Intip Fakta Unik Desain Interior Dapur Basah dan Dapur Kering

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –  Seperti halnya ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang tidur, dapur turut memiliki peran penting dalam sebuah hunian. Oleh karena itu, perencanaan desain interior dapur perlu diperhatikan secara detail agar hunian tetap tampak nyaman dan menawan. Terlebih dapur merupakan salah satu ruangan yang paling cepat kotor karena intensitas aktivitas memasak yang cukup tinggi tiap harinya. Dulu, dapur hanya dikenal dengan satu jenis saja, yakni dapur basah. Namun seiring dengan berkembangnya kebutuhan, disertai ketersediaan lahan yang memadai, kini mulai banyak diterapkan dua jenis dapur pada hunian, terutama pada hunian mewah alias high end. Apa saja dua jenis dapur tersebut? Yakni dapur basah dan dapur kering (dapur cantik). Yuk intip fakta unik desain interior dapur basah dan dapur kering.

Penggunaan Dapur Basah

Hasil gambar untuk dapur basahDapur basah lebih sering dijumpai di sebagian negara Asia termasuk Indonesia. Istilah tersebut digunakan untuk ruangan yang digunakan khusus sebagai area pengolahan masakan berat, seperti ketika Anda ingin memasak nasi dan berbagai macam lauk-pauk untuk disantap. Tidak hanya kegiatan masak-memasak tapi juga mencuci piring. Dinamakan demikian karena banyaknya jenis makanan yang dimasak di dapur tersebut sehingga membuatnya cepat kotor dan basah.

Tentunya keadaan dapur seperti itu bukanlah hal yang diidamkan khususnya ibu rumah tangga, sehingga penempatan lokasinya pun berupa ruang tersendiri yang cukup terpisah dan tidak nampak oleh tamu. Penataan ruang semacam ini bisa diterapkan untuk membuat desain interior rumah selalu tampak bersih setiap saat, termasuk penataan kitchen set yang sangat berpengaruh.

Penataan Dapur Basah

Apalagi sudah menjadi desain umum kalau ukuran dapur basah berbeda dengan dapur kering. Ukuran dapur basah dibuat lebih besar, luasnya saja bisa mencapai dua kali lipat dari dapur kering. Sudah bisa ditebak alasan dapur basah memiliki ukuran yang lebih besar karena furnitur-furnitur seperti kulkas, oven, wastafel, kompor, hingga kabine menyimpan bumbu masakan memerlukan tempat yang tidak sedikit. Walau dapur basah sering sekali digunakan, namun letak ruang dapur tersebut selalu dibuat di ruang paling belakang, biasanya biar tamu yang datang berkunjung tidak melihat langsung penampilan dapur basah.

BACA JUGA  Manfaat Bisnis Rumah Kost

Walau jarang terlihat oleh tamu, namun dalam penataannya, dapur basah tidak bisa dibuat sembarangan. Tetap saja harus dilakukan secara cermat dan teliti. Berbagai furnitur seperti telenan, pisau, panci maupun bumbu-bumbu masakan posisinya harus diletakkan dekat dengan kitchen island. Tentu saja, penataan posisi ini akan memudahkan Anda mencari dan mengambil bumbu-bumbu masakan yang diperlukan.

Hal yang harus Anda ingat ketika menata tata letak furnitur-furnitur untuk dapur basah Anda, tidak semua peralatan memasak diletakkan di dalam kabinet. Anda bisa saja menggantung beberapa peralatan di dinding, lebih memudahkan Anda ketika ingin digunakan.

Anda sudah menata dapur basah sebaik mungkin, namun tidak heran banyak orang apalagi ibu rumah tangga seringkali mengeluh mengenai dapur basah yang mereka miliki. Ruang dapur tersebut jarang sekali terlihat bersih, pasti ada saja kegiatan masak-memasak yang selalu dilakukan. Apa Anda tipe orang yang hobi masak? Pasti Anda juga merasa bingung agar membuat dapur Anda tetap bersih, sekalipun Anda seringkali menggunakannya untuk memasak. Kali ini tidak perlu bingung dan merasa khawatir dengan penampilan dapur basah, Anda bisa mendesain dapur basah agar tampak bersih dan rapi setiap saat. Sudah siap mencobanya? Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendesain dapur basah seperti yang anda inginkan.

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

Laman: 1 2

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *