Prinsip Yang Harus Diketahui Jika Mendesain Dengan Konsep Skandinavian

Prinsip Yang Harus Diketahui Jika Mendesain Dengan Konsep Skandinavian – Saat ini  hunian dengan konsep skandinavian banyak diminati oleh banyak orang. Karena konsep dari skandinavian adalah konsep yang simple namun tetap menarik. Tak heran jika kini berbagai prinsip desain skandinavia kerap diterapkan dalam hunian ataupun berbagai bangunan komersial. Gaya desain skandinavian banyak diminati oleh anak  remaja karena yang bisa dijadikan sebagi spot foto yang instagramable.

Prinsip Desain Skandinavia yang Dekat dengan Alam

rumah desain skandinavia warna hitam dan aksen kayu di tengah hutan bersalju

Pada awalnya, hunian-hunian Skandinavia banyak dibangun berdampingan dengan alam baik itu di pinggiran hutan ataupun di tengah perkebunan. Tak heran salah satu prinsip desain Skandinavia yang utama adalah penambahan unsur dan elemen natural atau alami.

Prinsip desain Skandinavia ini bisa kamu lihat dari penggunaan material-material alami pada hunian Skandinavia. Prinsip desain yang dekat dengan alam akan memberikanmu tampilan-tampilan kayu alami pada elemen seperti lantai, perabot, bahkan dinding. Umumnya, kayu berwarna terang seperti pinus sering ditemukan untuk memperkuat aksen Skandinavia pada desain ruangan.

Selain material, prinsip desain Skandinavia sering menggunakan dekorasi bernuansa alam, mulai dari sekedar vegetasi hingga pajangan kayu.

Pengolahan Bentuk-bentuk yang Sederhana

kamar tidur dengan kasur abu-abu dan tanaman hijau di jendela

Salah satu alasan mengapa prinsip desain Skandinavia cukup digemari kini karena tampilannya yang sederhana dan tak berlebihan. Prinsip desain ini memang lekat dengan bentuk-bentuk yang minimalis tanpa elemen dekoratif yang berlebihan. Kamu akan sangat jarang menemukan bentuk-bentuk asimetris dan juga pengolahan bentuk organik yang terlalu abstrak pada desain-desain hunian Skandinavia.

Namun, kesederhanaan dalam prinsip desain ini sama sekali tak mengurangi daya tarik dari gaya hunian Skandinavia. Simpel tapi praktis pun menjadi salah satu daya tarik dari hunian Skandinavia.

Prinsip Desain Skandinavia yang Terbuka dan Terang

ruang tidur skandinavia dominasi warna putih yang terang

Kedekatan dengan alam juga membuat prinsip desain hunian Skandinavia sangat identik dengan pencahayaan alami. Rumah-rumah yang menerapkan desain Skandinavia umumnya akan memiliki bukaan yang relatif besar untuk memaksimalkan pencahayaan alami.

Prinsip desain Skandinavia tak hanya terasa lebih nyaman, ia juga membuat rumah hemat energi sehingga menghemat tagihan listrik. Tentu ini menjadi nilai tambah yang berguna ketika sudah mempunyai rumah sendiri.

Utamakan Ergonomi dan Fungsional

perempuan lesehan membaca buku dan minum susu di tempat tidur abu-abu

Tak cuma soal bentuk-bentuk sederhana dan minimalis, alasan lain dibalik pengolahan bentuk pada hunian Skandinavia adalah prinsip desain ergonomis yang mengutamakan kenyamanan penghuni dalam beraktivitas dan aspek fungsional yang lebih diutamakan.

Perabot dan elemen dalam ruangan berdesain Skandinavia pun minim unsur dekoratif dan lebih berfokus pada desain compact yang fungsional dan sesuai dengan perilaku dan aktivitas dari para penghuni rumah.

Warna-warna pada Desain Skandinavia

ruang tamu dengan sofa bentuk l warna abu-abu dan furnitur kayu dan tanaman hijau

Berbicara prinsip desain Skandinavia, tak lengkap tanpa membahas palet warna pada hunian scandinavian. Desain Skandinavia tentu tidak akan mempunyai palet warna yang jauh dari unsur alam. Warna-warna kontras yang mencolok akan sangat jarang kamu temui pada hunian-hunian Skandinavia.

Pada umumnya, desain Skandinavia akan memainkan warna netral seperti putih dan abu-abu yang dipadukan dengan warna-warna earthy tone yang kalem. Terkadang, cipratan warna seperti kuning mustard, biru tua dan maroon juga dimasukkan sebagai variasi desain. Berdampingan dengan furnitur beraksen kayu dan material alami lainnya, palet warna ini tentu akan terlihat sangat harmonis, membentuk desain ruangan Skandinavia yang menyeluruh.

Itulah lima prinsip desain dasar pada hunian Skandinavia. Walaupun rumahmu mungkin tidak akan menerapkan desain Skandinavia secara keseluruhan, tentu mengetahui mengenai prinsip desain Skandinavia akan membantumu dalam menentukan desain hunian idaman.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624