sumber : renovasik.com

SEPERTI APA ATAP BAJA BERKUALITAS?

Arsitek Indo Kontraktor – Kita ketahui semua, bahwa kini sudah sangat banyak orang menjual atap baja dengan kelebihan yang dijelaskan dari masing-masing produk. Nah dari beberapa produk ini, lantas bagaimana cara kita agar dapat mendapatkan atap baja. Dengan catatan benar-benar berkualitas?

Tips Memilih Atap Baja

1. Mengecek Kualitas Baja Ringan

Baja ringan kini ada banyak sekali macamnya di pasaran dan tersebar di seluruh Indonesia. Ada baja ringan Solo, Baja ringan Yogyakarta, Baja ringan Surabaya dan masih banyak lagi. Namun Anda jangan sampai salah memilih baja ringan. Baja ringan yang aman digunakan tentunya memiliki kualitas yang baik. Salah satunya dapat dilihat dari standar nilai tegangan tarikan.Agar baja ringan kokoh menopang atap, nilai tegangan tarikan yang dimiliki baja ringan setidaknya 550 Mpa. Apabila nilai tegangan tarikan semakin kecil artinya baja ringan memiliki tarikan yang semakin rendah. Hal ini berpengaruh pada kekuatan baja ringan tersebut dalam menopang beban.

2. Menyesuaikan rangka baja ringan dengan jenis atap

Material baja ringan sebagai rangka atap memang memiliki berat yang ringan, sehingga dapat memudahkan tukang saat pemasangan. Meski begitu, bukan berarti rangka baja ringan hanya dapat digunakan untuk jenis atap galvalum saja. Dengan menggunakan rangka baja ringan, Anda juga bisa membuat berbagai variasi model atap sesuai keinginan. Hanya saja, Anda perlu menyesuaikan dengan beban yang ditopang baja ringan. Berbagai jenis atap bisa Anda pakai seperti genteng asbes, keramik, kaca, beton atau lainnya. Sekain berat bobot penutup atap, maka baja ringan yang Anda perlukan semakin banyak dengan tingkat ketebalan yang juga semakin tinggi. Baja ringan Solo IbiTruss, Baja ringan Yogyakarta Ibi Trussataupun baja ringan daerah lainnya memiliki beberapa variasi ukuran ketebalan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

3. Menyiapkan jumlah baja ringan yang dibutuhkan

Dibandingkan baja konvensional, baja ringan Solo atau baja ringan yang lain memang memiliki bentuk yang lebih tipis. Hal ini menjadikan baja ringan lebih mudah dipasang dalam berbagai bentuk atap sebab lebih fleksibel.

Meski begitu, apabila pemasangan baja ringan tidak tepat, apat menyebabkan resiko melengkung dan bahkan rangka atap roboh. Maka dari itu, saat akan membangun rangka atap, siapkan kebutuhan baja ringan yang memadai dan lakukan perhitungan kebutuhan dengan baik, untuk menghindari resiko melengkunbg atau rubuh.

4. Memilih Baja ringan bergaransi

Anda memang dapat dengan mudah menemukan baja ringan di pasaran . Namun pastikan baja ringan yang Anda pilih dapat memberikan garansi material dan juga menyatakan bahwa ketahanan baja ringan sudah diuji coba sesuai nilai tegangan tarikan.

sumber : https://indoberkainvestama.com/

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624