MACAM RUMAH ADAT

Kontraktor Jogja – Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas bahwa di Indonesia, seperti yang kita ketahui kita punya banyak ragam adat dan budaya. Kita juga mempunyai beragam rumah adat. Tahukah Anda apa saja macam dari rumah adat? yuk kenali rumah adat pada artikel berikut ini.

16. Rumah Adat Riau “Selaso Jatuh Kembar” 

Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar, Riau
riauberbagiblogspot.com

Selaso jatuh kembar adalah rumah adat di Indonesia, yang berasal dari Provinsi Riau, berdasarkan sejarah. Rumah adat selaso jatuh kembar, memiliki rumah yang mempunyai dua selasar.

Selasar memiliki arti posisi lantai yang lebih rendah dari pada ruangan tengah, biasanya digunakan sebagai tempat berkumpul. Dan juga sebagai tempat musyawarah dalam satu keluarga atau balai keluarga.

Dan pada sekarang ini sudah mulai jarang ada, rumah selasor hanya dapat kita jumpai satu atau beberapa saja di setiap desa.


17. Rumah Adat Kepulauan Riau “Belah Bubung”

 Rumah Adat Belah Bubung, Kepulauan Riau
satujam.com

Belah bubung adalah rumah tradisional yang berasal dari provinsi Kepulauan Riau. Rumah ini memiliki ciri khas yang berbeda yaitu dengan bentuk atap yang berfariasi.

  Rumah Adat Bengkulu

Atap lipat yang berbentuk curam kebawah, dan atap lipat yang berbentuk datar, serta atap layar yang berbentuk menyusun dan atap panjang berbentuk sejajar sama, serta atap yang bergabung melintang.

Pada umumnya rumah adat belah bubung, terbagi menjadi empat bagian ruangan dalam. Yaitu ruang selasar, ruang induk, ruang penghubung antara dapur dan dapur.


18. Rumah Adat Bali “Gampura Candi Bentar”

Rumah Adat Gampura Candi Bentar, Bali
anakpintar.web.id

Gapura candi, merupakan rumah adat yang berasal dari Bali, Pura ini masih menganggkat dan mejunjung tinggi. Budaya dan adat istiadat.

Daerah yang memiliki kekentalan budaya dan adat istiadat sudah menyatu dalam ke agama mayoritas didaerah sana. yaitu kebanyakan mayoritas beragama hindu.

Sehingga bentuk rumah gapura candi bentar ini hampir menyerupai dengan lengkap dengan gapura masuknya. Berbeda dengan kebanyakan rumah adat yang lainya.

Rumah adat Provinsi bali ini, masih sangat mudah untuk kita jumpai di bali, karena disana masih memaegang teguh budaya dan adatnya. salah satu rumah adat di indonesia yang masih banyak didirikan dan masih bisa kita jumpai disini tentunya.


19. Rumah Adat Kalimantan Barat “Panjang”

Rumah Adat Panjang, Kalimantan Barat
lihat.co.id

Panjang merupakan rumah adat yang berasal dari Kalimantan Barat, tepatnya pada suku dayak Borneo Barat. Rumah ini hampir sama dengan rumah panggung yang memanjang.

Dengan tiang penyangga tinggi dan anak tangga lebar, akan tetapi rumah adat ini sudah sangat sulit. Untuk dijumpai diwilayah asalnya, mungkin bisa dikatakan sudah punah dimakan usia.

Kini hanytya bisa kita temui dengan arsitektur dan bentuk yang langka, hanya ada di taman mini indonesia indah saja, kita dapat menemukan rumah adat panjang.


20. Rumah Adat Kalimantan Tengah “Betang”

Rumah Adat Betang, Kalimantan Tengah
mahakam24.blogspot.com

Betang merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi Kalimantan Tengah. Rumah batang sebenarnya juga hampir mirip arsitekturnya dengan rumah panjang di Kalimantan Barat,

Hanya saja yang membedakan bentuk dan ukuran lebih besar dan dibangun pada ukuran tanah yang lebih luas. Dari pada rumah adat panjang, pada umunnya rumah adat betang dibangun dibngun diatas tanah eluas 150 meter x lebar 30 meter tinggi 3-5 meter.

Sehingga jika di hitung, satu rumah betang mampu menampung 150 jiwa, Bila diukur sebagai ukuran rumah adat di indonesia. Maka rumah betang merupakan, rumah adat di indonesia terbesar kedua.


