Jenis Tipe-Tipe Apartemen

Jenis Tipe-Tipe ApartemenJENIS TIPE-TIPE APARTEMEN

Jenis Apartemen  – Di jaman yang modern ini, sudah sangat menjadi hal biasa untuk tinggal di apartemen. Karena memang sudah menjadi gaya hidup di masyarakat modern. Membahas soal apartemen, apartemen ini memiliki beberapa jenis tipe yang membedakan apartemen satu dengan yang lainnya.

Tipe Apartemen Studio

  1. Apartemen Studio

tipe apartemen

via Denah Tipe Studio Puri Orchard Apartment

Apartemen studio adalah tipe apartemen yang berukuran 20 hingga 30 meter persegi saja. Satu tipe apartemen berukuran paling kecil dari semua tipe apartemen. Tipe Apartemen studio nampak seperti sebuah kamar hotel sederhana; yang terdiri dari kamar tidur, kamar mandi, dan juga dapur yang menyatu dalam satu ruang.

Baca juga : Desain Rumah Bohemian

  1. Apartemen Studio Alcove

tipe apartemen

Selain tipe studio, apartemen alcove juga termasuk jenis studio karena ukuran dan fungsi ruangnya yang serupa dengan tipe studio. Perbedaan tipe studio dan alcove adalah bentuk ruangnya. Alcove adalah jenis apartemen studio yang ruangannya berbentuk L, di mana ruang terkecilnya dapat dijadikan kamar tidur yang lebih private. Tipe alcove juga biasa disebut sebagai halfroom.

Baca juga : Konsep Desain Rumah Masa Kini

  1. Tipe Apartemen Convertible

tipe apartemen

via pinterest

Convertible merupakan tipe apartemen yang dapat menggabungkan kamar tidur dan ruang tengah. Setiap ruang terpisah oleh sebuah dinding partisi, yang juga bisa dibuat secara permanen atau menggunakan sebuah partisi temporer.

Ukuran convertible lebih luas daripada tipe studio. Apartemen convertible merupakan satu jenis apartemen dengan ukuran ruang cukup ideal bagi yang sedang membutuhkan sebuah hunian dengan tampilan modern dan fungsionalitas yang maksimal

Baca juga : Desain Rumah Penginapan

  1. Tipe Apartemen LOFT

Apartemen tipe ini sangat hits digunakan di negara Eropa dan Amerika. Sebab dianggap memiliki sirkulasi udara yang baik serta kesan luas.

tipe apartemen

from pinterest

Tipe Apartemen LOFT memiliki ciri khas pada plafon atau langit-langit yang sangat tinggi, serta keberadaan jendela besar. Sepintas, tampilan apartemen LOFT menyerupai sebuah loteng. Apartemen tipe ini memiliki ruang setengah lantai yang biasanya difungsikan sebagai sebuah kamar.

Tipe Apartemen Junior

  1. Apartemen Junior One Bedroom

tipe apartemen

via criversideapts

Apartemen junior one bedroom adalah tipe apartemen dengan ukuran sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan tipe studio. Perbedaanya ada pada pembagian ruang. Jika studio memiliki gabungan fungsi ruang dalam satu area, junior one bedroom memiliki pemisah antara kamar tidur dengan area lainnya.

Baca juga : Konsep Desain Rumah Makan Lesehan

  1. Apartemen Junior Four

tipe apartemen

via google

Meski namanya junior four, tipe apartemen ini bukan berarti memiliki empat kamar tidur. Junior four adalah unit apartemen yang terdiri dari satu ruang tengah, dapur, dan dua kamar tidur dengan ukuran yang berbeda. Kamar tidur berukuran kecil bahkan bisa dialih fungsikan mungil menjadi ruangan lain, semisal ruang bekerja atau home office, atau juga ruang lainnya sesuai kebutuhan.

Nama junior four biasanya merujuk pada 4 ruang utama yang dimiliki apartemen.

  1. Tipe Apartemen Two Bedroom

Sesuai namanya, tipe ini memiliki dua kamar tidur dengan ukuran yang cukup ideal. Terdapat dua kamar tidur dengan ukuran yang lebih kurang, sama. Selain itu, terdapat juga area dapur dan ruang tengah atau area living room.

Baca juga : Karakteristik Rumah Kontemporer

  1. Tipe Apartemen Duplex & Triplex

tipe apartemen

via Olympic Residence Sentul

Duplex dan triplex adalah apartemen yang bertingkat, yang sekilas menyerupai rumah tinggal biasa. Lantai dua dan tiga apartemen ini difungsikan menjadi kamar tidur.

  1. Tipe Apartemen Classic Six

Classic six, memang tidak begitu populer di Indonesia, namun di Eropa dan AS apartemen tipe ini cukup banyak digemari.

tipe apartemen

via apartmentlist

Apartemen tipe ini dibangun di dalam gedung yang sudah berusia tua namun memiliki fondasi dan arsitektur yang masih kokoh. Umumnya terdiri dari tiga kamar tidur dengan ruangan yang luas dan ukuran dapur yang cukup besar.

Baca juga : Manfaat Bisnis Rumah Kost

  1. Tipe Apartemen Garden

Terakhir, ada tipe garden. Istilah ini berlaku untuk dua jenis apartemen, yaitu apartemen yang menghadap ke arah taman, serta apartemen yang berada di basement.

tipe apartemen

from google

Unit apartemen basement biasanya memiliki jendela yang lebih rendah dibanding pekarangannya. Karena itulah, apartemen ini juga biasa disebut tipe garden.

Baca juga : Fungsi Balkon Rumah

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624