Ketahui Tips dan Trik Merawat Lantai Rumah Sesuai Material

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Memilih material lantai rumah memang proses yang menyenangkan, terutama ketika memikirkan tampilan akhir interior rumah. Namun, setiap material akan memiliki cara perawatan yang berbeda pula. Kesalahan dalam perawatan lantai rumah tidak hanya akan merusak tampilan dari material lantai tersebut, namun bisa menimbulkan kerusakan yang mengharuskanmu untuk mengganti material atau menjalankan renovasi rumah secara kecil-kecilan. Yuk ketahui tips dan trik merawat lantai rumah sesuai material.

 

 

Keramik

Material ubin keramik merupakan salah satu material untuk lantai yang paling praktis dalam hal perawatan. Cukup disapu dan dipel setiap hari sudah cukup untuk menjaga kebersihannya. Tidak heran jika lantai rumah dari ubin keramik menjadi pilihan paling favorit.

Namun, Adafriends juga perlu membersihkan bagian sambungan atau nat keramik sesekali dengan cara disikat. Bagian nat pada lantai rumah yang menggunakan keramik adalah bagian yang paling mudah kotor dan ditumbuhi jamur. Jadi, pastikan disikat sekali dalam sebulan atau selama-lamanya, beberapa bulan sekali.

Batu Alam Marmer atau Granit

Hampir serupa, beda keramik dan granit adalah perawatan dan pemasangannya. Namun untuk yang menginginkan tampilan mewah dan elegan pada lantai rumah, material batu marmerdan granit bisajadi pilihan. Namun, sifat kedua material ini yang berpori membuatnya memerlukan perawatan ekstra jika dibandingkan dengan material lantai rumah sebelumnya.

Pertama, pastikan lantai rumah dari marmer dan granit ini bebas dari genangan air. Jadi, jika terjadi tumpahan, segeralah mengeringkannya dengan kain pel. Jangan lupa juga untuk memberikan coating ekstra pada batu marmer dan granit untuk memberikan perlindungan tambahan pada lantai rumah. Bila perlu, lakukan coating ulang secara berkala.

Laman: 1 2