21. Rumah Adat Kalimantan Timur “Lamin”

Rumah Adat Lamin, Kalimantan Timur
nedhitablogspot.com

Lamin merupakan, rumah adat yang berasa dari suku daya timur, Kutai, dan banjar. Rumah lamin berntuk layaknya seperti rumah dayak panjang, dan rumah bentang.

Namun jika diukur besar rumah adat lamin, memiliki dua kali ukuran lebih besar dari pada rumah betang. Dengan ukuran panjang 300 meter, x lebar 15 meter, dan x  tinggi 3-5 meter.

Itu artinya rumah lamin merupakan, rumah adat di ndonesia, terbesar nomor satu jika dibandungkan dengan rumah adat yang lain. Dan dapat menampung sekitar 250 orang, atau setara sengan 40-45 kepala keluarga.


22. Rumah Adat Kalimantan Selatan “Bubungan Tinggi”

Rumah Adat Bubungan Tinggi, Kalimantan Selatan
kebudayaanindonesia.net

Bunbungan meruoakan rumah adat tradisional dari suku dayak selatan, diamana gaya arsitektur. Rumah dayak yang satu ini sedikit berbeda dari rumah daya lainya.

Meski demikian, nilai sejarah dan juga kebanggan tidak kalah dengan rumah yang lainya. Bisa dibilang bahwa rumah adat bubungan tinggi, lebih menonjolkan pada struktur bangunan yang tinggi dan kokoh.

Akan hal ini rumah adat di Indonesia yang satu ini, lebih mengutamakan konsep bangunan. Dari pada mengutamakan daya tampung bangunan


23. Rumah Adat Kalimantan Utara “Baloy”

Rumah Adat Bubungan Tinggi, Kalimantan Selatan
folksofdayaks.wordpress.com

Beloy merupakan rumah adat yang berasal daru kalimantan utara, meski provinsi kalimantan utara merupakan provinsi baru. Namun rumah adatnya dan juga kebudayaan sudah ada sejak jaman dulu.

Rumah adat baloy terinspirasi dari rumah suk tidung, yang berada di wilayah Kalimantan Utara. Dan juga rumah adat Kalimantan Utara, biasa digunakan sebagai maskot daerah, dan juga sebagai daya tarik untuk wisatawan.


24. Rumah Adat Sulawesi Utara “Pewaris”

Rumah Adat Pewaris, Sulawesi Utara
pajaa.com

Pewaris merupakan rumah adat yang berasal dari minahasa, yang merupakan suku asli dari Provonsi Sulawesi Utara. Rumah leluhur atau rumah welawangkoa, yang menyerupai rumah panggung.

Dengan tiang balok kayu dan dua buah tangga kanan kiri dibagian depan, Hampir dari mayoritas rumah adat di Indonesia. Terbuat dari bahan kayu asli semua, selain itu, keunikan pada rumah adat yang satu ini terdapat pada pembagia ruangannya.

Ada ruangan yang bernama setup emperan, yang digunakan sebagai temoat penerima tamu dan juga berfingsi sebagai ruangan tempat untuk tidur. Serta ruangan sangkor sebagai tempat penyimpanan makanan dan lumbung padi.


25. Rumah Adat Sulawesi Tengah “Tambi”

Rumah Adat Tambi, Sulawesi Tengah
ferdisaid.blogspot.com

Rumah adat tambi adalah rumah adat tradisional yang berasal dari Sulawesi Tengah, rumah ini memilki bentuk persegi panjang. dengan bentuk menyerupai rumah panggung.

Bahan yang digunakan sebagai pembuatan rumah ini kebanyakan terbuat dari bahan kayu asli dan juga batu alam. Dalam rumah adat tambi juga dikenal alam pembagian ruang, diaman ruangan lumayan lengkap.

Seperti, ruaang-ruang utama, ruang dapur, ruang tamu, semuanya berkumpul menjadi satu, dengan pembatas yaitu sekat. Ada kepercayaan tersendiriyang mengatakan bahwa rumah adat tambi, hanya boleh dibangun menghadap ke utara atau ke arah selatan saja.

Untuk membedakan derajat status sosial, biasanya dibuat embeda berdasarkan jumlah anak tangga. Rumah orang kaya atau besar, ditandai dengan anak tangga berjumlah genap, sedangkan rumah orang biasa, denga anak tangga ganjil.


