Mengenal Woodplank, Kelebihan dan Kekurangannya

8 Plus Minus Wood Plank dan Pengertiannya | Rumah.com

Jasa Arsitek JogjaMengenal Woodplank, Kelebihan dan Kekurangannya. Woodplank bisa menjadi alternatif bagi kamu yang menyukai material kayu. Bahan ini memiliki sejumlah kelebihan dan juga kekurangan. Kayu masih menjadi pilihan untuk plafon, atap, jendela, pagar, pintu, dinding rumah, dan juga lainnya. Material ini memang memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

 

 

Woodplank Memiliki Ketahanan yang Prima

sebuah pagar minimalis menggunakan woodplank

Salah satu kelebihan dari woodplank adalah daya tahannya. Berbeda dengan kayu asli, material woodplank memiliki ketahanan yang lebih baik. Pertama, woodplank tidak mudah terbakar sehingga dapat meminimalisir risiko kebakaran.

Penampilan Woodplank yang Natural dan Estetik

pagar rumah estetik dengan material woodplank

Untuk memaksimalkan penampilannya, woodplank juga bisa kamu lapisi cat rumah berbahan dasar air sehingga hasil akhirnya lebih sesuai dengan konsep rumah yang ingin kamu tonjolkan. Jika tertarik menggunakan woodplank pada bagian eksterior rumah, kamu dapat menggunakan cat yang tahan terhadap cuaca agar lebih tahan lama.

Woodplank Sangat Awet dan Tahan Lama

tekstur material woodplank

Selain anti rayap dan tidak mudah terbakar, woodplank juga tidak dapat menyerap air sehingga hunianmu akan selalu terbebas dari lembap. Selain itu, woodplank pun tidak mudah melengkung, memuai, ataupun menyusut, bahkan cenderung mudah untuk dibersihkan karena kamu cukup mencucinya menggunakan air saja.

Woodplank Ramah Lingkungan dan Mudah Dipasang

material woodplank untuk bangunan rumah

Kelebihan lain yang dimiliki oleh woodplank adalah tidak adanya kandungan asbes yang membahayakan, sangat ramah lingkungan. Terkait penggunaanya, woodplank juga cukup mudah diinstalasi karena kamu bisa memasangnya secara langsung pada material lain, seperti metal bahkan rangka berbahan kayu sekalipun!

Bobot Woodplank Cenderung Berat

tiga tumpuk woodplank dengan warna yang berbeda

Meskipun material ini memiliki banyak keunggulan, tapi kamu juga harus memperhatikan kekurangan dari woodplank sebelum menggunakannya. Woodplank memiliki bobot yang sangat berat. Kamu pun sebaiknya memakai jasa tukang profesional agar bisa memasang woodplank secara presisi.

BACA JUGA  Macam cat kayu beserta pengertiannya

Woodplank Tidak Tahan Benturan

penggunaan material woodplank pada bangunan

Kekurangan lain dari woodplank adalah tidak tahan terhadap benturan oleh benda berat. Selain itu, kamu juga harus menjauhkan woodplank dari benda tajam karena material ini tergolong rentan terhadap goresan sehingga akan mengganggu penampilannya.

Nah, apakah kamu tertarik menggunakan woodplank di rumah kesayangan?

Selain informasi di atas, simak juga berbagai referensi menarik lain melalui artikel Arsitek Indo Kontraktor!

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624