Potong jeruk menjadi setengah dengan pisau, hati-hati jangan sampai merusak jeruknya
  • Ambil jeruk menggunakan sendok atau garpu, jangan sampai lapisan putih di kulit jeruk ikut terangkat
  • Tuangkan minyak zaitun atau minyak sayur biasa
  • Biarkan selama 45 menit dan nyalakan api menggunakan pemantik api.

6. Perpaduan lilin dan kayu manis membuat bau ruanganmu serasa di spa-spa bintang lima

cinnamon candle

cinnamon candle

Kalau kamu pernah pergi ke spa atau tempat pijat kelas bintang lima, bau-bau harum rempah pasti sering kamu cium bukan? Nah, sekarang kamu bisa membuatnya sendiri, lho!

  • Siapkan lilin berukuran besar
  • Potong kayu manis sesuai dengan tinggi lilin menggunakan gunting bunga
  • Tempelkan kayu manis pada lilin menggunakan lem tembak atau susun dan ikat seperti pada gambar
  • Nyalakan lilin dan rasakan sensasi keharuman luar biasa!

Mengagumi Keindahan Bangunan Di Dubai

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Mengagumi Keindahan Bangunan Di Dubai

Keindaan bangunan dinegara-negara berbeda dan biasanya memiliki ciri khas dinegara tersebut nah kali ini kita akan mengagumi bangunan di dubai disimak ya.

Kota metropolitan paling penting bagi Uni Emirat Arab setelah Abu Dhabi ini berkembang dengan sangat pesat, mengikuti perkembangan jaman. Dubai adalah kota terpadat di Uni Emirat Arab. Dubai telah menarik perhatian dunia dengan pembangunan real estate yang inovatif dan ajang olahraga.

Sumber: http://www.hotelnewsme.com/

Untuk Sobat yang ingin berkunjung ke Dubai, Sobat juga perlu tahu kalau iklim di kota tersebut adalah iklim kering panas. Suhunya rata-rata di atas 35 derajat celsius, tetapi ketika masuk bulan musim dingin, cuaca akan berubah ekstrem. Seperti negara Timur Tengah lainnya, ketika siang Dubai akan bersuhu panas tetapi saat malam hari akan dingin luar biasa.

Burj Khalifa

Bangunan ini sebelumnya bernama Burj Dubai dan diresmikan pembukaannya pada tanggal 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini sekitar 828 meter (2.717 kaki). Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia, melewati CN Tower dan Taipei 101. Selain itu, menara ini juga memiliki lift tercepat di dunia dengan kecepatan 60 km/jam. Rekor lain yang berhasil dipecahkan adalah menara dengan banyak lantai, berjumlah 160 lantai, mengalahkan rekor sebelumnya Menara Wilis dan World Trade Center yang berjumlah 120 lantai.

Sumber: images.arcadis.com

The Palm Islands

Ada kepulauan buatan tangan manusia yang terletak di Dubai, dan menjadi kepulauan buatan terbesar di dunia. Keseluruhan dibangun oleh Nakheel Properties, perusahaan properti asal Uni Emirat Arab. Pulau yang terdapat di Palm Islands antara lain Palm Jumeirah, Palm Jebel Ali, dan Palm Deira. Kepulauan ini dibangun atas gagasan Sheikh Mohammed bin Rashi Al Maktoum, yang ingin meningkatkan pariwisata di Dubai. Dinamakan Palm Islands karena bentuk dari kepulauan ini menyerupai pohon palem yang membentang indah.

Sumber: islandoanialisme.blogspot.com
Sumber: pinterest

Burj Al Arab Hotel

Kali ini bangunan mewah selanjutnya dari Dubai adalah sebuah hotel yang didesain oleh arsitek bernama Tom Wright, dengan ketinggian 321 meter dan seluruh bangunannya difungsikan sebagai hotel. Letaknya berada di sebuah pulau buatan di lepas pantai Teluk Persia. Hotel ini disebut-sebut sebagai hotel bintang tujuh. Hal ini merupakan julukan dari orang-orang yang pernah merasakan kenyamanan dan kemewahan dari hotel ini.

