Macam Cat Kayu Untuk Kusen

Macam Cat Kayu Untuk Kusen  – Kayu jati atau kusen adaah material pokok dan sangat poenting untuk pembangunan sebuah hunian maupun bangunan lainnya. Harga dari kayu jati atau kusen jati sendiri relatif lebih mahal dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Pewarnaan kusen pntu dan jendela rumah juga harus anda sesuaikan dengan warna dinding rumah. Pada umumnya konsep yang digunakan adalah cat yang berwarna tua maupun muda.

Khusus untuk warna kusen jati minimalis maupun kayu lainnya dengan tampilan tekstur dan serat yang menarik, tentu lebih baik lagi bila pewarnaannya tak memakai cat. Anda dapat memakai pelitur sebagai pelapis kayu kusen yang digunakan. Serat-serat yang unik pada kayu tersebut memiliki daya tarik tersendiri untuk rumah Anda. Dengan begitu, nantinya akan lebih menampilkan sisi natural dan alami pada kusen rumah Anda.

Macam-Macam Cat Untuk Lapisan Kusen Rumah

Ada beberapa macam cat yang dapat digunakan sebagai pelapis kusen rumah Anda, diantaranya :

  • Pelitur, dimana jenis cat yang satu ini sering dipakai secara khusus sebagai lapisan kusen dengan serat-serat kayu yang menarik. Pemakaian cat ini bertujuan menonjolkan sisi natural dan alami pada kusen rumah Anda. Cat yang satu ini juga sangat ideal digunakan di area luar ruangan. Sebab jenis cat yang satu ini tak dapat terkena paparan sinar matahari secara langsung.
  • Cat minyak, merupakan jenis cat yang menjadikan permukaan kusen kayu tertutup sempurna. Pengolesannya sendiri umumnya memakai kuas. Dengan pilihan warna yang sangat banyak serta dapat disesuaikan dengan jenis warna yang diterapkan pada dinding rumah. Pengerjaan cat minyak ini juga sangat singkat dan tak terlalu rumit.
  • Melamik, merupakan jenis cat yang sama seperti pelitur hanya saja pemakaiannya untuk interior rumah. Pengaplikasian cat melamik juga berbeda yakni dengan cara disemprotkan. Umumnya bahan cat yang satu ini lebih mudah masuk pada serat-serat kayu.
  • Duco, merupakan jenis cat yang hampir sama seperti cat minyak namun proses pengerjaannya sangat berbeda. Penggunaan cat ini melalui cara penyemprotan, dengan begitu waktu pengerjaannya pun lebih lama.
  • Poly uretan atau PU, tidak jauh berbeda dengan melamin tapi sayangnya cat yang satu ini hanya dapat menutup bagian pada permukaan kayu. Tak sampai meresap hingga ke bagian dalam serat kayu. Pengaplikasiannya juga sama seperti melamik yakni dengan disemprotkan.

Pemilihan Warna Kusen Kayu Rumah Minimalis

Untuk pemilihan jenis warna pada kusen kayu rumah minimalis, khususnya untuk kayu jati sendiri bisa menggunakan warna cokelat. Belum lagi detail yang terdapat pada serat-serat kayu tampak jelas sehingga menjadikan tampilan pada rumah pun terkesan lebih alami. Selain itu, Anda juga dapat mengkoombinasikan warna kusen jati minimalis sesuai dengan warna pada dinding rumah manapun yang diinginkan.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624