sumber : dekoruma.com

MANFAAT KAMAR MANDI BERSIH

Arsitek Indo Kontraktor – Setujukah Anda, jika kamar mandi harus terjaga kebersihannya? Dengan kamar mandi bersih,  maka kesehatan kita sebagai penghuni rumah dan pengguna kamar mandi akan sehat bukan? Untuk itu, yuk jaga kesehatan kita, salah satunya dengan cara membersihkan kamar mandi. Nah membahas soal membersihkan kamar mandi, perlu kita ketahui beberapa manfaatnya berikut ini :

1. Tubuh Yang Sehat

Sebuah studi tentang mikroba yang diterbitkan dalam “Applied and Environmental Microbiology” menemukan jejak genetik lebih dari 77.000 jenis bakteri dan virus yang berbeda di ruang-ruang toilet umum yang menjadi sampel.

Bahkan setelah dibersihkan, eksperimen membuktikan bahwa permukaan kamar mandi tidak selalu bebas dari mikroba. Menurut peneliti yang mempelajari tentang toilet di San Diego State University, California, dalam satu jam pembersihan dan desinfektan, kamar mandi akan tetap terkontaminasi ulang dengan mikroba dan bakteri fecal.

Beberapa bakteri yang biasanya hidup dan berkembang biak kamar mandi antara lain Influenza, Streptococcus, E. coli, Hepatitis, Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA), Salmonella, Shigella, dan Norovirus.

Memang, ada begitu banyak variabel di kamar kecil Anda sehingga tidak mungkin menghilangkan semua bakteri dan kuman yang ada.

Tapi, setidaknya Anda telah melakukan pembersihan maksimal setiap minggunya dengan pembersih khusus kamar mandi yang anti kuman, agar Anda terbebas dari serangan mikroba yang dapat berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga : Desain Kamar Mandi yang Nyaman


2. Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Selain untuk menghilangkan bakteri dan kuman, membersihkan kamar mandi secara rutin dapat berguna untuk menghilangkan bau tidak sedap yang menempel di kamar mandi.

Bau tidak sedap bisa jadi muncul karena pipa air yang memang terkadang menghasilkan aroma busuk, atau bisa jadi karena banyaknya kotoran yang menempel di dinding kamar mandi Anda.

Bau tidak sedap akan hilang seiring dengan berjalannya waktu jika Anda rutin membersihkan kamar mandi seminggu sekali.


3. Mengurangi Penyebaran Penyakit

Mungkin terdengar menjijikkan, tetapi tanpa disadari, bakteri dapat dengan mudahnya berpindah dari toilet, wastafel, hingga sikat gigi dan perlengkapan mandi lainnya. Mereka juga berkembang biak dengan cepat, dan karena jumlahnya yang tak sedikit, bakteri bisa membawa banyak penyakit berbahaya bagi kesehatan Anda.

Membersihkan kamar mandi dan toilet secara teratur dapat mengurangi resiko anda terkena penyakit yang dibawa dari dalam toilet. Menjijikkan!

Baca juga : Penyebab Timbul Kerak Kamar Mandi


4. Melindungi Kamar Mandi Dari Kelembaban

Banyak orang tidak menyadari kerusakan yang bisa ditimbulkan dari kamar mandi yang kelewat lembap. Jika kamar mandi Anda tidak dibersihkan dengan benar, lumut, dan kerak di akan mulai timbul dengan cepat. Dan jika Anda terus menunda pembersihannya, tembok kamar mandi akan retak dan semakin sulit diperbaiki.

Untuk membersihkan kamar mandi dengan benar, keluarkan semua barang yang tidak Anda butuhkan sebelum melakukan pembersihan. Gunakan disinfektan pada wastafel toilet, baskom, dan bak mandi lalu biarkan selama beberapa waktu untuk membersihkan kotoran.

Saat membersihkan kamar mandi, usahakan membuka jendela dan supaya udara bersirkulasi. Ini berguna untuk mengurangi diri anda dari paparan zat kimia pembersih kamar mandi. Kalau tidak mau menggunakan pembersih penuh bahan kimia berbahaya, disarankan juga untuk menggunakan pembersih alami seperti baking soda dan cuka.

Anda bisa menggunakan sarung tangan karet dan juga masker untuk melindungi Anda dari zat kimia berbahaya, dan melindungi kulit Anda dari bakteri dan kuman yang bisa menempel dikulit saat sedang sibuk membersihkan.

Itulah dia 4 manfaat utama membersihkan kamar mandi yang bisa anda rasakan. Jangan malas, dan mulai bersihkan kamar mandi secara rutin!

sumber : https://blog.kliknclean.com/

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624