Sumber: businessinsider.com
Sumber: http://vizts.com/

Tips Mengatasi Pojok Dapur Yang Sempit

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tips Mengatasi Pojok Dapur Yang Sempit

Bagaimana dengan dapur anda? Sempit? Tanggapan Anda Bagaimana? Dapur yang sempit biasanya menjadi permasalahan yang cukup serius yang suka menghabiskan waktu di area dapur. Sebab untuk orang yang sangat suka memasak, area dapur seolah menjadi area yang paling penting di dalam rumah selain kamar tidur. Sehingga akan sangat mengganggu sekali, jika area dapur tersebut tidak didesain dengan maksimal, apalagi jika ukuran dapur tersebut sempit. Nah untuk mengatasi hal tersebut,  tips dan trik bagaimana cara mengatasi sudut atau pojok dapur yang berukuran sempit, berikut ini :

Pintu rak tersembunyi

Cara mengatasi pojok dapur yang sempit pada hunian bisa dengan cara membuat pintu rak tersembunyi dibalik dinding atau lemari.

Dengan mendesain pintu rak tersembunyi yang juga, didesain menyerupai lemari penyimpanan dengan sekat-sekat maka area dapur yang sempit bisa langsung teratasi. Dan permasalahan pojok dapur yang kerap digunakan untuk menyembunyikan barang-barang sisa atau tidak terpakai, kini tidak akan ada lagi.

Tambahkan rak berjalan

Kalau pojok dapur yang sempit tidak memungkinkan untuk dibuat menjadi sebuah lemari dinding tersembunyi, maka tambahkan saja rak berjalan.

Dengan adanya rak berjalan ini, tidak akan ada lagi membuat sobat Rooang kesusahan untuk mengatur pojok area dapur sebab, rak berjalan ini bisa diletakkan dimana saja. Dan rak berjalan juga praktis dan sangat memudahkan sobat Rooang, sebab bisa langsung sobat tarik ke area sobat Rooang membutuhkan!

Maksimalkan penyimpanan bagian atas

Jika memang ukuran dapur yang sobat Rooang miliki sempit dan terbatas, maka jangan lagi memkasa untuk membuat tempat penyimpanan di bagian bawah! Pindahkan dan manfaatkan bagian atas area dapur untuk mengatasi terbatasnya ruang gerak sobat dalam beraktivitas di dapur.

Gunakan kulkas dengan baik

Karena sebuah kulkas adalah salah satu perangkat dapur yang penting jadi tidak mungkin jika kulkas dihilangkan dari dalam dapur. Justru yang harus sobat Rooang lakukan adalah menggunakan kulkas yang tersedia dengan baik dan maksimal! Caranya adalah dengan memanfaatkan area samping kiri, kanan dan bagian atas kulkas untuk menyimpan benda-benda peralatan dapur lainnya.

 Warna Cat Rumah Mempengruhi Keberuntungan? Bagaimana Menurut Anda

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

 Warna Cat Rumah Mempengruhi Keberuntungan? Bagaimana Menurut Anda

Warna cat rumah anda apa ni? merah, kuning, hijau? Jika dinding rumah bercat biru, maka anda sangat beruntung. Salah satu produsen cat mengadakan survei di Inggris. Hasilnya, rumah dengan cat biru ternyata lebih sukses daripada mereka yang cat rumahnya selain biru. Kok bisa?

Survei tersebut dilakukan pada 3.000 pemilik rumah. Dari survei yang diadakan oleh Sandtex Paint tersebut, pemilik rumah dengan warna dinding biru memiliki penghasilan rata-rata Rp 462 juta per tahun. Mereka juga mendapatkan kesempatan liburan ke luar negeri sebanyak dua kali dalam setahun. Wow!

