Jenis – Jenis Lisplang Pada Bangunan

Jenis – Jenis Lisplang Pada Bangunan -Setiap orang pasti menginginkan hunian yang tampak estetik saat dilihat dari semua sisi. Dengan merancang dan mendesain suatu hunian juga akan membuat bangunan tersebut terlihat lebih tertata. Salah satu langkah untuk mempercantik tampilan rumah adalah memasang lisplang. Fitur dari atap ini merupakan salah satu bagian dari struktur bagian atap rumah, digunakan untuk melengkapi bagian ujung atap supaya terlihat lebih rapi, sekaligus membuat bangunan terlindung dari sinar matahari dan air hujan yang berpotensi mempercepat terjadinya kerusakan pada bagian atap. Lebih dari itu, pemasangan lisplang juga kerap digunakan sebagai identitas dan pemisah antara lantai satu dengan lantai lainnya.

Macam Lisplang

Lisplang Kayu Polos

lisplang kayu polos

Jika kamu ingin membangun rumah dengan atap bergaya miring, kamu bisa memilih lisplang yang terbuat dari bahan kayu polos. Dengan tampilan yang sangat sederhana, desain seperti ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada rumah berkonsep minimalis namun tetap ingin mengaplikasikan kesan natural.

Umumnya, lisplang berbahan kayu tersedia dalam ukuran ketebalan 3 cm. Adapun, bahan utama yang digunakan biasanya adalah kayu meranti, di mana jenis kayu tersebut terkenal karena durabilitasnya yang tinggi dan memiliki karakter keras.

Lisplang Kayu Motif

lisplang kayu motif

Untuk kamu yang merancang rumah beratap limas traditional, maka kamu lebih cocok menggunakan lisplang berbahan kayu dengan ukiran motif. Adapun, desain ini akan memperkental nuansa etnik, sekaligus memberikan kesan unik dan mewah pada hunian.

Supaya mendapatkan motif kayu sesuai keinginan, kamu bisa mendatangi sentra pengrajin kayu yang ada di kawasan tempat tinggal, kemudian memberikan contoh motif yang diinginkan agar dapat dibuatkan corak, ukiran dan desain motif sesuai dengan desain fasad rumah.

Lisplang Metal

lisplang metal di rumah abu-abu modern

Material kayu yang semakin langka membuat harga lisplang kayu terus mengalami inflasi. Alternatifnya, kamu dapat menggunakan lisplang berbahan metal seperti aluminium, alumezine dan galvanise yang dijual dengan harga lebih terjangkau tanpa mengorbankan kualitas.

Tersedia dalam ukuran tebal mulai dari 0,6 cm hingga 0,9 cm, lisplang metal memiliki tampilan yang minimalis sehingga sangat cocok untuk dipakai mempermanis hunian bergaya modern. Bahan metal ini juga mempermudah proses pemasangan, pengecatan, dan perawatan fitur atap ini.

Lisplang Beton

lisplang beton

Lisplang beton cocok untuk diaplikasikan pada hunian bergaya modern ataupun mewah, hunian bertingkat ataupun hunian dengan atap datar. Dengan biaya pemasangan yang lebih ekonomis dibandingkan lisplang kayu, lisplang beton memiliki durabilitas yang baik untuk difungsikan sebagai talang air hujan. Lisplang beton juga tersedia dalam variasi polos dan motif dengan ukuran ketebalan mulai dari 0,9 cm.

Selain difungsikan untuk mempermanis atap hunian, penggunaan lisplang harus kamu perhatikan karena pemasangannya wajib disesuaikan menurut rencana tata bangunan sehingga tampak serasi dan tidak merusak konsep bangunan yang ingin kamu tonjolkan. Jangan lupa untuk perhatikan aspek lain untuk desain fasad rumah seperti material atap, warna cat dinding luar, dan material dinding.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624