26. Rumah Adat Sulawesi Tenggara “Buton”

Rumah Adat Buton, Sulawesi Tenggara
stickraft.blogspot.com
Rumah adat buton adalah rumah adat di indonesia yang berasal dari provinsi Sulawesi Sumatra Tenggara. Dari berbagai bentuk seni konstruksi bangunannya cukup unik.

Karena rumah adat ini di buat dengan empat lantai, dan hanya menggunakan kait kayu, tanpa mengguanakan pasak dan paku. Semua itu menunjukan bahwasanya masyarakat sulawesi tenggara, mempunyai keterampilan bangunan yang luar biasa.

Keterampilan yang dimiliki merupakan warisan turun temurun, dari generasi awal sampai generasi saat ini. Kebanyakan masyarakat yang mahir dalam hal ini, hanya dari kalangan orang tua, yang mahir dalam pengerjaanya.

  Rumah Adat Jawa Tengah

27. Rumah Adat Sulawesi Selatan “Tongkonan”

Rumah Adat Buton, Sulawesi Tenggara
trdisikitamy.id

Rumah adat tonngkongan merupakan rumah adat yang berasal dari suku toraja, rumah adt ini memiliki ciri khas yang sangat mencolok terutama pada bagian atapnya.

Atap tumah adat tangkongan berbentuk seperti perahu terbalik, selain itu dibagian tersbut juga terdapat tanduk kerbau. Yang berada di bagian depan rumah, dan yang paling uniknya lagi rumah adat ini, mempunyai dua fungsi.

Yaitu sebagai tempat tinggal, dan juga sabagai tempat penyimpanan mayat yang sudah meninggal. Tetapi semua terpisah tidak dijadikan satu.


28. Rumah Adat Gorontalo “Dulohupa”

Rumah Adat Dulohupa, Gorontalo
stickraft.blogspot.com

Rumah adat doluhupo adalah rumah yang berasal dari gorontalo, rumah adat di indonesia ini, memiliki gaya atap yang berseni, dengan struktur bangunan menyerupai rumah khas panggung.

Sebagaian besar bahan pembangunan dari rumah adat yang satu ini, kebanyakan berasal dari bahan kayu asli, sama dengan kebanyakan rumah adat di indonesia yang lainya.


29. Rumah Adat Maluku “Baileo”

Rumah Adat Dulohupa, Gorontalo
specialpengetahuan.blogspot.com
Rumah baileo merumakan rumah adat dari Provinsi Maluku, Rumah adat yang satu ini. Lebih menampilkan kemajemukan agama di maluku, dimana terdapat aksen dari beberapa agama serta melambangkan kebudayaan setempat.

Ciri khas yang terlihat adalah pada ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan rumah modern. Oleh karena itu rumah adat ini tidak hanya digunakan sebagai tempat tinggal saja.

Karena biasanya rumah adat ini, biasanya digunakan sebagai upacara adat, dan juga biasa digunakan sebagai media musayawarah. Atau sebagai tempat hiburan lain yang dilaksanakan diasana.

Dan hal yang unik, yang terdapat pada rumah adat yang satu ini adalah dimana setiap ruangan khusus. pasti terdapat rungangan khusus yang digunakan sebagai media penyimpanan benda-benda pusaka suku asli.


30. Rumah Adat Maluku Utara “Sasadu”

Rumah Adat di Indonesia
rendygypsun.id

Rumah adat sasadu adalah rumah adat yang berasal dari Maluku Utara, ruamah adat ini berbentuk seperti rumah panggung. Dengan dekorasi bangunan yang sangat unik.

Keunikan pada bangunan rumah yang satu ini, bisa kita perhatikan dari jumlah pintu yang ada pada rumah adat ini. Ada 6 pintu pada rumah adat ini,dan setiap masing-masung pintu memiliki fungsi masing-masing.

Ada dua pintu unruk keluar masuk, khusus yang hanya boleh digunakan oleh laki-laki. Dan dua pintu yang berbeda khusus hanya boleh digunakan oleh perempuan saja.

Dan dua pintu lagi, khusus hanya boleh digunakan untuk keluar masuk tamu, yang sedang bertamu. Jadi jika diperhatikan rumah adat adat sedadu merupakan, rumah adat di indonesia yang memiliki pintu terbanyak.


31. Rumah Adat Nusa Tenggara Barat “Dalam Loka”

Rumah Adat Dalam Loka, Nusa Tenggara Barat
wisatadirektori.com

Rumah dalam loka merupakan rumah adat yang berasal dari suku-suku asli yang mendiami Nusa Tenggara Barat Suku tersebut diantara lain ialah suku sumbawa, suku sasak, suku dompu dan suku dongu.

