Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Lift Di Rumah!

Memodifikasi Lift Untuk Mempercantik Interior RumahJasa Arsitek JogjaPenggunaan lift untuk sebuah rumah saat ini lumrah ditemui khususnya pada rumah mewah. Meskipun, biasanya penggunan lift hanya untuk bangunan komersial seperti apartemen, mal atau perkantoran. Penggunaan home lift ini biasanya untuk memudahkan penghuni terutama yang berlantai lebih dari dua. Selain itu, penggunaan lift juga menuju tren seiring dengan konsep rumah yang lebih mengarah ke vertikal. Nah, sebelum kamu mempertimbangkan memasang lift rumah, ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal berikut ini. Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Lift Di Rumah!

 

 

 

1. Lokasi Home Lift

Lift Rumah. Jelajahi tiga model lift rumah tangga kami | Aritco

Hal pertama yang perlu diperhatikan jika ingin memasang home elevator adalah kondisi rumah dan lokasi penempatannya. Anda harus memastikan bahwa konstruksi rumah Anda memang cocok untuk dipasang home elevator ini. Selain itu perhatikan juga lokasi penempatannya juga harus tepat agar bisa berfungsi dengan maksimal.

Usahakan lokasi penempatan elevator mempertimbangkan lokasi pintu utama dan juga ruang lainnya seperti kamar. Dengan pemilihan lokasi yang tepat, fungsi home lift bisa lebih maksimal karena terjangkau dengan ruang yang ingin dituju.

2. Jenis Lift dan Kapasitas Penumpang

harga lift untuk rumah

Faktor selanjutnya yang perlu dipertimbangkan sebelum memasang home elevator adalah jenis elevator dan kapasitas penumpang. Tersedia jenis elevator untuk mengangkut orang dan barang. Selain itu, jenis elevator juga dibedakan dari segi bangunan yaitu untuk rumah dan gedung.

Selain itu, Anda juga perlu memperkirakan berapa kapasitas penumpang dalam lift rumah. Sebab, kapasitas penumpang ini juga akan berpengaruh terhadap kecepatan home elevator. Biasanya home elevator bisa bergerak dengan kecepatan 1 m/s hingga 7 m/detik.

Home elevator yang cocok untuk dipasang di rumah biasanya memiliki kapasitas 250 kg sampai 450 kg  (3 sampai 5 orang). Pastikan kapasitas home elevator disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Jika sering digunakan untuk angkut barang, ada baiknya memilih kapasitas yang lebih besar agar aman.

BACA JUGA  Tips membeli rumah lewat KPR

3. Hoistway

Ruang Hoistway dalam Perancangan Lift

Hoistway merupakan lorong vertikal di mana kabin elevator akan naik turun. Dalam hal ini Anda perlu memperhatikan tentang kedalaman pit, struktur hoistway, ruang mesin, dan juga top floor overhead. Memperhatikan hoistway ini sangat penting dilakukan karena akan berpengaruh terhadap keamanan elevator saat digunakan.

Untuk menentukan hoistway ini, Anda perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya. Biasanya untuk memasang lift di rumah, space atau ruang hoistway yang diperlukan adalah 1600 mm x 1700 mm. Selanjutnya, kontraktor akan menawarkan berbagai merk home elevator yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Itulah beberapa tips dari kami yang haru Anda perhatikan sebelum memasang lift di Rumah. Agar tetap nyaman aman dan berfungsi dengan maksimal. Selamat mencoba!

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624