Rupanya mayoritas dari pemilik rumah berwarna biru tersebut berprofesi sebagai direktur, manajer, atau pekerja profesional dengan 3 orang asisten rumah tangga di rumah. Tidak hanya dari tingkat penghasilan saja, pemilik rumah berwarna biru juga memiliki hubungan yang harmonis dalam rumah tangganya.

Informasi lain dari Telegraph menunjukkan bahwa sekitar 14% dari pemilik rumah dengan cat warna biru menggunakan sebagian penghasilan mereka untuk membayar koki dan pelayan profesional di rumah. Sementara, 11% pemilik rumah berwarna biru lainnya hanya mempekerjakan pelayan biasa, sedangkan 8% mempekerjakan baby sitter untuk anak-anak mereka.

Kalau pemilik rumah warna biru didominasi orang-orang paling kaya, hal yang bertolak belakang justru terjadi pada pemilik rumah berwarna hijau. Di antara 12 warna yang ada, rumah berwarna hijau dihuni oleh orang-orang berpenghasilan paling rendah, yaitu rata-rata Rp 160 juta per tahun. Mereka umumnya bekerja sebagai pedagang.

Berikut ini hasil lengkap warna rumah dengan penghasilan rata-rata pemilik rumah tersebut selama 1 tahun.

Biru: £38 ribu atau Rp462 juta
Merah £23,5 ribu atau Rp285 juta
Putih £23,4 ribu atau Rp284 juta
Magnolia £23,1 ribu atau Rp280 juta
Krem £20,8 ribu atau Rp252 juta
Oranye £20 ribu atau Rp 243 juta
Ungu £19,6 ribu atau Rp238 juta
Abu-abu £19 ribu atau Rp230 juta
Kuning £18,5 ribu atau Rp 224 juta
Cokelat £18,4 ribu atau Rp223 juta
Pink £14,5 ribu atau Rp176 juta
Hijau £13,1 ribu atau Rp160 juta

Sayangnya, tidak dijelaskan secara pasti apakah ada korelasi ilmiah antara pemilihan warna secara psikologis dengan etos kerja, kreativitas, dan jiwa wirausaha.

Bagaimana? Apakah Anda berminat mengganti warna dinding? Apapun pilihan warna untuk dinding rumah, pastikan Anda memilih cat yang berkualitas dan mendesain rumah senyaman mungkin

Tips Menata Kamar Tidur Anak Dengan Mudah

Categories: Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tips Menata Kamar Tidur Anak Dengan Mudah

Kamar anak biasanya berantakan karena anak pasti suka bermain dengan mainanya dengan disebar dan sering kali lupa dirapikan. pasti jika berantakan kamar tersebut tidak enak dipandang dan membuat sang anak menjadi tidak nyaman dikamarnya dan sulit dibersihkan. Apalagi bagi anak-anak dengan alergi atau asma, kebersihan kamar sangat diutamakan. Sebenarnya dengan pengaturan pakaian dan mainan yang tertata baik, kamar tidur anak bisa lebih rapi, lega, dan mudah dibersihkan.

Bayangkan kamar tidur anak yang diidamkan.  Buatlah rencana dan tahapan untuk memulai penataan ulang yang bisa membuat anak merasa nyaman.  Terkadang memang perlu membuang beberapa barang, namun harus didiskusikan dulu dengan anak agar tidak merasa sedih atau merasa tidak nyaman. Agar anak tidak merasa ‘kaget’ dengan perubahan yang terjadi mendadak, lakukanlah penataan ini secara bertahap dalam  7 hari.

Hari 1 Sederhanakan dan Permudah

Hari pertama akan menjadi hari terberat karena harus membuat tujuan yang jelas dengan tekad yang kuat. Kamar tidur harus menjadi ruang yang nyaman untuk anak sekaligus membuat hidup Anda menjadi lebih mudah.

