Pengertian Desain Kontemporer dan Inspirasi Desainnya!

Jasa Arsitek JogjaPengertian Desain Kontemporer dan Inspirasi Desainnya! Kontemporer pada dasarnya adalah gaya desain yang sedang ‘tren’ atau sedang diproduksi pada masa sekarang juga. Jadi, kontemporer bisa saja eklektik. Apapun yang sedang terjadi saat ini. Kontemporer lebih dinamis, tidak terikat oleh suatu era. Karena sifat desain kontemporer yang selalu berevolusi, sangat mudah untuk mencampurkan gaya ini dengan gaya yang lain. Berikut ini beberapa perbedaan karakteristik gaya kontemporer dengan yang lainnya.

 

 

Karakteristik Rumah kontemporer

Rumah kontemporer tak hanya berfokus pada sesuatu yang unik dan terkesan futuristik saja. Rumah kontemporer justru merupakan salah satu desain yang menerapkan prinsip eco home sebagai daya tariknya. Tak selalu berupa elemen alam seperti pepohonan, ciri eco-home di rumah kontemporer adalah adanya ruang terbuka. Bukaan dalam rumah berfungsi sebagai salah satu akses udara segar dan sirkulasi udara. Perlu diketahui perbedaan antara rumah kontemporer dengan rumah berdesain minimalis dan modern. Berikut ini penjelasannya:

  • Perbedaan rumah kontemporer dengan rumah desain minimalis

Rumah kontemporer kerap disamakan dengan desain minimalis Skandinavia, yang menampilkan tona natural, garis yang tegas dan dekorasi yang sederhana. Berbeda dengan rumah desain minimalis, rumah kontemporer tak terbatas pada itu saja.

Di rumah kontemporer, Anda akan menemukan beberapa elemen alami seperti kursi rotan, atau detail industrial seperti lampu gantung besi. Anda bahkan bisa menemukan aksen bohemian pada permadani Maroko di rumah kontemporer.

Jadi, perbedaan rumah kontemporer dengan rumah desain minimalis terletak pada fleksibilitas desain dan tata ruangnya.

  • Perbedaan rumah kontemporer dengan rumah desain modern

Orang juga kerap menyamakan rumah kontemporer dengan yang berdesain modern. Padahal desain modern mengacu pada desain yang muncul di awal hingga pertengahan abad ke-20, sedangkan kontemporer secara spesifik mengacu pada desain kekinian tertentu.

BACA JUGA  Intip 5 Desain Bordes Tangga Paling Inspiratif untuk Hunian

Lebih fleksibel daripada sekadar modern, desain kontemporer juga meminjam banyak elemen dari berbagai gaya. Itulah mengapa rumah berdesain kontemporer menghasilkan tampilan yang lebih segar dan unik, serta merepresentasikan tren suatu era atau dekade yang spesifik.

Jadi, perbedaan rumah kontemporer dengan rumah desain minimalis terletak pada era yang direpresentasikannya. Jika rumah dengan desain modern mencakup era yang lebih luas, rumah kontemporer secara spesifik mewakili tren suatu era.

Itulah tadi perbedaan antara rumah kontemporer dengan rumah berdesain minimalis dan rumah berdesain modern. Untuk lebih jelasnya, berikut ini sederet karakteristik rumah kontemporer yang lebih dari sekadar estetika:

  • Pencahayaan natural rumah kontemporer

Jendela dan bukaan yang besar merupakan hal yang lazim ditemukan pada rumah dengan desain kontemporer. Ini membuat pencahayaan natural yang maksimal di dalam ruang-ruangnya.

  • Pilihan warna netral rumah kontemporer

Pilihan warna netral menjadi bagian dari desain rumah kontemporer. Penggunaan warna-warna netral seperti putih, hitam, krem, dan grayscale merupakan salah satu ciri dari desain kontemporer.

  • Dekorasi minimalis rumah kontemporer

Dekorasi di rumah kontemporer lebih sedikit, atau menjadikannya pusat perhatian dalam ruang. Misalnya Memasang lukisan atau karya seni lain berukuran yang besar di dinding.

  • Elemen alam pada rumah kontemporer

Material natural seperti kayu, batu-batu alam, atau memasukan tanaman ke dalam tata ruang merupakan bagian dari karakter rumah kontemporer. Rumah kontemporer bahkan kerap menerapkan penggunaan tanaman pada bagian rumah yang cenderung tak lazim seperti atap.

  • Elemen industrial pada rumah kontemporer

Kesan industrial dari penggunaan beton, atau besi tanpa finishing juga kerap diaplikasikan pada desain rumah kontemporer. Biasanya elemen industrial ini dipadukan dengan detail minimalis sehingga berkesan kekinian atau kontemporer.

