Langkah Membuat Tangga Rumah Dengan Baik

Langkah Membuat Tangga Rumah Dengan Baik – Membuat tangga rumah atau kantor sangat memerlukan keahlian dan persiapan yang matang. Sebab, tidak mudah untuk membuat tangga, sebelum membuat tangga sebaiknya memperhatika kebutuhan tangga seperti apa yang diinginkan. Untuk membuat tangga minimalis juga harus tetap memperhatikan teknik yang tepat. Simak berikut ini langkah membuat tangga rumah.

 

  1. Bordes tangga

Sebelum Anda memulai proses pembuatan bordes tangga, yang perlu Anda lakukan adalah mengukur ketinggian tangga dari bawah lantai keatas. Sehingga Anda dapat menentukan alat apa saja yang dibutuhkan pada saat proses pemasangan. Pemasangan bordes tangga biasanya dimulai dari pekerjaan balok bordes. Cara pemasangannya tidak berbeda jauh dari pemasangan balok biasa. Lalu pada bagian antar dinding balok dipasangkan kayu berukuran 5/7 dengan jarak maksimum 25 cm. Kayu ini juga dapat berfungsi sebagai pengganti pipa karena bentangnya pendek. Setelah kayu selesai dipasangkan, Anda dapat melanjutkan pekerjaan dengan memasang polywood dengan ukuran yang sesuai dengan bordes tangga.

  1. Badan tangga

Bagian badan pada tangga terbagi menjadi dua bagian, yaitu penghubung antara bordes dengan lantai yang berada di bawahnya, serta penghubung bordes dengan lantai yang berada diatasnya.

  1. Dinding tangga dan bordes

Apabila pekerjaan bordes dan tangga telah selesai dilakukan, kemudian pada tangga dipasangkan dinding tangga pada sisi kanan dan kiri. Serta tidak lupa dinding bordes pada bagian atas bordes dan badan tangga.

  1. Trape atau dinding anak tangga

Pemasangan anak tangga dapat dilakukan apabila Anda telah melakukan proses pengecekan pada kemiringan tangga, elevasi bordes, penggambaran trape pada bagian dinding badan tangga serta pembesian. Dinding anak tangga dipasang pada dinding badan tangga menyesuaikan dengan tanda pada dinding badan tangga. Lalu dipaku dari arah dinding tangga kearah bagian dalam.

  1. Tahap pembongkaran

Tahap terakhir dari proses pembuatan tangga adalah tahap pembongkaran. Pembongkaran dinding badan tangga dan trape biasanya baru bisa dilakukan setelah beton berusia 12 jam. Namun untuk bagian badan tangga dan bordes, baru dapat dilakukan setelah melalui tujuh hari atau mendapatkan izin dari pihak yang berwewenang.

Proses pembongkaran balok bordes sebenarnya hampir serupa dengan proses pembongkaran balok biasa. Proses pembongkaran badan tangga serta bordes ini dapat dimulai dari pengendoran jack base serta U-head. Setelah itu baru diikuti dengan proses pembongkaran lader atau pipe support  serta kayu. Apabila kayu telah selesai dibongkar, baru setelahnya Anda dapat membongkar bagian polywoodnya. Setelah semua item selesai dilepaskan, barulah pekerjaan pembuatan tangga ini bisa dirapikan kembali.

 

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624