Punya Lemari Berjamur? Berikut Cara Menghilangkannya

Cara Menghilangkan Jamur pada Lemari Kayu

Anda punya lemari kayu? Lemari yang selalu berada di dalam kamar tertutup tentu saja sangat lekat dengan jamur. Tumbuhan tanpa klorofil ini sangat menyukai tempat lembab dan gelap, tidak heran keadaan dalam lemari yang demikian sering ditumbuhi jamur.

Apalagi di musim hujan seperti saat ini, udara lembab menggerakkan jamur tumbuh dengan subur di lemari. Cara menghilangkan jamur tidak dapat dilakukan dengan hanya mencabutnya dari permukaan lemari, hal ini hanya berlaku sementara karena selang berapa lama akan muncul lagi jamur jamur lainnya.

Semua lemari yang berbahan dasar kayu bisa menjadi habitat tumbuhnya jamur termasuk lemari baju, lemari buffet, lemari makan, rak piring bahkan lemari olimpic yang hanya terbuat dari serbuk kayu. OK langsung ke topik utama tutorial cara mengatasi jamur pada lemari!

Cara Menghilangkan Jamur pada Lemari Kayu

Persiapan

  • Belilah cairan penghilang jamur di toko bangunan terdekat.
    Untuk merk, pertimbangkan harga dan kualitasnya dengan bertanya pada penjaga toko.
  • Spon Cuci, yang ada dua sisi ijo dan kuning
    Kalau tidak ada gunakan saja sikat gigi bekas.
  • Lap kain

Langkah Menghilangkan Jamur

  1. Langkah pertama adalah mengosongkan lemari, terutama rak tempat jamur muncul.
  2. Lebih baik lakukan perlakuan di bawah terik matahari (luar ruangan) tapi jika lemari terlalu berat cukup dengan membuka jendela dan pintu agar cahaya dari luar bisa masuk.
  3. Setelah lemari kosong, semprotkan cairan penghilang jamur yang telah dipersiapkan pada bagian yang ditumbuhi jamur. Setelah disemprot, diamkan selama 5 menit.
  4. Lanjutkan dengan menggosok permukaan jamur dengan spon/ sikat gigi. Perlahan saja agar tekstur permukaan tidak rusak.
  5. Lakukan langkah 3 dan 4 beberapa kali sampai jamur hilang sampai ke akar akarnya.
  6. Bersihkan sisa sisa jamur yang ada dengan kain lap.

Jika jamur sudah membentuk kerak mungkin anda harus sedikit merusak lapisan lemari, tapi tidak apa karena anda masih bisa mengecat ulang lemari. Cara membersihkan jamur pada lemari di atas mungkin masih kurang karena nantinya spora jamur yang terlanjur ada di lemari bisa tumbuh kembali. Oleh karena itu cegahlah munculnya jamur.

Cara Mencegah Jamur di Lemari

Caranya simple, jangan biarkan lemari anda memenuhi kriteria habitat jamur. Berikut beberapa cara mecegah timbulnya jamur di lemari baju.

  1. Udara dingin lembab juga bisa muncul dari lantai, oleh karena itu berikan alas yang membatasi lemari dan lantai keramik anda. Alas bisa menggunakan karpet karet ataupun papan kayu.
  2. Jangan terlalu dekat dengan tembok untuk menjaga kelembaban dalam lemari. Berikan space kira kira 5 – 10 cm. Dinding apalagi yang berbatasan dengan luar rumah biasanya juga menyebabkan udara dingin.
  3. Jaga suhu ruangan anda agar tetap hangat, hal ini dapat anda lakukan dengan sering membuka jendela yang mengarah ke luar rumah.

    Alternatif lain adalah memasang lampu kecil dalam lemari, selain membantu mencegah jamur di lemari juga dapat memudahkan kita mengambil barang yang ada didalamnya.

  4. Pasang Dry Gel, artinya sih gel hangat. Sering kali digunakan sebagai bahan anti lembab dingin dan terbukti dapat menghilangkan jamur di lemari. Apalagi ada bahan pewangi di dalamnya, so segera membeli dry gel di supermarket terdekat.

    Alternatif dry gel, adalah menggunakan arang kayu yang dibungkus dengan kain tipis lalu digantung di lemari

  5. Memberikan lapisan pelapis di seluruh permukaan lemari. Pelapis yang dapat digunakan adalah melamin dan duco, beli saja di toko bangunan. Jangan lupa bertanya takaran dan tata cara penggunaannya.

Segeralah membersihkan jamur setelah anda mengetahui keberadaan mereka, biasanya jamur tersebut akan menyebar ke barang yang ada dalam lemari termasuk pakaian.