  • Singkirkan pakaian dan sepatu yang sudah tidak muat. Sumbangkan atau simpan untuk anak yang lebih kecil.
  • Singkirkan mainan yang rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi.
  • Singkirkan mainan yang sudah tidak sesuai dengan umur anak.
  • Jika ada beberapa mainan yang mirip, singkirkan sebagian supaya yang terbaik bisa dimainkan dengan lebih maksimal.
Hari 2 : Pilah dan Relakan

Hari 2 : Pilah dan Relakan 

Barang yang ingin dimiliki dan disimpan pastilah tidak ada habisnya. Fokuslah pada urutan “Top 10” benda-benda kesayangan dan terpenting. Anak-anak sudah bisa diajak bekerjasama dalam menentukan benda-benda kesayangan mereka.  Sebagai orang tua, kita bisa mengarahkan anak-anak untuk memilih benda-benda yang penting untuk disimpan dan mengajarkan mereka merelakan benda-benda yang tidak mereka perlukan. Tidak harus benar-benar 10 benda. Bisa lebih sedikit. Diskusikan bersama anak sebagai pemilik kamar.

Setelah 2 hari yang berat untuk  memilih, memilah, dan merelakan beberapa benda, kamar tidur akan sedikit lebih rapi dan lega.  Sekarang waktunya untuk mengatur dan menata benda-benda penting yang masih ada.

Setelah 2 hari yang berat untuk  memilih, memilah, dan merelakan beberapa benda, kamar tidur akan sedikit lebih rapi dan lega.  Sekarang waktunya untuk mengatur dan menata benda-benda penting yang masih ada.

Metode pengaturan tetap menggunakan aturan “Top 10” untuk memudahkan perletakan benda mulai dari yang paling sering digunakan.

  • Letakkan pakaian yang sekarang sudah pas di bagian yang paling mudah dijangkau.
  • Buatlah rak pakaian terpisah untuk pakaian yang masih agak besar di bagian yang mudah terjangkau saat mereka cukup besar untuk memakainya.
  • Pisahkan mainan berdasarkan kategori dan ukurannya. Letakkan mainan yang paling sering dimainkan di kotak yang paling mudah diakses.

Hari 3 : Waktunya Bersih-bersih

Setelah kerja keras di hari 1 dan 2, kamar tidur anak akan lebih rapi dan tertata. Sekarang waktunya membersihkan kamar.

Bersihkan seluruh ruang, termasuk langit-langit, keseluruhan bagian kipas angin dan AC, jendela dan lantai, bagian belakang perabotan, hingga bagian dalam lemari.
    Jika anak memiliki sejarah asma atau pun alergi, pertimbangkan untuk menyewa jasa pembersih dengan metode penguapan, terutama untuk karpet dan boneka-boneka.
    Cuci dan ganti seprei, sarung bantal guling, dan selimut.
    Ajaklah anak  membersihkan dan mencuci mainan-mainan plastik. Selain mengajarkan tanggung jawab sebagai pemilik ruang, anak juga akan lebih memperhatikan kerapian kamar tidurnya.
    Bersihkan coretan-coretan krayon dari dinding. (tips : sediakan lembaran kertas besar di dinding sebagai lokasi karya seni anak)
  • Bersihkan seluruh ruang, termasuk langit-langit, keseluruhan bagian kipas angin dan AC, jendela dan lantai, bagian belakang perabotan, hingga bagian dalam lemari.
  • Jika anak memiliki sejarah asma atau pun alergi, pertimbangkan untuk menyewa jasa pembersih dengan metode penguapan, terutama untuk karpet dan boneka-boneka.
  • Cuci dan ganti seprei, sarung bantal guling, dan selimut.
  • Ajaklah anak  membersihkan dan mencuci mainan-mainan plastik. Selain mengajarkan tanggung jawab sebagai pemilik ruang, anak juga akan lebih memperhatikan kerapian kamar tidurnya.
  • Bersihkan coretan-coretan krayon dari dinding. (tips : sediakan lembaran kertas besar di dinding sebagai lokasi karya seni anak)

Hari 4 : Menata Karya Seni.

