Rumput

Taman hadir sebagai salah satu bagian penting dari estetika hunian.  Taman bisa menjadi pelengkap hiasan rumah Anda. Luas yang terbatas tidak menghalangi adanya taman.

Tingkat kesulitan merawat rumput hias tergantung dari jenisnya. Berikut beberapa jenis dari rumput hias.

1. Rumput Gajah Lokal

Rumput Gajah sangat mudah ditanam dan harganya paling murah. Namun karena teksturnya yang kurang bagus karena ukuran helai daunnya yang besar dan kasar, rumput ini jarang digunakan untuk menghias taman. Kelebihannya, rumput gajah tahan pijakan kaki manusia dan dapat bertahan meskipun kekurangan air.

2. Rumput Gajah Mini

Gajah mini menjadi jenis rumput yang paling banyak dipilih untuk taman. Selain harganya yang terjangkau, perawatannya juga relatif mudah. Yang membedakannya dengan rumput gajah biasa adalah teksturnya lebih bagus dan lebih kecil.

Rumput ini mudah tumbuh dengan penyinaran matahari 50%, hanya memerlukan sedikit pupuk dan dipangkas sebulan sekali. Oh iya, rumput ini juga tahan terhadap pijakan kaki manusia, sehingga cocok di aplikasikan pada taman bermain anak-anak.

3. Rumput Gajah Mini Variegata

Berbeda dengan Gajah Mini, jenis Variegata memiliki campuran warna putih yang cukup banyak pada setiap helai daunnya. Dari sisi harga, Variegata sedikit lebih mahal daripada rumput gajah mini. Kelebihannya hampir mirip dengan Gajah mini karena daunnya yang tidak cepat panjang sehingga perawatannya cukup mudah dan tidak perlu dipotong setiap bulannya.

4. Rumput Jepang

Rumput jenis ini memiliki bentuk yang rapi, helai daunnya kurus dan tumbuh rapat. Meski begitu, memerlukan perawatan yang lebih banyak dibanding Gajah mini. Seperti pemupukan urea dua kali sebulan, penyiraman secara rutin, pemangkasan sebulan sekali, sampai dengan pencahayaan yang cukup.

5. Rumput Peking

Jenis rumput yang satu ini hampir mirip dengan rumput Jepang. Yang berbeda, helai daunnya tumbuh lebih jarang dan teksturnya lebih lembut. Tampilannya yang rapi dan terkesan mewah membuat harganya relatif mahal. Soal perawatan, rumput Peking memiliki ketahanan cuaca yang baik di musim hujan. Rumput ini sempat menjadi idola sebelum tahun 2000.

6. Rumput Swiss

Sebagai jenis rumput yang paling halus, rumput Swiss tampil mempesona dan rapi. Tidak heran jika rumput Swiss tergolong jenis rumput yang mahal karena rupanya yang indah.

Perawatan jenis rumput ini menjaga kelembapan rumput serta rutin memotong dan memberi pupuk jenis urea untuk mencegah tumbuhnya rumput liar yang berbahaya bagi jenis rumput Swiss.

7. Rumput Manila

Rumput Manila merupakan jenis rumput ZM yang biasanya sering dipakai sebagai rumput lapangan sepakbola. Jenis rumput ini tergolong berkualitas tinggi dengan warna hijau yang pekat dan elastisitas yang baik. Kekuatan jenis rumput manila juga sangat tinggi dan tahan pijakan kaki. Meski begitu, jenis rumput ini butuh perawatan rutin.

Jenis rumput Manila mampu tumbuh di tanah berpasir dan sangat ideal untuk mengendalikan erosi. Buat kalian yang punya budget ekstra, boleh lho, mempertimbangkan jenis rumput Manila untuk pekarangan rumah impian.

 

 

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624