Pilihan Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Kolam Renang

Pilihan Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Kolam Renang  – Sudah mempunyai kolam renang pribadi yang bagus seharusnya dirawat dan dijaga dengan baik. Fasilitass yang segarusnya ada juga harus dipersiapkan untuk mempermudah ketika sedang berenang. Kolam renang akan terasa kurang jika di sekeliling kolam tidak ditanami tanaman atau dihiasi dengan tanaman – tanaman yang sesuai dengan suasana kolam renang. Berikut ini beberapa tanaman yang hias yang dapat digunakan untuk menghias kolam renang anda.

1. Tanaman Jenis Pohon

Untuk Anda yang memiliki kolam renang luas dan menginginkan nuansa alam ada disana, Anda bisa menambahkan tanaman hias jenis pohon. Ada banyak jenis tanaman hias pohon yang bisa Anda pilih, mulai dari yang tumbuh pendek sampai yang bisa menjulang tinggi.

Di sisi lain sembari memilih, yang harus diingat adalah perihal dampak pertumbuhan pohon tersebut. Seperti misalnya, apakah daunnya akan tumbuh sangat rimbun dan mudah rontok atau tidak. Apakah akarnya akan tumbuh menjalar luas sehingga berpotensi merusak konstruksi dinding kolam atau tidak, dan lain-lain.

Jika hal demikian berpotensi terjadi maka disarankan untuk memilih jenis pohon yang lain meskipun pohon tersebut adalah jenis pohon kesukaan Anda. Pada intinya, rekomendasi memilih pohon hias yang baik adalah dengan mempertimbangkan kekuatan akar dan daunnya.

Berikut ini contoh beberapa jenis pohon hias untuk kolam renang yang sudah banyak dikenal:

Palem Segitiga

Sebagai salah satu tanaman hias berjenis pohon, palem segitiga sangat cocok untuk ada di area taman atau kolam renang Anda. Pohonnya yang bisa mencapai tinggi hingga meter-an ini pas untuk Anda jadikan hiasan pinggiran kolam. Dahan daunnya yang memanjang dan kuat tidak akan merepotkan Anda saat musim kering atau musim daun gugur.

Pakis Haji

Warna daunnya yang greeny sangat mendukung suasana alam di area kolam renang Anda. Bunga pakis hajinya yang indah akan mempercantik kolam renang Anda.

Bambu Jepang

Seperti namanya, bambu jepang merupakan salah satu tanaman hias yang berasal dari Jepang dan secara luas diadopsi di Indonesia. Jika Anda menanamnya, nuansa sejuk khas negeri sakura akan tersebar luas dan akan memperindah tampilan taman kolam renang Anda.

2. Rumput dan Semak

Selain bentuk pohon, jenis tanaman hias lainnya juga dapat berupa rumput dan semak. Pilihlah rumput yang tahan injak dan mudah regenerasi. Ada beberapa jenis rumput yang biasa dijadikan sebagai elemen penghias sekitar kolam renang, diantaranya:

Rumput jepang

Rumput ini sepertinya sudah cukup familiar di Indonesia. Penanaman rumput jepang untuk berbagai keperluan hiasan eksterior rumah pun sudah banyak diaplikasikan. Misalnya sebagai tanaman hias di pelataran/halaman rumah, untuk fasad dan lain-lain.

Dengan demikian, wajar saja jika rumput Jepang pun bisa dijadikan sebagai elemen tanaman hias kolam renang. Dijamin kolam renang Anda akan seperti dikelilingi padang savana yang hijau dan indah.

Rumput gajah mini

Saya yakin Anda juga sudah tidak asing lagi dengan rumput hias yang satu ini. Aplikasinya yang sudah cukup masif di masyarakat membuatnya cukup dikenal baik. Anda bisa menjadikannya hiasan di sekeliling kolam renang Anda.

Selain rumput, Anda juga bisa menanam tanaman jenis semak sebagai hiasan. Semak terbilang lebih minimalis dibandingkan pohon jadi tepat jika Anda menjadikannya sebagai altenatif pilihan.

3. Bunga

Bicara soal tanaman hias, rasanya kurang afdhol jika tidak memasukkan tanaman bunga ke dalam daftarnya. Tanaman bunga sendiri menjadi salah satu jenis tanaman hias terfavorit. Selain karena bunganya yang saat musim mekar akan nampak cantik, juga karena tanaman bunga relatif tidak terlalu besar batangnya sehingga tentu akan lebih hemat tempat.

Yang harus Anda ingat dari memilih tanaman bunga-bungaan sebagai elemen hias kolam renang Anda adalah perihal metode penanamannya yang direkomendasikan ditanam dalam pot. Tujuannya adalah agar lebih rapi dan mudah dirawat. Plus juga, akan memudahkan Anda ketika sewaktu-waktu Anda ingin memindahkannya.

Beberapa contoh jenis bunga yang sering dijadikan sebagai tanaman hias

– Anggrek
– Kenanga
– Aster
– Sri rejeki
– Kuping gajah
– Bakung
– Matahari
– Terompet