Kenali Penyebab Dinding Retak

Kenali Penyebab Dinding Retak – Memiliki masalah pada bangunan biasanya akan sangat meresahkan, sehingga akan membuat si penghuni rumah ingin segera memerbaiki kerusakan tersebut.  Dinding retak merupakan masalah yang sering muncul pada dinding, baik pada rumah baru maupun rumah lama. Kenali penyebab dan pelajari solusinya agar anda siap menghadapi semua kemungkinan. Berikut sejumlah penyebab keretakan dinding:

1. Kegagalan atau kerusakan struktur 
Kegagalan struktur untuk memikul beban atau akibat  kelebihan beban,  gerakan gempa atau benturan dapat mengakibatkan retaknya pasangan bata yang melekat pada struktur, yang akan berlanjut pada retaknya plester yang menutupinya.
2. Pasangan dinding
Kualitas batu bata dan perekat yang kurang baik dapat menyebabkan lepas atau pecahnya pasangan bata. Hal ini akan berakibat langsung pada retaknya plester dan acian dinding yang menutupi pasangan tersebut.
3. Plester dan Acian
Retak pada plester atau acian dinding terjadi akibat pengerjaan acian saat plester belum kering sempurna atau belum selesai proses penyusutannya, takaran campuran plester atau acian yang tidak tepat, juga penggunaan semen biasa untuk acian.
4. Perbedaan bahan
Plester atau acian dapat retak karena pertemuan bahan yang berbeda, misalnya pertemuan antara struktur beton dengan pasangan bata, pasangan bata dengan kayu, atau plesteran dengan pipa listrik atau pipa air di dalam dinding. Hal ini terjadi karena sifat semen yang tidak mampu melekat dengan bahan lain seperti kayu dan plastik, atau akibat terjadi gerakan pada elemen yang berbeda tersebut.