Mengenal 7 Jenis Kompor Gas Sesuai Kebutuhanmu

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Seberapa mewah dan luasnya dapurmu, ruangan tersebut tidak akan lengkap tanpa kehadiran peralatan dapur terpenting saat memasak, yaitu kompor. Kompor yang paling umum digunakan adalah kompor gas karena praktis dan tabung gasnya mudah diperjual-belikan. Tidak ada lagi cerita repot memasak karena harus menyalakan sumbu atau mencari kayu bakar. Kita perlu mengenal 7 jenis kompor gas sesuai kebutuhanmu

 

1. Kompor gas satu tungku

Jenis kompor pertama ini sering juga disebut dengan kompor bertungku tunggal karena hanya memiliki satu tungku perapian. Kompor yang satu ini sangat cocok untuk digunakan pada dapur berukuran kecil agar lebih menghemat ruangan. Selain itu, kompor mini ini cocok untuk kamu yang masih tinggal sendiri seperti di kost dan lebih sering makan di luar. Kompor ini pas digunakan untuk sekadar memanaskan air, menggoreng telur, memasak makanan instan, menghangatkan makanan, atau memasak makanan yang sederhana. Selain harganya lebih murah, kompor satu tungku ini juga cukup ramah lingkungan karena penggunaan gasnya yang pastinya jauh lebih hemat.

2. Kompor gas dua tungku

Nah jenis kompor dua tungku ini merupakan jenis kompor yang paling banyak diminati dan digunakan oleh banyak rumah tangga di Indonesia. Dengan kompor ini, kamu bisa memasak dua hidangan sekaligus sehingga membuat pekerjaan memasak bisa selesai dengan lebih cepat. Untuk soal harga, kompor dua tungku memiliki harga yang masih cukup ekonomis namun dengan manfaat yang lebih banyak. Kompor dua tungku juga dapat dijadikan kompor tambahan bila kamu memang sudah punya kompor utama di rumah.

3. Kompor gas empat tungku

Kompor dengan empat tungku ini lebih keren dan efisien karena memiliki empat tungku sekaligus untuk digunakan. Biasanya kompor jenis ini digunakan oleh orang-orang yang hobi memasak atau juga koki profesional. Kompor ini cocok digunakan untuk beberapa hidangan yang bahan-bahannya perlu dimasak dengan cara yang berbeda untuk kemudian dicampurkan dalam waktu yang bersamaan. Tipe hidangan dengan tingkat kerumitan ini memang sebaiknya dimasak dengan menggunakan kompor empat tungku untuk menghemat waktu.

BACA JUGA  Kenali Tanah Rumah Bagus

Ada tiga model kompor empat tungku yang biasa digunakan, yaitu model empat tungku memanjang horizontal, model dua tungku horizontal plus dua tingkat vertikal, dan model empat tungku bertumpuan.

4. Kompor gas portabel

Jenis kompor yang satu ini merupakan jenis yang paling sering ditemui pada dapur rumah tangga. Harganya pun termasuk sangat terjangkau. Komponen dari kompor ini mudah dibongkar pasang sehingga dapat dipindahkan dengan mudah. Biasanya bagian kompor diletakkan di atas meja dapur, selangnya dipasang melewati bagian belakang meja, dan tabung gasnya berada di bawah meja. Biasanya, kompor portabel dibuat dua atau satu tungku.

5. Kompor gas freestanding

Kompor freestanding memiliki ukuran yang paling besar di antara jenis kompor lainnya. Ini berdiri sendiri dan memiliki pelindung khusus di bagian belakangnya yang berfungsi sebagai backsplash dapur. Kompor jenis ini biasanya terdiri dari empat atau enam tungku, sedangkan di bagian bawahnya terdapat oven. Kompor ini sangat cocok untuk kamu yang hobi memasak makanan serta kue-kue. Selain lebih praktis dan hemat tempat, kompor ini pun lebih menghemat dana karena kamu sudah bisa mendapatkan kompor dan oven sekaligus.

6. Kompor gas tanam

Jenis kompor tanam dibuat menyatu dengan kitchen island. Sifatnya yang permanen membuat kamu harus mempertimbangkan banyak hal sebelum membuatnya. Tungku kompornya ada yang terdapat dua atau empat buah. Nah kamu bisa menyesuaikan banyaknya dengan kebutuhan memasak kamu sehari-hari. Modelnya yang tanam juga membuat tampilannya terlihat sangat rapi dan juga elegan.

7. Kompor gas hybrid

Model kompor terakhir adalah kompor hybrid yang merupakan kombinasi antara kompor gas dengan kompor listrik dalam satu bagian. Kompor ini memang jauh lebih unggul secara fungsi karena adanya pilihan kompor listrik di samping kompor gas utama. Dengan kompor ini, kamu tak perlu khawatir kehabisan gas karena kamu bisa melanjutkan memasak dengan kompor listrik.