MENGENAL KAYU MERANTI

Arsitek Indo Kontraktor – Pernah mendengar kayu meranti? Jenis kayu ini sangat populer dan paling komersial khususnya di kawasan Asia Tenggara. Pada umumnya kayu ini digunakan untuk  sebagai bahan baku pembuatan konstruksi bangunan maupun bahan dasar furnitur. Kayu ini mempunyai ciri khas yang mudah dikenali, yaitu permukaanya yang berwarna merah muda pucat, merah muda kecokelatan, merah tua, sampai merah tua kecoklatan.

 

1. Mudah Dikeringkan

Kayu Meranti Mudah Dikeringkan

Setiap kayu pasti memiliki kadar airnya tersendiri, begitu juga kayu Meranti dengan Berat jenisnya yang berkisar antara 0,3 – 0,86 pada kandungan air 15%. Namun, kayu Meranti masih termasuk ke dalam kayu yang mudah dibebaskan dari banyaknya kadar air yang terkandung.

Pengeringan kayu Meranti bisa dilakukan secara alami dengan sinar matahari maupun dengan memakai alat. Biasanya, pengeringan kayu ini bertujuan untuk menjaga ukuran dan bentuk kayu supaya tetap stabil.

2. Tergolong Awet

Kayu Meranti Awet

Menurut kekuatannya, jenis-jenis meranti merah dapat digolongkan dalam kelas kuat II-IV (hingga 15 tahun), sedangkan keawetannya tergolong dalam kelas III-IV (hingga 10 tahun). Terdapat 5 tingkatan klasifikasi kayu, semakin kecil tingkat kelas, semakin awet kayu suatu jenis kayu. Kayu Meranti merah juga cukup mudah diawetkan dengan menggunakan campuran minyak diesel dengan kreosot.

3. Strukturnya Keras

Rangka Atap Kayu Meranti

Kayu meranti dapat dimasukkan ke dalam jenis kayu yang keras. Bentuk dan ukuran kayu meranti tidak mudah mengalami perubahan. Kayu meranti juga tak gampang memuai atau menyusut yang diakibatkan oleh perubahan suhu.

Kayu ini terbilang cukup stabil sehingga sangat bagus digunakan sebagai material penyusun struktur bangunan dan sketsa bangunan, khususnya rangka atap. Dengan dipakainya kayu meranti, rangka atap sebuah bangunan akan bertahan lama.

4. Bahan Furnitur

Bahan Furnitur Kayu Meranti

Karena kualitas kayu meranti yang mudah dibentuk, kayu meranti dapat dijadikan aneka macam furnitur. Maka dari itu, kayu meranti memiliki harga beli yang sangat tinggi karena manfaatnya yang terwujud dalam furnitur yang kita lihat sehari-hari.

5. Bahan Konstruksi Bangunan

Bahan Konstruksi Bangunan Kayu Meranti

Tekstur keras dan memiliki ketahanan yang lama, menjadikan manfaat kayu meranti ini sebagai salah satu jenis kayu yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi bangunan seperti untuk pembuatan rangka atap, parket lantai, railing tangga, pintu, jendela, bahkan alas lantai.

6. Bahan Pembuat Kertas

Bubur Kayu Meranti

Kayu meranti memang merupakan bahan yang mudah untuk dijadikan kayu olahan. Kayu olahan dari kayu meranti dapat bermanfaat untuk berbagai hal, seperti papan partikel, harbor, dan venir untuk kayu lapis. Selain itu, kayu olahan dari kayu meranti ini cocok untuk dijadikan bubur kayu, bahan utama pembuatan kertas.

7. Kayu yang Paling Mendekati Sempurna

Kayu Meranti Mendekati Sempurna

Mengapa dapat dibilang demikian? Karena kayu meranti ini memiliki beberapa keistimewaan, di antaranya adalah pohon dari kayu meranti memiliki bentuk batang bulat silindris, dengan tinggi total mencapai 40-50 m.

Kulit kayu meranti rata atau beralur dalam atau dangkal, berwarna keabu-abuan sampai coklat, memiliki batang yang lurus, berdiamter besar, bebas cabang, minim cacat mata kayu di mana kayu meranti memiliki kemampuan pruning: yaitu pembebasan cabang pohon alami yang mandiri sehingga menjadikannya kayu yang kaya akan manfaat dan kelebihan.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624