Jenis Pelapis Anti Bocor Rumah

Jenis Pelapis Anti Bocor RumahJENIS PELAPIS ANTI BOCOR RUMAH

Pelapis Anti BocorRumah yang termakan oleh umur, terutama pada atap rumah akan beresiko untuk mengalami kebocoran rumah. Nah salah satu cara mengatasinya adalah dengan cara menggunakan pelapis anti bocor. Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa pelapis anti bocor berikut.

Macam Pelapis Anti Bocor Rumah

Bahan baku waterproof dapat dibagi dalam empat golongan: polimer/akrilik, semen (cementitious)/cairan aditif, membran, dan bitumen (aspal). Bentuknya bisa berupa pasta yang tinggal dikuaskan laiknya cat tembok; serbuk dan cairan aditif atau salah satunya; bisa juga lembaran (sheet).

Polimer/akrilik

Yang paling populer dan praktis aplikasinya, tinggal dikuas atau di-roll ke bidang yang ingin dilapisi adalah waterproof berbasis polimer/akrilik. Ini bahan sejenis plastik berbentuk pasta yang elastis. Polimer lebih elastis daripada akrilik. Karena itu lebih banyak dipakai untuk waterproof. Sedangkan akrilik lazim digunakan untuk bahan cat tembok (dekoratif).
Elastisitas ini penting karena bangunan memuai dan menyusut. Dengan bahan yang elastis, lapisan waterproof akan mengikuti pemuaian/penyusutan itu dan tidak getas sehingga bidang yang dilapisi tetap tertutup. Sebagian produk waterproof berbasis polimer/akrilik hanya direkomendasikan untuk tembok atau yang sejenis. Yang lain seperti Aquaproof diklaim kuat juga diaplikasikan di permukaan kayu, kaca, plastik, polikarbonat dan lain-lain.
Namun, apapun mereknya waterproof berbasis polimer/akrilik hanya layak untuk melapisi area yang dilalui atau suka terkena air dan jarang dilintasi.  Jadi penggunaannya tidak untuk bidang yang terus menerus terendam air seperti bak mandi dan kolam renang.

Semen/cairan aditif

Waterproof ini biasanya terdiri dari bubuk dan cairan penguat (aditif) yang dicampur dengan air dan semen sebelum diaplikasikan. Atau bisa juga hanya berupa serbuk atau cairan yang dicampur dengan semen dan air. Fungsinya sama: membuat beton lebih solid dan kedap air karena bahan waterproof sudah dicampur sejak awal sehingga menjadi satu kesatuan yang homogen dengan adukan semen.
Karena itu waterproof ini paling cocok untuk bidang rawan genangan dan selalu terendam air seperti kolam. Aplikasi sangat disarankan pada masa konstruksi kendati bisa juga pasca konstruksi.
Damdex adalah contoh waterproof berbasis semen yang hanya berupa cairan aditif. Komposisi adukannya: satu bagian Damdex dicampur dengan dua bagian semen dan satu bagian air, baru diaplikasikan.
Sementara Aquaguard, Asanaproof, Pentens, Supercement dan Lemkra adalah contoh-contoh waterproof berbasis semen yang terdiri dari bubuk dan cairan aditif. Bubuk dan cairan dicampur dengan semen dan air, lalu diaplikasikan dengan kuas, roll atau roskam baik untuk bidang datar maupun vertikal.

Bitumen

Dibanding waterproof berbahan polimer/akrilik dan bubuk/cairan aditif,  waterproof berbasis aspal lebih terbatas pilihannya. Beberapa di antaranya adalah Flinkote, Pentens dan Bituthene yang didistribusikan PT Prokon Bangun Mitra Sukses. Biasanya waterproof ini diproduksi perusahaan minyak bumi. Flinkote misalnya, adalah produk waterproof keluaran Shell.

JASA ARSITEK JOGJA – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624