Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Granit

Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Granit – Lantai yang sering digunakan dalam pembangunan sebuah hunian adalah lantai yang terbuat dari keramik. Akan tetapi berbeda dengan bangunan apartement, hotel, atau kantor. Biasanya mereka lebih menggunakan lantai yang terbuat dari granit. Penggunaan granit sendiri supaya ruangan tersebut terlihat lebih hidup dan mewah. Menggunakan lantai granit tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dan Kekurangan Batu Granit

  • Granit memiliki ukuran yang besar perlembarnya, yakni sebesar 100 x 100 cm. Dengan hal ini, granit memiliki keunggulan dari segi ukuran dari material lain, contohnya marmer.
  • Granit memiliki warna yang alami dan natural. Hal ini menciptakan tampilan yang terkesan mewah karena kilauan yang dipancarkan.
  • Pada pemasangannya, sambungan nat granit akan terlihat lebih tipis, sehingga menimbulkan kesan menyatu.
  • Granit memiliki kualitas yang baik. Hal ini ditandai dengan kekuatan dari batu granit itu sendiri yang dapat bertahan hingga kurun waktu 10 tahun dalam perawatan yang tepat. Dari segi finansial, hal ini tentu menguntungkan karena anda tidak perlu sering mengganti atau merenovasi.
  • Tidak hanya kuat, granit juga memiliki daya tahan yang baik. Meskipun melalui musim panas dan hujan, struktur granit yang kuat tidak akan mudah lapuk, retak, pecah dan berjamur ketika suhu udara di dalam ruangan lembab karena cuaca sedang hujan.
  • Granit memiliki permukaan yang cukup halus dengan pori-porinya yang kecil. Dengan ini, jika granit akan tahan terhadap berbagai goresan bahkan noda karena noda tersebut tidak akan terserap oleh granit. Noda akan hilang dengan mudah meggunakan kain basah.
  • Disamping berbagai macam kelebihannya, perawatan granit terbilang mudah. Sama halnya seperti penggunaan keramik, membersihkan granit untuk penggunaan lantai hanya perlu disapu dan di pel. Hal ini akan menghemat banyak waktu untuk anda yang tidak mempunyai banyak waktu luang.

Karakteristik granit memang unggul dan baik sebagai material bangunan. Tetapi, granit juga memiliki kekurangan, diantaranya :

  • Granit memang memiliki warna alam yang sangat indah. Akan tetapi, warna-warna ini tidak serupa dan sama persis karena bebatuan ini terbuat secara alami. Sehingga, anda tidak dapat memastikan setiap potongan lembar yang anda dapatkan memiliki warna yang sama. Berbeda dengan lantai vinyl atau marmer yang memiliki lebih banyak variasi warna.
  • Kekokohan tekstur granit yang begitu keras dan tebalnya menuntut alat pemotong khusus jika ingin membaginya menjadi beberapa bagian.
  • Kualitas granit memang menjanjikan. Tapi, hal ini akan membutuhkan modal ekstra di awal. Jika dibandingkan dengan material lain seperti keramik, vinyl atau marmer, harga granit terbilang fantastis. Hal ini tidak mengguntungkan jika anda ingin membangun rumah dengan dana minim.
  • Granit sangatlah berat. Hal ini dikarenakan lantai ini terbuat dari bebatuan alam yang asli, sehingga dari segi bobot ia cukup berat. Untuk memasangnya, anda akan memerlukan tenaga ekstra.
  • Karena harganya yang terbilang mahal, tentu anda akan lebih berhati-hati dalam merawat dan menjaga kualitas dari granit tersebut. Secara tidak sadar, anda akan mengeluarkan perawatan yang lebih ekstra.
  • Lantai granit perlu dipoles (seal) secara berkala, kurang lebih setahun sekali. Hal ini dilakukan agar granit tetap bersinar dan daya tahannya lebih kuat terhadap cairan kimia, noda serta goresan.