Plus Minus Atap Baja Ringan Untuk Bangunan

Tips Memilih Rangka Atap Baja Ringan & Tenaga Kerjanya

Jasa Arsitek JogjaRangka atap baja ringan tengah naik daun dan dapat dikatakan mulai menggeser popularitas kayu yang sejak dulu memang dimanfaatkan untuk konstruksi bangunan. Selain karena beragam keunggulan yang dimiliki baja ringan, hal tersebut tampaknya sejalan setelah konsep bangunan ramah lingkungan mulai digagas. Berikut kami berikan plus minus atap baja ringan untuk bangunan, mari baca penjelasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

 

Rangka atap baja ringan memiliki kekuatan tegangan tarik yang tinggi

Rangka atap baja ringan memiliki kekuatan tegangan tarik yang tinggi

Walaupun bersifat ringan rangka atap baja ringan memiliki kekuatan tegangan tarik (tensile strength) yang tinggi yaitu sekitar 550 Mpa, lebih besar dari tegangan tarik baja konvensional yang hanya 300 Mpa.

Tidak seperti material kayu yang bersifat lebih getas dan lebih cepat hancur. Kekuatan tegangan ini membuat rangka atap baja ringan mampu menahan keruntuhan dan menjaga kestabilan bangunan.

Pemasangan rangka atap baja ringan sangat mudah dan efisien

Karena sifat materialnya yang ringan pemasangan rangka atap baja ringan dapat menghemat waktu dan biaya pengerjaan. Selain karena bobotnya yang ringan sehingga mempermudah proses konstruksi, rangka atap baja ringan juga memiliki sistem sambungan yang tidak terlalu rumit.

Pemasangan rangka atap baja ringan sangat mudah dan efisien

Sambungannya bisa berupa skrup, baut, keling ataupun las. Sistem sambungannya ini juga membuat rangka atap baja ringan atau kanopi baja ringan mudah untuk dirangkai dengan ke konstruksi lainnya seperti beton atau kayu.

Baca Juga : 5 Desain Rumah Minimalis Yang Bisa Kamu Tiru

Biarpun terbuat dari bahan logam rangka atap baja ringan ini anti karat

Biarpun terbuat dari bahan logam rangka atap baja ringan ini anti karat

Menggunakan rangka atap baja ringan bukan hanya membuatmu terhindar dari serangan rayap. Baja ringan penyusun rangka atap terbuat dari material logam yang anti karat, lho. Sebuah keuntungan untuk kamu yang ingin membuat desain atap dengan rangka atap baja ringan tampil terekspos karena tidak perlu melalukan finishing secara berkala.

BACA JUGA  Tips Dekorasi Ruangan Keren Sesuai Selera Pria

Rangka atap baja ringan memiliki ketahanan jangka panjang

Rangka atap baja ringan memiliki ketahanan jangka panjang

Terbuat dari logam membuat rangka atap baja ringan memiliki kualitas ketahanan yang baik. Rangka atap baja ringan tidak mudah lapuk dan menyusut karena perubahan cuaca. Namun, kamu bisa saja terkecoh dalam menentukan kualitas baja ringan yang baik. Kualitas baja ringan yang baik seharusnya tidak terlalu ringan atau terlalu lentur.

Baca Juga : Mengenal Atap Onduline, Salah Satu Jenis Atap Terbaik

Material baja dari rangka atap baja ringan bisa didaur ulang

Material baja dari rangka atap baja ringan bisa didaur ulang

Sifat daur ulang ini membuat penggunaan rangka atap baja ringan turut mendukung program pemerintah dalam perawatan lingkungan sekaligus menjaga kelestarian hutan dan jenis kayunya (misalnya seperti kayu ulin) karena mengganti material kayu dengan baja ringan.

Bisa digunakan untuk berbagai jenis penutup atap

Rangka Atap Baja Ringan bisa digunakan untuk berbagai jenis penutup atap

Menggunakan rangka atap baja ringan bukan berarti kamu hanya bisa menggunakan penutup atap atau genteng yang terbuat dari bahan logam saja, seperti genteng metal. Kamu tetap bisa menggunakan berbagai jenis genteng lainnya seperti keramik, asbes, kaca, dan jenis genteng beton.

Apa kamu semakin yakin untuk menggunakan rangka atap baja ringan?

Kalau suka dengan artikel ini, jangan lupa share dan cek inspirasi desain lainnya di Arsitek Indo Kontraktor, ya!

Baca Juga : Kelebihan dan Kekuranggan Atap Pelana

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624