kontraktor jogja

kontraktor jogjaMANFAAT RUANG BAWAH TANAH

Kontraktor Jogja – Pasti pernah bukan Anda mendengar istilah ruang bawah tanah pada rumah? Jika Anda memiliki ruang dibawah tanah, akan gunakan apa ruang bawah tanah tersebut? Menyimpan barang-barang berharga atau yang lainnya mungkin. Berniatkah Anda mendesain rumah Anda dengan ruang bawah tanah?

Kelebihan Basement

Arsitek Jerrino Soedarno mengungkapkan, dibandingkan dengan bangunan di atas permukaan tanah, basement sebenarnya memiliki kelebihan.

Hal ini disebabkan tanah merupakan material yang memiliki kapasitas menyerap panas yang kecil. Oleh karenanya, naik–turunnya temperatur tanah juga terbilang minim. Temperatur yang relatif stabil ini sangat baik bagi tembok.

Tembok basement akan tetap dingin. Berbeda dengan tembok di atas permukaan tanah yang selalu mendapatkan radiasi langsung dari matahari, sehingga temperaturnya bisa amat tinggi di siang hari, namun turun drastis di malam hari.

Dalam kondisi berada di bawah tanah, panas di dalam basement sebagian besarnya berasal dari dalam basement itu sendiri. Panas itu terutama datang dari para penghuni dan ragam perkakas yang mereka gunakan.

“Namun tetap saja, bila tidak ada pergantian udara di ruang basement, maka permasalahan-permasalahan (seperti kelembapan dan panas) akan mengganggu dan tidak baik untuk kesehatan,” tambah Jerrino.

Tips Membuat Basement

Jerrino memberikan beberapa tips bagi Anda yang ingin membangun basement.

Hal pertama yang perlu Anda rencanakan adalah tipe basement yang akan dibangun. Secara sederhana, basement dapat dikelompokkan menjadi dua: tipe yang tertutup sepenuhnya (fully covered basement) dan yang terbuka sebagian (partial basement).

Jerrino mengungkapkan, masalah utama pada basement tertutup terkait dengan kelembapan, bau, kecukupan oksigen, karat, panas, dan pencahayaan. Jika pengerjaan konstruksinya kurang baik, air tanah dapat merembes melalui tembok. Ini akan menyebabkan masalah kelembapan yang diikuti tumbuhnya jamur dan cendawan. Efek lanjutannya, tentu saja adalah timbulnya bau tidak sedap.

Oleh karena itu, pada saat pengerjaan konstruksi, bagian tembok dan lantai harus betul-betul diperhatikan. Paling baik jika lantai basement terbuat dari beton. Adapun untuk dinding, dalam pengerjaannya perlu diperhatikan bahwa tembok basement rawan mengalami kondensasi akibat turunnya suhu dan meningkatnya kelembapan udara. Akan lebih baik pula bila dinding-dinding ini dilapisi dengan kedap air (water proofing) untuk mencegah bocor dan rembesan.

Permasalahan-permasalahan yang kerap muncul pada basement tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan beberapa cara. Misalnya, dengan memasang exhaust atau AC untuk mengurangi kelembapan dan panas, serta menjaga kecukupan oksigen. Akan tetapi, cara-cara seperti ini ada konsekuensinya, yakni biaya operasional listrik yang bertambah.

Jerrino menyarankan, untuk rumah tinggal sebaiknya memilih basement yang semi tertutup atau terbuka sebagian. Pada basement tipe ini sebagian sisinya berada di atas permukaan tanah, sehingga dimungkinkan adanya pencahayaan alami serta sirkulasi udara yang lebih lancar. Dengan cara ini, masalah panas, bau, dan kekurangan oksigen juga dapat diatasi secara natural.

Terima kasih Sudah mengunjungi website kami Kontraktor Jogja, semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

JASA ARSITEK JOGJA – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624