Sebuah hunian bukan cuma sekadar hunian asri, sehat dan nyaman, melainkan juga sehat. Di sisi lain, rumah ideal juga haruslah ramah lingkungan. Memang, pada praktiknya, ketiga faktor tersebut sangatlah relatif. Namun, ada juga lho beberapa kriteria rumah ideal yang bisa Anda terapkan di rumah. Berikut adalah lima cara mudah dalam mewujudkan hunian indah, sehat, dan nyaman.

Fungsi Ruang

Rancanglah interior rumah sesuai dengan fungsi ruang. Sebagai contoh, penempatan jendela besar pada ruang tidur yang menghadap ke luar area. Bukan hanya dapat memanjakan mata dengan pemandangan cantik dan meneduhkan, cara ini juga didapati mampu mereduksi stres dan menciptakan suasana rileks dan tenang.

Perhatikan pula faktor pencahayaan. Bagaimana pun, jendela besar bukan hanya membuka jalan bagi keluar-masuk angin. Lebih dari itu, cara ini bahkan mampu menghemat energi listrik, dengan menciptakan celah bagi cahaya untuk masuk ke ruangan.

Warna

Ada banyak faktor penunjang hunian ideal. Salah satunya, warna. Tidak dapat dimungkiri, pemilihan warna tidak hanya memengaruhi keindahan sebuah hunian, melainkan juga psikologi penghuninya.

Sebagai salah satu tips, Anda dapat meniru konsep clean look dengan dominasi warna putih. Nah, penambahan warna-warna cerah–melalui aksen bantal sofa, meja tamu, dsb–sebagai pendukung juga mampu membuat ruangan tampil lebih dinamis dan ceria.

Material Bangunan

Selain kokoh dan tahan lama, disarankan untuk memilih material bangunan yang aman bagi kesehatan. Sebagai ilustrasi, salah memilih cat bisa berdampak pada sesak napas lantaran bau–apalagi jika Anda penderita asma.

Sirkulasi Udara

Biarkan udara mengalir memasuki setiap ruang Anda. Nah, agar lebih maksimal, usahakan ada ventilasi silang pada ruang, baik secara horizontal maupun vertikal.

Adapun penggunaan inner court di tengah bangunan depan dan belakang dapat Anda jadikan inspirasi untuk menghadirkan sirkulasi udara dan cahaya yang mumpuni. Bukan hanya memungkinkan setiap ruangan mendapatkan jendela secara alami, cara ini juga mampu meminimalkan panas, pengap, atau justru lembap yang mengganggu kenyamanan penghuni. Kadang kala, terlalu banyak bukaan justru berisiko mendatangkan panas dan silau. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan kanopi atau tirai untuk menghalau cahaya Matahari.

Ruang Terbuka Hijau

Pada praktiknya, keberadaan ruang terbuka hijau di area rumah adalah hal penting. Tidak sekadar penambah nilai estetika ruang, melainkan juga menciptakan mood yang baik bagi penghuni di dalamnya. Di sisi lain, keberadaan tanaman hijau juga mampu meminimalkan polusi, bakteri, bahkan virus di dalam ruangan.