Langkah Memilih Cat Besi Untuk Perlindungan

Langkah Memilih Cat Besi Untuk Perlindungan – Cat merupakan salah satu material yang digunakan untuk finishing yang sangat umum dan sudah sering digunakan. Material cat memiliki jenis masing – masing berdasarkan kegunaannya. Cat besi sendiri termasuk ke dalam jenis cat minyak, dan diformulasi khusus agar mampu menempel kuat dan melindungi material besi. Cat besi sendiri sangat sering digunakan dalam keseharian, baik untuk mengecat pagar besi, pintu besi, hingga teralis besi.

Karena fungsinya yang tak hanya untuk berikan tampilan akhir yang estetik namun juga melindungi material besi, pemilihan cat besi tidak boleh sembarangan. Untuk dapatkan cat besi terbaik sesuai dengan kebutuhanmu, simak tips memilih cat besi yang berkualitas berikut.

1. Perhatikan bahan dasar cat

kaleng cat warna abu-abu dan sikat cat gagang merah

Walaupun kebanyakan cat besi berbahan dasar minyak, terdapat cat besi dengan bahan dasar lateks. Cat berbahan dasar lateks akan lebih cepat kering dan tidak mudah terbakar. Ia pun mudah untuk diaplikasikan ulang dan dibersihkan. Namun, ia tidak tahan lama dan dapat membuat permukaan besi karatan jika primer tidak diaplikasikan terlebih dahulu.

Sementara itu, cat besi berbahan dasar minyak pada umumnya merupakan pilihan yang lebih baik untuk mengecat permukaan besi. Saat cat kering, ia tidak akan mudah terkelupas, tergores, ataupun ternodai. Cat besi yang berkualitas tinggi pun tidak memerlukan primer agar lapisan cat terlihat mulus.

2. Pastikan cat diformulasikan untuk antikarat

cat besi warna abu-abu menutupi besi berkarat

Salah satu kelemahan dari material besi adalah kelemahannya terhadap air dan kelembapan yang bisa menyebabkan besi berkarat. Salah satu manfaat cat besi yang berkualitas adalah memberikan perlindungan pada besi dari karat.

Meskipun terdapat cat dasar antikarat yang bisa kamu gunakan sebelum mengaplikasikan cat besi sebagai sentuhan akhir, akan jauh lebih baik jika cat untuk finishing yang kamu gunakan juga dipersenjatai dengan formula antikarat. Dengan begitu, besi tak hanya tampil menarik namun juga memiliki daya tahan ekstra dari penggunaan cat besi yang antikarat.

3. Pastikan cat juga antijamur dan cuaca ekstrem

cat besi warna putih ke pagar besi

Berbicara mengenai perlindungan pada material bangunan, karat tak hanya jadi satu-satunya permasalahan yang harus diatasi oleh cat besi. Pastikan juga cat besi yang kamu pilih juga memiliki formula antijamur dan parasit lainnya serta ketahanan terhadap cuaca ekstrem.

Hal ini akan sangat penting terutama pada saat cat besi diaplikasikan pada area outdoor seperti pada pagar rumah. Cat besi yang tak mampu menahan cuaca panas dan hujan akan mudah pudar dan mengelupas atau ditumbuhi jamur sehingga menjadi kurang menarik seiring berjalannya waktu.

4. Pemilihan warna cat yang tepat

cat besi warna cokelat bata ke tiang besi

Setelah memastikan cat besi yang kamu gunakan sudah memiliki daya tahan ekstra yang mampu melindungi material besi yang ada di rumahmu, saatnya untuk memastikan bahwa cat besi juga bisa meningkatkan elemen estetika pada hunian. Sebagai bahan baku finishing, pilihlah warna cat yang sesuai dan selaras dengan keseluruhan warna pada desain hunian impianmu.

Tapi, perhatikan komposisi antara zat pigmen pewarna dan juga zat antikorosi karena seringkali penggunaan pigmen warna tertentu justru akan mengurangi fungsi cat untuk melindungi besi. Percuma saja jika warna cantik pada besi nantinya akan rusak akibat karat, bukan?

5. Utamakan kualitas di atas harga

kursi dan meja dari rangka besi dicat warna kuning dan merah

Di pasaran sendiri ada banyak sekali pilihan jenis dan merek dari cat besi yang memiliki variasi harga yang berbeda-beda. Untuk itu, penting sekali untuk memilih merek cat yang memang telah terbukti kualitasnya.

Hindari memprioritaskan harga murah untuk menghemat. Mengorbankan kualitas dari cat karena cat besi murah yang tidak berkualitas justru akan membuatmu jauh lebih boros karena bisa merusak perabot besi ataupun material besi lainnya di rumahmu kelak.