  • Kesan futuristik rumah kontemporer

Rumah kontemporer kerap berkesan futuristik atau seperti berasal dari masa depan. Ini karena perpaduan elemen alam dan industrial, serta garis desain minimalis, menghasilkan bentuk bangunan yang unik.

BACA JUGA  Penyedia Jasa Desain Kantor

Keunggulan Rumah Kontemporer

Perubahan zaman menuntut kita untuk beradaptasi, termasuk dalam hal pemenuhan kebutuhan akan hunian yang nyaman. Rumah kontemporer pun menjadi salah satu jawaban atas permasalahan ini.

Tak hanya bisa diterapkan pada lahan luas, desain rumah kontemporer pun bisa diaplikasikan pada lahan terbatas. Ini pula yang menjadi salah satu keunggulan rumah kontemporer dan menjadi daya tarik tersendiri.

Jadi selain desain yang unik dan eye-catchy, rumah kontemporer pun fungsional dan beradaptasi dengan tantangan zaman. Berikut ini beberapa keunggulan rumah kontemporer:

  • Rumah kontemporer berdesain unik

Rumah dengan desain bergaya kontemporer tidak terikat pada garis waktu tertentu dan juga tidak terbatas pada satu gaya tertentu. Ini membuat rumah kontemporer menjadi unik dibanding yang lain.

  • Rumah kontemporer lebih eco-friendly

Tak cuma unik, rumah kontemporer juga ramah lingkungan. Elemen alam dari material natural maupun daur ulang, juga bukaan yang memungkinkan cahaya masuk ke dalam ruang (hemat listrik), membuat rumah kontemporer jadi lebih eco-friendly.

  • Rumah kontemporer cocok untuk lahan sempit

Tak cuma desainnya yang kekinian, secara fungsi pun rumah kontemporer sesuai dengan kebutuhan hunian zaman sekarang. Menjawab kebutuhan masa kini akan hunian di lahan sempit, rumah kontemporer pun bisa diterapkan pada luas tanah terbatas.

Contoh Desain Rumah Kontemporer

1. Desain Rumah Kontemporer dengan Elemen Garis Lengkung

Permainan garis lengkung pada desain minimalis yang dipadu elemen alam memberi kesan futuristik yang unik (foto: Archived Curbed)

Permainan garis lengkung pada desain minimalis yang dipadu elemen alam memberi kesan futuristik yang unik.  Pada umumnya, rumah minimalis memiliki bentuk sederhana berbentuk kotak atau kubus, tapi rumah kontemporer berinovasi lebih dari itu. Misalnya desain minimalis dengan garis lengkung yang futuristik ini. Permainan garis lengkung pada desain minimalis berpadu dengan elemen alam pada rumah rancangan firma arsitektur asal Rusia, Niko Architect. Hasilnya adalah kesan futuristik yang unik, seperti rumah-rumah di film penjelajahan antariksa. Tak cuma minimalis dengan pemilihan warna netral, desain rumah tersebut juga memberi ruang bagi pencahayaan natural yang maksimal. Jendela-jendela kaca besar memungkinkan cahaya masuk ke dalam ruang-ruang di dalam rumah.

BACA JUGA  Renovasi Rumah Tidak Mahal!

2. Desain Rumah Kontemporer dengan Fasad Minimalis

Fasad minimalis juga merupakan salah satu alternatif desain rumah kontemporer (Foto: Domus)

Seperti yang telah disebutkan, fleksibilitas karakter rumah kontemporer memungkinkan desainnya untuk meminjam berbagai gaya desain. Salah satunya adalah gaya minimalis yang diadopsi untuk tampilan luar bangunan atau fasad. Contohnya adalah rumah dengan gaya minimalis yang asri rancangan tim arsitek dari ArchiBlox yang berbasis di Sydney, Australia, ini.  Rumah kontemporer ini bahkan menerapkan penggunaan tanaman pada bagian rumah yang cenderung tak lazim, yakni di bagian atapnya. Detail alam tersebut membuat rumah ini khas dan unik.

3. Desain Rumah Kontemporer untuk Lahan Terbatas

Tak harus luas, desain rumah kontemporer juga bisa diaplikasikan untuk lahan terbatas (foto: Yanko Design)

Desain rumah kontemporer memaksimalkan fungsi ruang agar lebih lapang dan luas. Rumah kabin adalah jawaban atas kebutuhan hunian nyaman yang mengedepankan fungsi, sambal tetap menonjolkan keunikan desain. Meski berada di lahan terbatas, rumah kontemporer milik Alice Hansen dari Tasmania, Australia, ini misalnya, tampak stand out dan unik. Mengambil inspirasi dari desain minimalis Skandinavia, rumah tersebut menggabungkan elemen alam serta banyak bukaan. Rumah mungil pun tetap nyaman dan eco-friendly.

Nah, itu tadi penjelasan tentang desain rumah kontemporer, beserta inspirasi desain dengan gaya kontemporer. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624