Langkah Membuat Layout Desain Rumah

Langkah Membuat Layout Desain Rumah – Saat mendesain rumah tentunya memerlukan kreativitas yang cukup tinggi. Anda harus sering – sering melihat referensi pada sebuah bangunan. Selain memerlukan kreativitas, saat mendesain jangan lupa untuk selalu menyelipkan ventilasi. Semakin banyak permintaan konsumen, juga harus meningkatkan kreativitas seorang arsitek untuk membuat sebuah denah layout.

  1. Membuat Data Ruangan

Data terlebih dahulu ruangan apa saja yang dibutuhkan. Sesuaikan juga dengan jumlah anggota keluarga, model rumah dan luas tanah. Mulai dengan mendata ruangan utama terlebih dahulu, seperti kamar tidur, svkamar mandi, dapur, ruang tamu. Bila kurang, Anda bisa membuat ruang multifungsi.

  1. Ukur Ruangan

Setelah membuat daftar ruangan, selanjutnya lakukan pengukuran ruangan yang disesuaikan dengan luas tanah keseluruhan. Lakukan skala prioritas saat mendata ukuran ruangan agar ruangan utama seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, hingga dapur tidak terlewat. Jika ruangan tidak cukup, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat ruangan multifungsi. Misalnya menggabungkan dapur dengan ruang makan menggunakan furnitur multifungsi.

  1. Menentukan Posisi Ruangan

Jika Anda sudah mengukur luas tanah dan luas bangunan, kini saatnya menentukan posisi masing-masing ruangan. Untuk memastikan rumah Anda rumah sehat, bagi denah rumah ke area kering dan area basah. Anda bisa membuat tempat mencuci, kamar mandi, dan dapur dalam satu jalur. Hal ini karena ketiga ruangan ini sama-sama membutuhkan aliran air. Selanjutnya, pisahkan bagian ini dari septic tank agar Anda bisa mengurangi kemungkinan kuman dan bakteri menyebar ke area lain rumah.

  1. Atur Sirkulasi Udara

Selain membagi area kering dan basah, kunci utama desain rumah sehat adalah sirkulasi udara yang lancar dan sinar matahari yang maksimal untuk kesehatan. Rancang agar langit-langit rumah Anda cukup tinggi, dan usahakan posisi rumah tidak menghadap timur agar cahaya matahari tidak langsung masuk ke dalam rumah. Cahaya matahari yang masuk langsung ke rumah akan membuat rumah terasa terik, panas, dan tak nyaman. Jika posisi rumah menghadap timur, pasang penahan sinar matahari seperti kerai atau kanopi sebagai solusinya. Berikan ruang untuk area hijau di dalam rumah sebagai penyaring udara kotor, debu dan penambah oksigen.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624