Rumah adat dalam loka mempunya cerita sejarah yang cukup unik, pada jaman dahulu rumah adat ini. Tidak boleh diperuntukan sebagai tempat tinggal, tetapi hanya boleh dipakai oleh raja dan juga kepala adat.

Sering dengan berkebangan dan kemajuan zaman, rumah ini sudah di perbolehan sebagai tempat tinggal warga setempat. rumah adat ini masih sangat mudah untuk kita jumpai, terutama di daerah pendesaan dan daerah suku setempat.


32. Rumah Adat Nusa Tenggara Timur “Musalaki”

Rumah Adat Musalaki, Nusa Tenggara Timur
lihat.co.id

Rumah adat mulasaki adalah rumah adat yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, jadi hampir sama rumah adat Nusa Tenggara Barat. akan tetapi ada banyak perbedaan dari bentuk arsitektur, dan juga filosofi.

Akan tetapi jika diikuti caritanya juga sama yaitu hanya ditempati oleh para raja dan juga bangsawan saja. dan para ketua suku terbesar yang di perbolehkan tinggal di rumah ini.

Dan pada saat ini sudah menjadi umu rumah ini sudah ditempati oleh masyarakat sekitar, yaitu warga Nusa Tenggara Timur. Jadi rumah adat Nusa Tenggara Timur dan Rumah Adat Nusa Tenggara barat, merupakan rumah adat di indonesia yang memiliki sejarah yang sama.


33. Rumah Adat Papua “Honai”

Rumah Adat Honai, Papua
adesainminimali.com

Rumah honoi merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Papua, rumah honoi provinsi papua. dibangun hanya dengan kayu dan lalang, diaman dindingnya terbuat dari kayu, dan atapnya dari ilalang.

Rumah adat honai, merupakan rumah adat indonesia yang sempit, terbuat dengan tanpa adanya cendela dan celah cahaya. Semua tertutup rapat tanpa celah cahaya.

Rumah ini dibuat dengan rapat, supaya kondisi didalam rumah agar tetap hangat. Meski kondisi diluar rumah dalam keadaan dingin, karen mayoritas penduduk papua bertempat tinggal di daerah perbukitan dan dataran tinggi.


34. Rumah Adat Papua Barat “Mod Aki Aksa”

Rumah Adat Mod Aki Aksa, Papua Barat
jadhomes.com

Rumah mod aki bisa dibilang dengan rumah kaki seribu yang berasal dari Papua Barat. Bentuknya hampir miripdengan rumah adat honai, akan tetapi rumah adat ini berbentuk rumah adat panggung.

Dimana rumah adat mod aki, memiliki ciri khas, mempunyai banayak penyangga dibagaian bawah lantai rumah. Sehingga rumah adat mod aki aksa, sering disebut sebagai rumah kaki seribu.

Pembuatan rumah adat di indonesia yang satu ini, terbuat dari bahan alam seperti, kayu, pelepah sagu, ilalang dan tali dari kulit pohon.


35. Rumah Adat Teluk Cendrawasih “Lgkojei”

Rumah Adat Lgkojei, Teluk Cendrawasih
lusilallia.blogspot.com

Rumah Lgkojei adalah rumah yang berasal daari suku wamesa yang berada di Provinsi Teluk Cendrawasih. Rumah ini hampir menyerupai dengan rumah mod aki aksa.

Persamaan pada kaki rumah yang memliki banyak penyangga, seperti rumah kaki seribu. Jadi rumah Teluk Cendrawasih juga rumah yang berbentuk rumah kaki seribu.

Akan tetapai rumah adat di indonesia yang satu ini, juga memiliki perbedaan dengan rumah adat di Papua Barat. Bentuknya lebih mirip seperti rumah panggung, dengan atap rumah lebih modern.

Selain itu juga memiliki banyak fentilasi udara, dan juga memiliki lubang cahaya, atau bisa kita bilang. Rumah adat ini merupakan rumah adat perkembangan.

Itulah gambar rumah adat dan nama rumah adat dari 35 provinsi di Indonesia yang alangkah baiknya kita sebagai anak bangsa Indonesia minimal mengetahuinya meskipun tidak melihatnya secara langsung. Semoga artikel yang saya berikan di atas dapat bermanfaat untuk semuanya, terimakasih 😀 .

JASA ARSITEK JOGJA – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

 

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624