Kolam Renang

 

Tertarik untuk membuat kolam renang di halaman anda? Tetapi halaman kecil? Jangan sedih, kini banyak desain kolam renang minimalis untuk hunian anda! Berikut tips untuk kolam renang minimalis agar hunian anda tetap nyaman!

1. Tetap Perhatikan Luas Kolam Renang

Demi mempertimbangkan kenyamanan bergerak, kolam renang minimalis perlu memenuhi ukuran standarnya. Minimal ukuran untuk kolam renang minimalis adalah 6 m x 2 m dan dibuat dalam bentuk memanjang. Untuk memenuhi standar ukuran ini, luas minimal lahan yang tersedia haruslah 8 m x 2 m.

2. Sistem Skimmer

Mesin penyaring yang terdapat pada sistem pengairan akan membersihkan kolam minimalis secara otomatis.  Sistem skimmer tidak memerlukan balancing tank untuk bisa berfungsi, maka lebih cocok untuk kolam renang minimalis yang dibangun di lahan terbatas.

3. Tanaman Hias

Area kolam renang minimalis memang akan terasa lebih sejuk saat ditanami tanaman rimbundi sekelilingnya. Sebagai saran, pilihlah tanaman palem-paleman, tanaman dollar, dan kalatela karena jarang merontokkan daun.

4. Perawatan

Meski tidak perlu lagi menguras air kolam karena sudah terpasang mesin pengering di dalam sistem pengairan, kamu tetap perlu mengecek kadar pH air setidaknya satu minggu sekali. Kadar PH normal untuk air kolam adalah 7. Untuk pH yang terlalu tinggi, tambahakan larutan asam HCl. Sedangkan untuk pH yang terlalu rendah, tambahkan soda ash yang bersifat alkali.

Kadar klorin juga perlu ditambahkan setiap bulannya karena memengaruhi kondisi air, ketahanan material kolam, dan kulit penggunanya. Untuk kolam renang minimalis berukuran 3 m x 9 m memerlukan 3 kg klorin.

Tambahkan juga soda abu untuk mengikat kotoran-kotoran yang mengambang agar mengendap di dasar kolam sehingga kolam renang minimalis lebih mudah dibersihkan.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624