Kegunaan Keran Air

Kegunaan Keran AirKEGUNAAN KERAN AIR

Kontraktor Jogja – Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas mengenai apa saja jenis dari keran air (Baca juga : Inspirasi Keran Air Elegan). Nah pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas mengenai apa saja kegunaan atau fungsi dari keran air itu sendiri. Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

Fungsi Keran Air

Kran air berfungsi untuk mengontrol jumlah air yang dikeluarkan. Meski ukurannya kecil, kehadiran kran air sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Tak lain karena segala sesuatu yang berkaitan dengan air seperti selang dan kamar mandi akan lebih mudah dioperasikan dengan alat ini. Desain kran air juga dapat mempengaruhi keindahan suatu ruang atau elemen tertentu. Saat ini banyak yang jual kran air di pasaran, baik dari bentuk desain atau warnanya.

Baca juga : Cara Praktis dan Mudah Membersihkan Wastafel Rumah

Dalam sebuah rumah atau hunian, fungsi kran air secara umum terbagi menjadi 3, yaitu kran untuk dapur, kran di kamar mandi yang biasanya masih terbagi menjadi 2 lagi yaitu untuk wastafel dan bathtub, serta kran air tambahan yang berada di luar atau out door.

Mengenai cara pemasangan kran air, perlu pula diperhatikan fungsinya. Sebagai contoh, kran air yang digunakan di dapur tentu diletakkan lebih tinggi sekitar 30 sentimeter, karena fungsinya digunakan untuk mencuci. Hal ini berbeda dengan cara pemasangan kran di wastafel dimana cenderung lebih rendah dan lebih dekat dengan tatakannya, karena fungsinya adalah untuk mencuci tangan.

Selain itu, ada juga sistem kran air panas dingin dengan cukup menggeser kran ke kiri atau ke kanan. Bahkan dalam standarisasi sudah ditentukan bahwa geser ke kiri adalah untuk air panas dan gerakan geser ke kanan untuk air dingin. Panas diberi tanda warna merah serta dingin ditandai dengan warna biru. Sedangkan untuk yang normal di tengah-tengahnya.

Dalam perkembangannya, kran pada awalnya menggunakan model ulir dengan sistem naik turun pada lubang yang tertutup dan bisa dibuka. Lalu kemudian dibuat juga kran dengan sistem putar yang menggunakan bola di dalamnya sebagai penutup. Yang cukup canggih adalah sistem kran yang cara membukanya dengan ditekan, serta yang terakhir adalah kran dengan menggunakan sensor gerak.

Baca juga :   Inspirasi Keran Air Elegan

Kegunaan Keran Air Berdasarkan Jenis

Perlu diketahui juga, saat ini di pasaran sudah tersedia aneka macam kran baik bentuk dan corak atau ukurannya. Tapi secara garis besar, kran ini terbagi menjadi empat jenis, yaitu :

1. kran bola atau juga sering disebut dengan ball faucet
Kran yang satu ini merupakan kran yangpaling banyak sekaligus paling mudah ditemukan serta dijumpai. Ciri utamanya terletak pada pegangannya yang berbentuk tunggal. Untuk mematikan atau menghidupkan aliran air caranya sangat mudah tinggal menggerakan putaran yang berada di bagian atas kran. Kemudian bola yang ada di dalam kran akan terbuka sehingga air dapat keluar atau meluncur ke bawah.

2. kran tabung atau cartridge faucet.
Kran yang satu ini juga punya tabung namun fungsinya sangat berbeda. Tabung pada cartridge faucet ini bisa digerakan kebawah atau atas dengan cara dipencet. Tujuannya adalah untuk mengatur volume air yang ingin dikeluarkan dari pipa atau selang.

3. kran piringan atau disc faucet.
Kran jenis ini adalah hasil dari teknologi dan penemuan baru. Pegangannya punya bentuk tunggal. Sedangkan badan serta bodinya berupa slilinder. Salah satu keistimewaan dari kran piringan adalah dilengkapi dengan tabung yang ukurannya cukup lebar.

Fungsi dari tabung ini yaitu sebagai naungan piringan yang jumlahnya ada dua. Piringan ini bisa digeser dari arah satu kearah lainnya. Tujuan dari pergeseran ini adalah untuk mendaptakan suhu air yang dibutuhkan, baik panas, dingin atau hangat. Sebab kran ini memang dipasang pada bak yang airnya ada dua macam, panas dan dingin. Kelebihannya adalah kran ini punya mutu yang sangat bagus dan jarang terjadi kebocoran.

Baca juga : Desain Kamar Mandi dengan Low Budget

4. kran kompresi atau compression faucet.
Kran ini adalah jenis yang modelnya paling lama. Pada umumnya puya dua pegangan atau handle yang dipakai untuk mengeluarkan air panas atau dingin. Sistem kerjanya memakai kompresi berbentuk batang yang terdiri dari semacam batu atau sekrup dan penyekat atau washer. Ketika dimatikan, alat ini akan menekan katup penutup sehingga air tidak bisa keluar lagi.

Setelah ditemukan teknologi pada kran jenis disc facuet, kran kompresi ini jarang sekali dipakai. Karena sering menimbulkan masalah yaitu mudah terjadi kebocoran dan pada umumnya bocor yang muncul berada di penyekat serta di bagian ring.

JASA ARSITEK JOGJA – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624