sumber : fobuma.com

KENDALA GENTENG BERLUMUT

Arsitek Indo Kontraktor – Genteng merupakan salah satu komponen material rumah yang mempunyai fungsi sebagai pelindung rumah. Kita sebagai penghuni rumah bisa terhindar dari panas maupun hujan. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa genteng akan terjadi kerusakan lebih cepat dibandingkan komponen rumah yang lainnya. Salah satunya adalah kendala genteng menjadi berlumut. Untuk itu, perlu Anda atasi dengan cara berikut ini :

Cara melenyapkan lumut pada atap

  • Scrubbing

Mungkin, metode paling sederhana dan paling murah untuk membersihkan lumut dari atap adalah dengan scrubbing atau menggosok lumut pada atap dan arahkan ke bawah sehingga lumut bisa mengelupas dan langsung jatuh ke bawah.  Jika atap terlalu luas, Anda mungkin bisa menyuruh dua atau 3 orang untuk melakukannya. Caranya dengan berdiri di atas tangga, lalu dengan menggunakan sikat yang diikat pada tiang, perlahan – lahan gosok lumut tersebut ke bawah searah dengan susunan genteng pada atap. Pastikan lumut benar – benar terangkat dari atap sampai ke akarnya. Lakukan pembersihan ini dengan gerakan searah, dari atas atap ke bawah, unttuk menghindari agar genteng tetap berada di posisinya.

Baca juga : Solusi Memperbaiki Genteng Rumah Bocor

  • Power Washing

Pertimbangkan untuk menggunakan power washing atau air bertekanan tertentu untuk membersihkan atap dari lumut. Cara ini bisa dilakukan untuk atap yang rentan retak, yang tidak bisa menahan beban berat tubuh kita. Gunakan power washing dengan kekuatan antara 1200 dan 2000 psi, atau (pounds per square inch). Letakkan nozel selang di dekat puncak atap dan gerakkan secara menurun mengikuti pola genteng. Percikkan air yang keluar dari nozel tersebut akan membuat lumut lenyap dan terkelupas sedikit demi sedikit. Ulangi beberapa kali hingga lumut benar – benar hilang. Lakukan cara ini ke setiap bagian atap yang ditumbuhi lumut. Untuk area dengan lumut yang tebal dan sulit dihilangkan, gunakan sikat yang diikat pada tiang, dan gosok lumut tersebut secara searah, dari atas ke bawah, sembari menyemprotkan air melalui selang.

Baca juga : Cara Mudah dan Cepat Memasang Genteng Rumah

  • Menghilangkan lumut dengan pembersih atap berbahan hidrogen peroksida

Campuran pembersih atap berbasis hidrogen peroksida dengan air hangat dan biarkan agar aktif selama 15-20 menit, aduk sesekali. Pindahkan larutan tersebut pada pompa sprayer, berhati-hati dalam menuangkannya dan jangan sampai ada hidrogen peroksida yang masih menggumpal dan belum tercampur yang dapat menyumbat nozel pada semprotan. Gunakan larutan ini untuk disemprotkan ke lumut pada atap sedikit demi sedikit, lalu gunakan sikat untuk menggosok bagian yang sudah diberi larutan dengan gerakan memutar, lalu bilas dengan air bersih menggunakan selang. Arahkan agar sisa – sisa rumput bisa turun ke bawah dan tidak terselip atau tertinggal di sela – sela genteng.

Baca juga : Bagaimana Cara Memasang Karpet Genteng?

 

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624