Karya seni anak-anak pastilah sangat membanggakan dan sulit untuk membuangnya.  Namun, banyak sekali karya seni yang mereka buat.  Jika merasa kesulitan untuk membuangnya, pilihlah karya seni terbaik yang bisa mewakili perkembangan usia mereka.  Buanglah yang lain.

Mintalah anak untuk memilih karya seni favorit mereka. Jika anak juga sulit untuk memilih, batasi pilihan mereka dengan aturan “Top 10” lagi. Anda juga boleh ikut memilih beberapa karya seni yang menjadi favorit Anda.
    Pilah dan pilih berdasarkan tanggal.  Jika tidak ada tanggal, cobalah kira-kira kapan karya seni itu dibuat dan kaitkan dengan peristiwa penting yang menyertainya.
    Pajang karya-karya seni itu pada bingkai. Bisa juga dibuatkan album seni menggunakan album foto. Atau kreasikan penyimpanannya sesuai kreatifitas Anda.
    Jika karya seni itu berupa 3D dan terlalu besar atau tidak berguna untuk disimpan, namun sangat ingin diingat, buatlah fotonya bersama anak sebagai senimannya.
  • Mintalah anak untuk memilih karya seni favorit mereka. Jika anak juga sulit untuk memilih, batasi pilihan mereka dengan aturan “Top 10” lagi. Anda juga boleh ikut memilih beberapa karya seni yang menjadi favorit Anda.
  • Pilah dan pilih berdasarkan tanggal.  Jika tidak ada tanggal, cobalah kira-kira kapan karya seni itu dibuat dan kaitkan dengan peristiwa penting yang menyertainya.
  • Pajang karya-karya seni itu pada bingkai. Bisa juga dibuatkan album seni menggunakan album foto. Atau kreasikan penyimpanannya sesuai kreatifitas Anda.
  • Jika karya seni itu berupa 3D dan terlalu besar atau tidak berguna untuk disimpan, namun sangat ingin diingat, buatlah fotonya bersama anak sebagai senimannya.

Hari 5 : Penzonaan Kamar.

Target hari ke-5 ini adalah membuat kamar tidur lebih rapi, lebih lega, dengan akses yang lebih mudah untuk setiap kegiatan.  Jadi, bayangkan kegiatan apa saja yang biasa anak lakukan di dalam kamar berikut urutannya.  Pikirkan ide untuk menciptakan sebuah zona yang bisa menampung berbagai kegiatan sekaligus agar kamar lebih irit perabotan dan lebih nyaman.

Zona Baca :  Area duduk yang nyaman, buku-buku yang tertata rapi, pencahayaan yang cukup, dan kedekatan area dengan teman-teman bonekanya.
    Zona Tidur :  Tempat tidur yang empuk dengan lampu tidur kecil, dan dekat dengan tempat meletakkan segelas atau sebotol air.
    Zona Bermain :  Area yang cukup luas di atas karpet yang dekat dengan kotak penyimpanan mainan. Lemari pakaian atau keranjang pakaian besar untuk tempat bersembunyi, mainan dapur-dapuran yang agak besar, atau pun  rumah mainan.
    Zona Kreatifitas : Siapkan meja kecil untuk anak menggambar atau aneka kreatifitas lainnya, dekat dengan rak penyimpanan peralatan gambar.
  • Zona Baca :  Area duduk yang nyaman, buku-buku yang tertata rapi, pencahayaan yang cukup, dan kedekatan area dengan teman-teman bonekanya.
  • Zona Tidur :  Tempat tidur yang empuk dengan lampu tidur kecil, dan dekat dengan tempat meletakkan segelas atau sebotol air.
  • Zona Bermain :  Area yang cukup luas di atas karpet yang dekat dengan kotak penyimpanan mainan. Lemari pakaian atau keranjang pakaian besar untuk tempat bersembunyi, mainan dapur-dapuran yang agak besar, atau pun  rumah mainan.
  • Zona Kreatifitas : Siapkan meja kecil untuk anak menggambar atau aneka kreatifitas lainnya, dekat dengan rak penyimpanan peralatan gambar.

