Kalau kamu mau menata ruang makan, hal pertama yang harus kamu ingat adalah fungsi ruangnya adalah untuk makan. Setelah itu, kamu bisa saja menambah tujuan lainnya selain untuk makan, semisal untuk tempat mengobrol keluarga.

Berikut beberapa tips agar kamu dan anggota keluarga bisa lebih akrab di ruang makan:

Ruang Multifungsi

Kalau rumahmu minimalis alias berukuran terbatas, ruang makan bisa kamu jadikan ruang multifungsi. Misalnya jadi ruang duduk sambil menonton televisi, atau dijadikan tempat belajar anak-anak.

Letak yang Strategis

Meja makan dapat kamu letakkan berdekatan dengan kitchen set dan pantry agar memudahkan aktivitas penyajian makanan.

Proporsional

Perhatikan juga kebutuhan ruang. Buatlah perbandingan proporsional antara furnitur dan sirkulasi udara, serta cahaya yang masuk ruang makan. Jika ruangan memang kecil, lebih baik meminimalkan furnitur yang memakan banyak tempat.

Batasi dengan Partisi atau Bedakan Warna Lantai

Jika ruang makan berdekatan dengan ruang keluarga atau ruang tamu, batasi dengan partisi atau sejenisnya. Atau kamu bisa menggunakan warna dan jenis keramik lantai yang berbeda untuk ruang makan sebagai pembatas antara ruang lainnya. Perbedaan warna lantai bisa membuat ruang makan menjadi lebih menarik.

Pilih Lantai yang Mudah Dibersihkan

Untuk lantai pada ruang makan secara keseluruhan, pilih warna terang dan sesuai dengan furnitur, serta tema ruangan. Jika ruangan minimalis, pilih jenis lantai yang polos dan tidak memiliki banyak pola. Karena lantai ini untuk ruang makan, pilihlah jenis yang mudah dibersihkan dan tidak mudah kotor.

Dekatkan dengan Taman

Letak ruang makan tidak harus berada di dalam rumah. Bisa saja ruang makan ditempatkan di ruang terbuka, misalnya teras belakang atau samping rumah yang berhadapan dengan taman, sehingga penghuni dapat menikmati makanannya dengan suasana segar alami.

Variasi Elemen Dekorasi

Penataan dekorasi bisa memengaruhi selera makan. Sebaiknya dekorasi yang kamu tempatkan di ruang makan berkaitan dengan makan. Misalnya, lukisan atau gambar-gambar sendok-garpu, buah-buahan, dan bunga. Penataan dekorasi piring, sendok, garpu, dan cara pelipatan serbet yang menarik juga dapat meningkatkan semangat gairah makan.