Inspirasi Desain Kantilever

Inspirasi Desain KantileverINSPIRASI DESAIN KANTILEVER

Desain Kantilever – Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian dari kantilever. Untuk saat ini, perlu Anda ketahui juga beberapa contoh atau inspirasi rumah dengan menggunakan desain kantilever.

Baca juga : Struktur Kantilever Hunian Kontemporer

Seputar Desain Kantilever

Arsitektur rumah huni berikut ini terletak di sebuah pemukiman padat penduduk di ljubljana, Slovenia. Sesuai dengan namanya, Mezzanine House, desain rumah ini berfokus pada hubungan antar ruangan yang menjadi pusat aktivitas utama, dengan menyatukan antara lantai dasar dengan lantai tengah. Layout terbuka dari rumah ini digunakan untuk memfasilitasi aktivitas rutin sehari-hari bagi para penghuni rumah, dengan mengkombinasikan ruangan yang berbeda-beda melalui sistem arsitektural yang saling terhubung.

Karena terletak di lingkungan yang padat, pembangunan rumah ini secara strategis memilih letak yang tepat agar tidak menimbulkan bayangan bangunan pada bangunan lain di sekitarnya. Nah, di lantai teratas, terdapat sebuah kamar tidur utama yang dibuat menjorok hingga ke atas teras, sehingga memberikan keteduhan pada teras di bawahnya. Elemen interior dan eksterior terlihat berkolaborasi dengan sangat baik dalam rumah ini.

Tantangan dalam pembangunan rumah ini sebenarnya adalah untuk menciptakan sebuah rumah yang hemat energi, dengan tetap dapat memenuhi kebutuhan hunian di era modern saat ini. Untuk itu, digunakan material seperti batu bata, beton, dan kaca, tanpa mengorbankan desain struktur arsitekturnya. Rumah ini dilengkapi dengan sebuah heat recovery, yang mengonsumsi energi yang realtif lebih kecil untuk pemanasan dan pendinginan, serta mengumpulkan air hujan dari atap, sehingga rumah ini pun lebih ramah lingkungan.

 

JASA ARSITEK JOGJA – merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624