(Tips : Zona bermain dan zona kreatifitas bisa disatukan dengan sebuah meja kecil sebagai tempat bersembunyi sekaligus tempat anak menuangkan jiwa seni mereka)

Hari 6 : Beri Nama dan Keterangan.

Rak dan kotak penyimpanan yang rapi tidak akan berfungsi dengan baik jika anak tidak mengetahui isinya dengan jelas.  Beri nama dan keterangan dengan gambar yang menyenangkan sekaligus informatif.

Untuk anak-anak yang belum bisa membaca, buatlah keterangan dengan gambar ataupun stiker untuk menjelaskan benda-benda yang ada di dalam lemari atau pun kotak. Tuliskan pula namanya agar anak juga bisa mengenal huruf dan belajar membaca.Lemari pakaian dengan keterangan gambar isi tiap rak.  Keterangan gambar juga bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi yang imut dan menarik  (sumber : nikevertchaussures.com)

Untuk anak-anak yang belum bisa membaca, buatlah keterangan dengan gambar ataupun stiker untuk menjelaskan benda-benda yang ada di dalam lemari atau pun kotak. Tuliskan pula namanya agar anak juga bisa mengenal huruf dan belajar membaca.

Hari 7 : Jadikan Kebiasaan Sehari-hari. 

Ajak dan ajarkan anak untuk memulai kebiasaan baik setiap hari.   Pada awalnya memang akan terasa sulit, namun jangan menyerah.

  • Simpan mainan sebelum mengambil mainan yang lain kecuali jika perlu dimainkan bersamaan.
  • Simpan semua mainan sebelum tidur.
  • Bersihkan mainan setiap minggu. Ajak anak ikut membersihkannya.
Pilih mainan yang akan disumbangkan sebelum mendapat mainan baru saat ulang tahun atau hadiah di hari raya.
    Tentukan kepada siapa mainan-mainan itu akan disumbangkan.  Jika anak mengetahui mainannya akan disumbangkan kepada anak lain yang tidak mempunyai mainan, mereka akan lebih rela untuk memberikannya, sekaligus mengajar anak untuk saling berbagi.
    Saat anak bertambah besar, singkirkan pakaian dan sepatu yang sudah tidak muat lagi.
    Mintalah anak memilih karya seni favorit setiap bulan, beri tanggal dan keterangan yang berkesan, dan simpan di album seni.  Langsung buang yang lainnya.Lemari pakaian
  • Pilih mainan yang akan disumbangkan sebelum mendapat mainan baru saat ulang tahun atau hadiah di hari raya.
  • Tentukan kepada siapa mainan-mainan itu akan disumbangkan.  Jika anak mengetahui mainannya akan disumbangkan kepada anak lain yang tidak mempunyai mainan, mereka akan lebih rela untuk memberikannya, sekaligus mengajar anak untuk saling berbagi.
  • Saat anak bertambah besar, singkirkan pakaian dan sepatu yang sudah tidak muat lagi.
  • Mintalah anak memilih karya seni favorit setiap bulan, beri tanggal dan keterangan yang berkesan, dan simpan di album seni.  Langsung buang yang lainnya.

Sebenarnya tidak terlalu sulit merapikan dan menata kembali kamar tidur anak yang sepertinya selalu berantakan.  Buatlah urutan kegiatan yang perlu dilakukan sedikit demi sedikit.  Ajak anak ikut serta dalam kegiatan ‘bersih-bersih’ ini.  Ajak anak untuk juga bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kerapian kamar tidurnya agar mereka tahu menghargai dan tetap menjaganya.

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline